Scooter Classic Yamaha Vino 2022 Punya 6 Warna Baru, Cakep Mana Dengan Fazzio?

Warungasep.net – Yamaha Jepang resmi merilis scooter classic Yamaha Vino 2022 yang ketambahan 6 varian warna baru yang lucu dan bernuansa pop retro. Apa yang berubah dari skuter matic Yamaha bermesin Honda 50cc berpendingin radiator ini? Yuk kita bahas lebih detailnya.

Apa? Skutik ini bermesin Honda? Ya betul… Buat kalian yang belum tahu Vino ini merupakan produk skutik Yamaha yang sudah ada sejak tahun 2004, dulu bermesin 125cc dan kemudian mulai tahun 2016, Yamaha melakukan kerjasama bisnis dengan Honda. Nah, karena kedua pabrikan tersebut merupakan pabrikan asal Jepang, sehingga tak heran jika Yamaha menggunakan mesin 50cc Honda yang bertujuan untuk memangkas biaya produksi, dan motor ini juga hanya dipasarkan khusus untuk pasar domestik Jepang, alias motor Japanese Domestic Market atau JDM.

Yamaha Vino ini juga berbagi desain dan fitur dengan produk Honda yang juga di kelas 50cc yaitu Honda Giorno, atau yang di Amerika sana diberi nama Honda Metropolis.

Baca : Honda Giorno, Scoopy pakai Radiator

Bedanya jika Giorno memiliki kemiripan dengan Honda Scoopy, sedangkan Vino, mirip dengan Yamaha Fino 125 di Indonesia, namun headlamp-nya berbentuk bulat classic, dan tentunya lebih terlihat retrolook dibanding Fino 125. Bahkan jika dibandingkan desain Yamaha Fazzio 125 yang mengusung konsep Italian Classic, malah terlihat lebih retro dan eye cathing si Vino ini ya, longlasting lagi desainnya, karena sudah lebih dari 6 tahun belum ada perubahan desain, termasuk untuk versi 2022 ini.

Tak hanya desain, fiturnya pun jika pemirsa lihat sangat familiar dengan fitur-fitur skutiknya Honda, sebut saja speedometer kombinasi analog dan digital, terseda socket charger di dalam gloves box, dan yang poling ketara adalah desain kunci kontak yang terintegrasi dengan seat opener yang mirip banget punya Honda, bukan punya Yamaha yang bentuknya bulat, juga rem Combi Brake System atau CBS yang merupakan patentnya Honda.

 

Intip ke bagian mesin, maka akan terlihat jelas motor skutik retro Yamaha ini jelas memakan mesin eSP-nya Honda. Jika dilihat di situs web resminya Yamaha Jepang, Yamaha Vino ini mengusung mesin 49cc 1 silinder berpendingin cairan. Ingat, walaupun kecil skutik ini sudah pakai radiator!

 

Power motor terbilang kecil cuma 4,5 Ps pada 8000 rpm dan torsi 4,1 Nm pada 6000 rpm. Bobotnya cuma 81 Kg dan kapasitas tankinya 4,5 liter, walaupun kecil, bagasi skutik ini bisa muat helm model open face.

 

Terakhir, harga Yamaha Vino ini di Jepang dibandrol 203.500 Yen termasuk pajak atau jika dirupiahkan setara Rp. 25,4 jutaan.. wah lebih mahal dari Fazzio nih, hehe… Dan untuk edisi tahun 2022, Yamaha Vino 50cc ini punya 6 varian warna diantaranya 2 warna baru yakni Bonnie Blue (Biru Muda) dan Matt Armored Green Metallic
(Hijau doff) dan 4 lagi warna yang sudah ada sebelumnya seperti merah, hitam, coklat mahoni dan juga beige. Berikut foto studionya :

 

Oh ya, buat kalian yang belum tahu juga. Vino juga tersedia dalam varian mesin bertenaga baterai. Bahkan motor listrik Yamaha tersebut sudah pernah diperkenalkan di Indonesia. Baca : Yamaha Indonesia Perkenalkan dan Studi Pasar Sepeda Motor Listrik di Indonesia

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!