Honda HAWK 11 2022 Rilis di Jepang, Cafe Racer 2 Silinder Bermesin Africa Twin

Warungasep.net – Setelah muncul teaser di pekan sebelumnya, akhirnya Honda Hawk 11 2022 resmi rilis di Jepang saat berlangsungnya pameran 38th Osaka Motorcycle Show 2022. Motor bergaya Cafe Racer ini bermesin 2 silinder yang sama dengan Honda Africa Twin, tapi menggunakan basic frame dan beberapa fitur yang mirip dengan motor touring Honda NT1100. Berapa harganya?

Informasinya belum lengkap, Honda Jepang baru sekedar mengumumkan perilisan debut perdana motor ini yang secara ekslusif dihadirkan untuk pasar Jepang. Ada kemungkinan karena motor ini diposisikan sebagai pengganti moge classic Honda CB1100 EX yang akan didiscontinue dan menjadi edisi terakhir.  Wajar saja, karena sepertinya Honda melakukan efisiensi platform mesin dari 4 silinder menjadi hanya 2 silinder untuk semua varian mogenya, hehe…

Nah untuk Honda Hawk 11 atau yang punya nama lain Honda GB1100 ini merupakan diversifikasi produk dari moge 1100cc. Jika Africa Twin mengusung konsep sport adventure, kemudian Honda NT1100 bergaya sport touring bike, naah motor yang kita bahas ini mengusung konsep motor classic bergaya Cafe Racer.

Itu terlihat dari desain body yang menyerupai motor balap jadul, model half fairing dengan lampu bulat, stang underyoke yang nunduk, sayangnya model spionnya bukan model barend seperti “ngab Sunmori”, hehe tapi dipasang dibelakang fairing, unik juga…

Body belakang minimalis dan menonjolkan mesin yang padat walaupun cuma 2 silinder. Oh ya untuk spek mesinnya sendiri belum diumumkan, jika kalian cek ke web resmi Honda Jepang, motor ini belum muncul. Tapi ada kemungkinan akan memiliki spek mesin yang gak jauh berbeda dengan mesin Honda NT1100, karena basic frame dan sub framenya mirip.

Mengusung mesin 1.082,96 cc yang sama yang digunakan dengan Africa Twin. Motor berpendingin cairan ini menghasilkan tenaga maksimal 100 ps pada 7.500 rpm dan torsi puncak 103 Nm pada 6.000 rpm. Seperti Moge Honda lainnya, motor ini juga tersedia dalam 2 tipe antara lain tipe transmisi manual dan DCT atau Dual Clutch Transmision.

Walaupun punya tampang jadul, motor baru Honda ini punya banyak fitur modern, diantarnya suspensi depan Upside down, rem ABS, lampu depan bulat LED, panel speedometer full digital yang bahkan bisa terkoneksi aplikasi di smartphone, dan beberapa sensor elektronik lainnya.

Terakhir, untuk banderol harganya belum diumumkan. Karena pihak Honda Jepang baru sebatas memperkenalkan produk barunya kepada publik. Dan yang dipajang di pameran di Jepang ada juga versi custom dengan beberapa part aksesosories aftermarket dari Moriwaki dengan tampilan warna silver, seperti ini penampakannya :

Jadi siapa yang kepengen motor ini? Seandainya ada yang 150cc ya? Silakan komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!