Sejarah 9 Generasi Honda Vario Di Indonesia Dari 2006 – 2022

Warungasep.net – Vario dikenal sebagai motor skuter bermesin automatic pertama dari merk Honda di Indonesia, untuk itu yuk kita ketahui sejarah Honda Vario series yang ternyata sudah cukup lama, bayangkan saja dari tahun 2006 hingga tahun ini tepat tahun 2022, ada sekitar 9 generasi Honda Vario series yang di jual di Indonesia. Penasaran apa saja? Yuk kita bahas satu persatu…

1. Honda Vario 110

Untuk melawan eksistensi Yamaha Mio dan Suzuki Spin kala itu, Honda menghadirkan skutik pertama mereka di Indonesia. Karena hadir belakangan, motor ini punya dimensi yang lebih besar, punya fitur unggulan seperti lampu ganda yang sporty juga kunci kontak berpelindung.

Walaupun mesinnya cuma 110cc, kalah dengan Spin yang sudah 125cc, tapi mesin Vario sudah lebih advance karena sudah pakai pendingin radiator.

2. Honda Vario Techno 110 (2009 -2013)

3 tahun kemudian, Honda mengeluarkan Beat pertama, sehingga Vario ada temennya. Beat masuk ke kelas entry, dan Vario naik kelas. Otomatis, desainnya dirubah menjadi lebih sporty, serba tajam dan juga lebih modern.

Fitur baru yang dibenamkan di model ini adalah Combi Brake System atau CBS. Mesinnya masih sama, 110cc dan masih berpengabut karburator. Model ini hadir dari tahun 2009 hingga tahun 2013.

3. Honda Vario 125 FI (2012 – 2015)

Tuntutan jaman, membuat Honda terus mengembangkan produknya. Vario generasi ke-3 upgrade mesin dari 110 menjadi 125cc dan sudah injekasi. Gak sulit buat Honda, karena mesin yang digunakan di model ini adalah turunan dari PCX125 yang sudah ada sebelumnya.

Fitur unggulan di PCX pun diturunkan ke skutik yang punya julukan “Vario Wan Two Five(WTF)” ini, diantaranya teknologi ACG starter, panel speedometer kombinasi analog dan digital dan juga Idling Stop System. Desainnya pun berubah menjadi lebih besar dan masih mempertahankan dual lampu depan yang menjadi ciri khas Vario sejak pertama hadir.

4. New Honda Vario 110 eSP (2015 – 2020)

Dengan berakhirnya era karburator, memaksa Honda untuk mengupgrade Vario 110cc. Sayangnya mesinnya yang semula pakai radiator, di model ini mesinya justru downgrade menjadi berpendingin udara. Tapi mesin yang digunakan sama dengan Honda Beat kala itu, yakni mesin generasi baru eSP 110cc.

Modelnya gak terlalu berubah dari Vario gen pertama, cuma ketambahan fitur lampu LED dan answer back system.

5. Honda Vario 125 eSP (2015 – 2018)

Facelift dari Vario WTF yang lebih modern, lebih tajam dan juga sporty. Lampu depannya lebih futuristik karena sudah pakai LED, pakai model lampu ngumpet yang menjadi trend dan banyak di tiru oleh desain moge di era modern saat ini.

6. Honda Vario 150 eSP

Untuk membuatnya semakin banyak pilihan untuk konsumen, Honda menhadirkan 2 pilihan untuk Vario series dengan ditambahnya varian mesin 150cc eSP. Desainnya dibuat identik dengan yang 125cc namun dengan beberapa perbedaan, diantaranya ada tambahan fitur remote Answer Back System dan juga perbedaan warna yang dimana tipe ini dibuat lebih ekslusif dan mewah dengan warna body bernuansa matte atau doff dengan emblem 3D.

7. All New Honda Vario 125 (2018)

Dan gak butuh waktu lama untuk Honda melakukan life cycle produk mereka, 3 tahun kemudian AHM meng-update tampilan Vario 125. Desain bodynya dibuat identik dengan versi 150cc, keduanya pakai fitur baru seperti panel speedomter full digital dan juga hilangnya piranti kick starter. Jadi hanya electric starter saja. Untuk model ini kunci kontaknya masih pakai kunci mekanis biasa.

8. All New Honda Vario 150 (2018)

Sebagai pembeda dengan versi 125cc, Vario 150 generasi terbaru diberi tambahan fitur Smart Key atau keyless pakai remote. Untuk model velg juga dibuat berbeda, dan untuk membuatnya semakin eksklusif, diberi perbedaan warna emas dibagian velgnya.

9. Honda Vario 160 (2022)

Dan inilah generasi paling mutakhir dari Vario series. Di luncurkan tanggal 2 Februari kemarin Vario kini upgrade mesin menggunakan mesin generasi baru eSP+ 4 klep dengan kubikasi mesin 156cc, naik dari versi sebelumnya yang hanya 149cc saja. Maka dari itu nama-nya pun berubah menjadi Vario 160.

Tak hanya mesinnya saja, perubahan juga terdapat di berbagai sisi, diantaranya dari segi frame kini menggunakan model eSAF, Salah satu inovasi baru dari Honda yang membuat motor lebih lincah dan juga ringan.

Desain fisiknya jelas berubah signifikan menjadi lebih gambot, lebih lebar dan punya sensasi mengendarai maxi skutik, cuma Vario masih mempertahan dek rata karena untuk kepraktisan pengendaranya, juga suspensi belakang yang masih pakai model single.

Dan untuk membuatnya tampak lebih punya value, Vario baru kini diberi tambahan fitur Antilock Braking System atau ABS dan juga rem cakram belakang, fitur yang saat ini belum dimiliki pesaingnya. Dan fitur smartkey juga panel speedo digital masih dipertahankan. Vario baru ini dijual dalam 2 tipe yakni tipe ABS dan tipe CBS yang memiliki perbedaan rem belakang pakai teromol karena menjadi varian termurah.

Nah, Vario 160cc ini saya sudah bahas lebih detail, baik desain, fitur, spek dan saya sudah coba tes ride, buat kalian yang penasaran bisa lihat artikelnya berikut ini :

Oh ya, artikel serba 9 ini sudah pernah saya unggah di akun Instagram @Warungasepnet , buat kalian yang ingin update info seputar otomotif sepeda motor roda dua, silahkan di-follow. Terimakasih.

5 Comments

  1. Pernah miliki type 1, 2, 3….
    Sekarang tinggal yg type 3….
    Pengen sih yg ke 9 nih….
    Maju terus honda, juga harganya….😀😀

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!