Yamaha 135LC 2022, Inilah Jupiter MX Facelift Yang Sudah Injeksi

Warungasep.net – Hong Leong Yamaha Malaysia merilis produk baru Yamaha 135LC 2022. Tentunya kalian masih ingat dengan Yamaha Jupiter MX 135 yang semapt eksis di Indonesia satu dekade lalu bukan? Nah, jika disini motor bebek bermesin tegak dari Yamaha ini sudah di-discontinue dan di-upgrade menjadi 150cc. Tapi di Malaysia sana, kembaran Jupiter MX 135 ini masih dijual dengan perbedaan pakai kopling auto bukan manual dan juga masih mempertahankan pengabut bahan bakar karburator. Hingga akhir, kemarin pihak Yamaha Malaysia pun memproduksi generasi terbaru Yamaha 135LC dengan tampilan baru dan juga mesin baru yang sudah injeksi, tapi sayangnya masih pakai kopling automatic, hehe…

Pertama kita bahas desainnya, Yamaha 135LC versi 2022 tampil lebih sporty dan modern dan masih mempertahankan garis tajam dan lekukan body yang ramping dan aerodinamis yang menjadi ciri khas motor ini. Perubahan terdapat di hampir semua bagian, terutama karena 135LC Facelift ini sudah menggunakan rangka baru yang lebih ringan, sehingga wajar saja bobotnya hanya 109 kg saja.

Sektor body, sepertinya masih mempertahankan garis desain versi sebelumnya, dan yang berubaha terdapat pada desain headlamp yang menggunakan model Yamaha Y15ZR aka Yamaha MX-King dengan triple headlight LED yang agresif. Bagian front cowl juga berubah, terdapat dua lubang udara dibawah lampu DRL  LED yang tajam dan terlihat mogelook, lampu seinnya menempel dibody tidak terpisah, dan masih bohlam Tapi lampu remnya kini lebih sporty dan sudah LED.

Yang paling terlihat signifikan adalah desain velg, dimana versi sebelumnya menggunakan model 5 palang yang desainnya legend banget, hehe… Kini berubah menjadi 6 palang, cuma desainnya ini malah terlihat seperti velg mocin. Walaupun begitu, motor bebek sport Yamaha ini sudah menggunakan double discbrake depan belakang.

Selain lampu yang sudah LED, fitur unggulan dari Yamaha 135LC MY 2022 ini adalah panel speedometer yang sebelumnya pakai model analog kini berubah menjadi full digital, kunci kontaknya pun sudah lumayan walaupun belum keyless tapi sudah terintegrasi dengan kunci pembuka jok belakang. Dan untuk varian special edition, diberi tambahan aksesoris berupa keranjang bagasi yang sudah dilengkapi socket charger tertutup sehingga aman ketika dipakai hujan.

Sedangkan untuk mesinnya, kini sudah mengusung regulasi Euro-4 dengan masih memiliki kubikasi mesin 135cc 1 silinder 4 klep SOHC berpendingin cairan. Power maksimum motor ini mencapai 12.47hp @ 8,000rpm, dan torsi 12.2Nm @ 6,000rpm. Ukuran tankinya bisa muat 4,6 liter BBM, tinggi joknya 775mm dan sayangnya ukuran ban-nya terbilang kecil banget, keduanya pakai velg 17 inch dengan ukuran ban depan 70/90 dan ban belakang 80/90.

Terakhir, untuk harga Yamaha LC125 FI 2022 ini dijual dalam 2 tipe, untuk varian standar yang merupakan varian termurah dibanderol 7,798 Ringgit atau setara Rp. 27 jutaan dan punya 3 pilihan warna antara lain warna merah Ruby Red, Midnight Star dan Crystal Cyan.

 

Sedangkan untuk varian termahal yang dibanderol 8,198 Ringgit atau setara Rp. 28,2 jutaan untuk varian special edition dengan aksesories yang hanya tersedia dalam 1 pilihan warna yakni desert storm dengan velg emas.

Nah, kira-kira Yamaha Indonesia bakal jual motor ini di tanah air gak ya? Menurut info dari media Malaysia, ternyata Yamaha LC135 dijual secara eksklusif, jadi hanya dipasarkan secara domestik di negara Malaysia saja. Jadi, tentunya tidak akan dijual di luar Malaysia, termasuk Indonesia. Semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

  1. andaikan masuk sini, motor bebek nonkopling yang cocok buat berhemat ria di kemacetan ibukota.. btw peleknya kok jadi mirip dengan 125-ZR ya? apa memang pake common biar hemat ongkos?

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!