KTM Duke 890 R 2022, Moge Bengis Bermesin 2 Silinder

Warungasep.net – Walaupun punya image kencang dan punya tag line Ready To Race, anehnya KTM gak punya Superbike. Lucu kan? hehe… Tapi mereka punya banyak produk yang memang kompetitif, soal perfoma, desain dan teknologi. Sayangnya produk Moge mereka kebanyakan bergere naked bike. Salah satunya yang akan kita bahas di artikel ini adalah KTM Duke 890 R 2022 yang baru rilis kemarin, cekidot :

Sebenarnya ya betul KTM juga punya varian moge bergenre sport fairing yang diberi nama KTM RC8C, tapi sayangnya motor tersebut dijual dalam versi motor balap alias hanya digunakan di sirkuit bukan di jalanan umum. Memang ada bocoran jika mereka akan buat versi jalanannya, tapi yang sudah pasti, mereka punya varian motor ini dalam versi naked, dan inilah motor yang kita bahas. KTM Duke 890 R atau yang bisa dibilang sebagai versi naked dari RC8C.

Desainnya punya ciri khas Duke series, seperti lampu depan lancip bengis, shroud yang tajam, jok minimalis, rangka teralis berwarna orange, dan yang unik dari moge naked ini dan menjadi pembeda dari Duke series lainnya adalah model knalpot yang posisinya berada di samping kanan body.

Moge naked ini mengusung mesin yang sama dengan RC8C juga KTM 890 Adventure, yakni 899cc 2 silinder DOHC. Namun karena bobotnya yang sedikit lebih berat yakni mencapai 169 kg, powernya sedikit lebih rendah yakni mencapai 121 Hp dan torsi 99 Nm. Tapi jelas jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Yamaha MT-09 dan juga BMW F900R jelas moge-nya dari pabrikan asal Austria ini paling ringan dan paling kencang di kelasnya sehingga KTM menambahkan label R dibelakang produk baru mereka ini.

Fitur yang diusung motor ini juga jelas menjadi kelebihannya, diantaranya suspensi canggih dari WP APEX termasuk suspensi depan Upside downya, pengereman pakai Brembo Stylema yang dipadukan dengan ban Michelin yang sudah dilengkapi ABS Cornering juga Traction Control yang disertai IMU.

Untuk perangkat elektroniknya, selain lampu serba LED dan panel speedo TFT juga sudah lengkapi dengan riding mode dan berbagai macam kontrol elektronik seperti slip kontrol traksi, aktivasi / penonaktifan dari sistem anti-wheelie dan penyesuaian tambahan dari kontrol throttle.

Terakhir, untuk harga KTM 890 Duke R versi 2022 ini dibanderol 13.049 Euro dan akan mulai dijual pada bulan Februari ini khusus untuk pasar Eropa. Apakah Indonesia kebagian? Kita tunggu saja, yang jelas untuk versi model tahun 2022 ini Duke R 890 punya varian warna baru yakni Atlantic Blue, dengan kombinasi warna biru yang unik dengan strip orange termasuk warna velg orange yang menjadi ciri khas identitas KTM. Semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!