Warungasep.net – Langsung saja kita kenalan dengan Aprilia SR 160 2022. Buat yang belum tahu, skutik ini dijual di India. Tapi, walaupun hadir di negeri Vrindavan tapi desainnya berbeda banget dengan skutik India pada umumnya yang kebanyakan punya body gemuk serba membulat dan ban kecil, Aprilia SR series justru punya desain ramping dan sporty, ban-nya juga gambot dengan ring 14 inch, belum lagi fitur-nya yang sudah modern. Dan yang mengejutkan, produk pabrikan Italia ini punya banderol harga yang murah.

Nah, pada bulan November kemarin bersamaan dengan launching dua moge baru disana, Piaggio Aprilia India juga menghadirkan 2 skutik baru untuk model 2022, diantaranya Aprilia SR125 dan Aprilia SR160. Kedua skutik ini memiliki desain yang identik, baik fitur dan juga bentuk fisiknya, yang berbeda hanya di sektor mesinnya saja. Ya mirip-mirip dengan skutik Honda Vario series yang ada di Indonesia, hmmm… cocok juga nih SR160 ini untuk dijadikan pesaing Vario 160, sama-sama punya dek rata dan single shock belakang.

Yang akan saya bahas di artikel ini hanya varian 160-nya saja ya, Aprilia SR 160 versi 2022 ini mendapat beberapa update, dari segi desainnya memang gak jauh berbeda dengan versi sebelumnya (Baca : Aprilia SR150 ). Tapi jika dilihat secara detail, perubahan tampak pada sektor fascia yang tampil lebih sporty.

Tampil dengan lampu LED berbentuk V dengan lampu DRL dibagian sampingnya yang membuatnya semakin futrusitik, moncong depannya pun makin tajam dikombinasikan dengan striping khas Aprilia sehingga makin terlihat racy. Dan lampu belakang juga sudah LED dengan shape membentuk hurup “X”. Oh ya perubahan juga terdapat pada bagian batok setang yang punya dua lubang diantara lampu sein. Dan salah satu fitur yang membuat motor ini menarik adalah panel speedometer baru yang sudah full digital menggantikan analog di versi sebelumnya.

Pict : Rushlane

Bukan sembarang digital saja, SR 160 punya fitur connected seperti Nmax… Motor ini bisa terkoneksi dengan aplikasi smartphone lewat bluetooth, remnya juga sudah ABS lho, sekarang hampir semua skutik maupun sport di India sudah pakai rem Antilock Braking System sebagai fitur standar.

Sayangnya dari sektor dapur pacu sepertinya Aprilia ini masih menggunakan mesin lama yang masih berpendingin udara. Untuk SR160 mengusung mesin 160cc 3 klep SOHC bertenaga 11 Ps dan torsi 11,6 Nm, untuk SR125 versi 2022 mesin-nya 125cc bertenaga 9,9 Ps dan torsi 9,7 Nm. Motor ini memiliki bobot 122 kg dan kapasitas tangki BBM 6 liter, untuk ban-nya tidak diketahui berapa ukurannya, namun yang jelas pakai ukuran velg 14 inch seperti skutik di Indonesia pada umumnya.

Terakhir, harga Aprilia SR160 versi 2022 ini di banderol 109,125 Rupee atau setara Rp. 9,2 jutaan untuk versi standar. Terlihat murah karena masih dalam kondisi off the road, tersedia juga tipe special Carbon edition dengan body yang dibalut motif carbon dan satu lagi yang paling keren ada varian Racing dengan livery khas motor balap Italia dengan body berwarna hitam dan stripe grafis motif bendera Italia dan velg warna merah yang tentunya punya banderol harga yang lebih mahal. Berikut foto studionya :

Aprilia SR 125 2022
Aprilia SR 160 2022 STD
Aprilia SR 160 2022 Carbon Edition
Aprilia SR 160 2022 Racing

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!