Yamaha Rilis 3 Motor Listrik, Salah Satunya Lawan PCX Electric?

Warungasep.net – Bertajuk “Yamaha Switch-On” kemarin Yamaha mengumumkan 6 produk bermesin listrik untuk memulai era motor listrik di benua Eropa. Dari keenam produk tersebut, 3 diantaranya bergenre skuter dan 3 lagi sepeda listrik sejenis MTB, dll. Nah yang menarik, salah satu yang mereka rilis ada yang merupakan pesaing atau dihadirkan sebagai lawan Honda PCX Electrik. Ya, walaupun sebenarnya, PCX Listrik baru hadir di Asia saja, hehe… Tapi pastinya kalian penasaran bukan dengan ketiga produk ini? Jadi yuk kita bongkar motor listrik Yamaha apa saja yang dirilis di Eropa tersebut.

1. Yamaha E01

Kalian yang mengikutik blog ini, pasti sudah tahu sosok motor ini karena memang sebelumnya sudah sempat dipajang di pameran Tokyo Motor Show tahun 2019 lalu (Baca : Yamaha E01 Concept, Ini Sih Nmax Versi Motor Listrik !  ), dan bahkan saya sudah ungkap detail motor ini ketika masih berupa gambar patent.

Baca : Yamaha Daftarkan Patent “Nmax” Bermesin Listrik, Siap Diproduksi Masal?!

Dan akhirnya, motor ini rilis dalam wujud produksi masal dan sudah street legal. Itu terlihat dari terdapatnya spion, jok tandem yang sepertinya nyaman banget dan ergonomis dan yang menarik terkuak jika motor listrik Yamaha ini pakai lampu dual projie LED seperti Yamaha R1 yang letaknya dibawah bukan di body depan yang diperkirakan sebelumnya.

Kemudian, lampu seinnya sudah LED, dan windshilednya juga sudah pakai model adjustable. Sayangnya untuk area mesin belum diketahui speknya, karena menurut pihak Yamaha Eropa melalui presidennya Eric de Seynes mengatakan jika Yamaha E01 ini akan diproduksi masal, tapi bukan untuk dijual. Melainkan sebatas disewakan. Ya jadi mirip PCX Electric di Indonesia dong yang dipakai para Ojol, hehe…

Bedanya, Yamaha E01 ini hanya akan disewakan di beberapa kota-kota besar di Eropa, sebagai role model dan juga sebagai riset dan pengembangan secara berjalan. Wajar saja, karena motor listrik tentunya masih harus punya fasilitas penunjang seperti stasiun pengisian baterai. Dan Yamaha dalam hal ini masih kalah saing dengan perusahaan China ataupun Taiwan yang lebih unggul dalam pengembangan motor listrik, terutama ekspansi mereka ke benua Eropa yang sudah selangkah lebih dulu.

Dan konsep desainnya memang E01 ini digadang-gadang sebagai NMax electric, karena secara performanya juga katanya gak jauh berbeda dengan Nmax 125, cuma berbeda dengan PCX Electric yang menggunakan basic desain PCX series, naah E01 ini punya desain tersendiri dan lebih terlihat futuristik.

2. Yamaha NEOS

Berbeda dengan E01 yang rencananya hanya sebatas disewakan, naah Yamaha Neos sepertinya akan menjadi motor listrik pertama Yamaha yang dijual untuk umum. Desainnya sendiri merupakan perwujudan dari motor konsep Yamaha E02 yang dulu sempat dipajang di pameran TMS 2019, namun sepertinya Yamaha telah merevisi ulang beberapa bagian.

Diantarnya lampu depan yang lebih terlihat futuristik dengan dual headlight LED yang letaknya dibagian tebeng depan. Sekilas desainnya motor ini seperti perpaduan Yamaha Fazzio dibagian depan yang sebenarnya mengacu pada sosok Yamaha EC-05 yang sudah rilis duluan di Taiwan dan kalian juga bisa lihat desain body belakang Yamaha Neos ini mirip dengan Yamaha Freego di Indonesia.

Untuk mesinnya sendiri, motor ini setara dengan skutik 50cc. Belum diketahui bagaimana spek resminya, tapi rencananya motor listrik Yamaha ini akan mulai dijual di musim semi tahun 2022. Wah, musim semi kapan sih? hehe…

3. Yamaha B01

Dan yang ketiga, namanya Yamaha B01, sekilas motor ini memang mirip dengan sepeda gowes dengan sadel dan juga pedal. Tapi Yamaha menyebutnya motor ini sebagai kendaraan hybrid karena selain menggunakan tenaga baterai juga bisa digerakan dengan tenaga Nasi. Eh orang Eropa kan gak makan Nasi, tapi roti kali ya, hehe… Yupz, motor ini bisa dikayuh seperti sepeda gowes.

Walaupun bentuknya mirip sepeda, tapi pihak Yamaha menyebut motor ini terinspirasi dari motor moped aka motor bebek yang pernah eksis di tahun 1970an. Hmm, motor bebek Yamaha apa ya? Kalau kalian tahu motor apa, silakan tulis di komentar.

Dan rencananya motor listrik Yamaha pake pedal ini akan mulai diproduksi tahun 2023 nanti. Oh ya, berbeda dengan Yamaha Taiwan yang melakukan kerjasama dengan Gogoro. Nah, proyek motor listrik Yamaha di Eropa mereka melakukan kemitraan dengan perusahaan lokal disana seperti Fantic dan Motori Minarelli.

Jadi, kapan Yamaha akan mulai menjual motor listrik di Indonesia? Sepertinya E01 akan menarik nih, apalagi melihat Nmax yang menjadi produk terlaris Yamaha di Indonesia, pastinya akan cukup potensial. Kita tunggu saja.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha NEOS 2022, Skuter Listrik Pertama Yamaha Yang Dijual di Eropa - WARUNGASEP ★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!