Warungasep.net – Menjadi brand motor paling inovatif, tak heran jika Kymco jadi brand motor paling laris di Taiwan. Penjualannya nomor 1 dan tak terkalahkan setiap tahunnya, bahkan oleh pesaing se-negaranya SYM maupun pabrikan Jepang. Penasaran? Yuk kita kupas data penjualan sepeda motor di Taiwan di tahun 2021 kemarin.

Berbeda dengan di negara lainnya yang trend-nya meningkat, penjualan sepeda motor di Taiwan justru mengalami penurunan. Dari tahun 2020 lalu sempat mencapai satu juta unit dan sempat masuk kedalam jajaran 10 negara dengan penjualan motor terbanyak di dunia turun 21,8 persen menjadi hanya 800ribuan unit. Angka tersebut didominasi kendaraan berbahan bakar bensin sebanyak 89 persen dan sisanya adalah penjualan sepeda motor listrik. Yupz, Taiwan menjadi salah satu negara yang selangkah lebih maju soal pengembangan motor listrik. Bahkan disana baik Yamaha maupun Suzuki saja punya produk motor listrik. Belum tahu ya?

Baca : “Suzuki” eReady Run, Motor Listrik Pakai Kartu Dari Taiwan

Tapi, Kymco masih menjadi pemimpin penjualan sepeda motor di negara tersebut dengan porsi 30 persen market share, Bagaimana dengan Honda, Yamaha dan Suzuki? Penasaran?, yuk kita intip data termasuk perbandingannya berikut ini :

Data Penjualan Sepeda Motor di Taiwan 2021

Karena info datanya dalam bentuk tabel bertuliskan huruf China, saya akan coba terjemahkan untuk kalian… Itu juga modal Google translate ya, hehe… Jadi maaf jika ada yang salah, tolong di koreksi.

Kymco berada di posisi pertama dengan angka penjualan sebanyak 245ribuan unit, angka tersebut turun dibanding tahun sebelumnya yang sempat mencapai angka 300ribuan unit. Pesaingnya SYM berada diposisi ke-2 dengan selisih yang cukup tipis, cuma kebagian 27 persen market share dengan angka 220 ribuan unit.

Di posisi ke-3 ada merk Jepang, Yamaha. Kebagian kue 23 persen market share dan menjual sebanyak 192 ribuan unit. Dan di posisi ke-4, bukan Honda maupun Suzuki. Merk motor terlaris ke-4 di Taiwan adalah brand motor listrik yang saat ini lagi naik daun yaitu Gogoro.  Yupz, Merk motor yang paling maju soal pengembangan motor listrik ini menjual sebanyak 73 ribuan unit. Dan berhasil menggser posisi PGO yang menempati urutan ke-5 yang hanya kebagian 2 persen market share saja dengan angka penjualan sebanyak 17 ribuan unit.

Dan di posisi ke-6 adalah… Pasti bakal ada yang pede menyebut Honda? Ternyata bukan… Diposisi ke-6 ada pabrikan yang bernama Tailing Bell Motorcycle… Produsen otomotif sepeda motor yang memegang merk Suzuki ini menjual sebanyak 15 ribu unit… Wuiih lumayan juga ya, pantes si skuter klasik Suzuki Saluto lahirnya disini, hehe…

Naah Honda pasti di posisi ke-7 nih…? Ternyata bukan juga… Karena dibawah Suzuki ada brand lokal bernama Hongjiateng yang lebih dikenal dengan nama AEON Motorcycle yang kebagian 1,2 market share dengan angka penjualan sebanyak 9 ribuan unit dalam setahun.

Wah berarti Honda ke-8 nih? Sayangnya dari data yang dirangkum oleh Jorsindo tidak disebutkan berapa angka penjualan Honda di negara tersebut. Karena FYI perlu kalian ketahui jika di Taiwan, Honda tidak menjual produk skutik ataupun motor skutik kecil kelas entrylevel. Karena Honda Taiwan hanya menjual produk CBU dan produk premium seperti Big Bike, adapun mocil cuma Honda MSX125 dan motor yang di Indonesia dijual 70jutaan Honda Supercub. Wajar saja, jika secara volume, angka penjualan Honda di Taiwan memang gak bisa bersaing.

Dari data diatas hanya disebutkan 4 persen market share sisanya terbagi dalam banyak produk, gabungan dengan brand lokal Taiwan lainnya, bahkan dengan brand mocin juga termasuk Honda.

Ini membuktikan jika walaupun di beberapa negara Honda memang mendominasi, tapi di Taiwan Honda justru tak berkutik dan bisa kalah dengan Yamaha dan Suzuki. Apa penyebabnya? Mungkin pemirsa ada yang tahu penyebabnya bisa sharing infonya di kolom komentar.

Oh ya, selain memuat data penjualan tiap pabrikan. Masih dari sumber yang sama, saya juga mendapatkan info tentang data penjualan dari masing-masing produk unggulan mereka. Terbagi dalam beberapa segmen dan yang menarik untuk kita bahas saja, karena beberapa produknya juga dijual di Indonesia. Semisal di segmen maxi skutik ternyata disana Kymco KRV180 merupakan produk paling laris, bisa mengalahkan penjualan SYM DRG BT mapun duo Maxi skutik Yamaha Force 155 dan Yamaha Force 2.0 yang kemarin rilis.

Lanjut ke segmen motor sport 150cc, ternyata Yamaha R15 paling laris lho disana, bahkan bisa ngalahin penjualan GSX-R150, Tak hanya itu, produk Indonesia yang cukup laris di Taiwan adalah Xmax. Angka penjualannya bisa ngalahin Maxsym TL dan Forza 350.

Dan terkahir, untuk motor listrik, pantas saja Gogoro bisa meroket penjualnnya karena 5 produknya masuk kedalam 7 besar produk motor listrik terlaris di Taiwan. Untuk info lebih detailnya kalian bisa lihat datanya berikut ini :

Sayangnya untuk penjualan Suzuki Saluto pihak Jorsindo mem-private datanya, mungkin buat kalian yang penasaran bisa langsung lihat di website mereka langsung, semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!