Yamaha R3 2022 Facelift Rilis di Taiwan, Knalpot dan Lampunya Berubah?!

Warungasep.net – Yamaha Taiwan merilis 2 motor baru, salah satunya yang kita bahas dipostingan ini adalah Yamaha R3 2022 yang ternyata secara ekslusif mendapat beberapa detail perubahan signifikan. Salah satunya adalah minor facelift dibagian silinser exhaust atau model knalpot yang baru dan juga perubahan model lampu sein yang lebih modern. Lalu apa lagi?

Tapi sebelumnya, kita flashback dulu kebelakang. Masih ingat tahun lalu, jika Yamaha Indonesia kepergok sedang melakukan pengetesan yang diduga adalah Yamaha R25 facelift. (Baca : Spyshots Calon Yamaha R25 Facelift, Apa Saja Yang Berubah?  ). Dan ternyata, foto yang diunggah blogger cak IWB tersebut adalah yang kita bahas kali ini karena memiliki ciri-ciri perubahan yang sama dengan yang tertangkap di spyshots.

Ternyata yang difacelift bukanlah Yamaha YZF-R25 melainkan kembarannya untuk pasar global yakni Yamaha YZF-R3. Dan Taiwan menjadi yang pertama merilis versi terbaru dari Yamaha R series di kelas menengah ini. Sayangnya, update motor ini terbilang minor, mungkin hanya 2 bagian saja antara lain model knalpot dan satu lagi adalah lampu sein yang kini sudah menganut LED, berbeda dengan lampu sein R25 maupun R3 lawas yang masih pakai model bohlam halogen biasa.

Bisa kalian lihat jika knalpot Yamaha R3 facelift ini berubah, menjadi sedikit lebih panjang dan terlihat lebih ramping. Terdapat cover pelindung panas dibagian samping dan dibagian atas. Terkesannya gak rapih, entah kenapa gak pakai model full pelindung saja biar dimensinya menjadi lebih gambot gitu ya? Sedangkan untuk bagian lainnya termasuk desain body, model lampu dengan lubang air scoop bahkan kaki-kaki dan frame-nya bisa dipastikan sama dengan versi sebelumnya.

Belum diketahui apa alasan Yamaha hanya mengupdate hanya dibagian knalpotnya saja, entah untuk meningkatkan performa atau bisa saja untuk mendukung regulasi Fase-7 yang semakin ketat untuk pasar Taiwan, tidak ada keterangan resmi yang diungkap oleh pihak Yamaha Taiwan di web resmi mereka.

Dan yang mengejutkan melihat spek resminya, ternyata motor sport pesaing Ninja 400 dan Colove 321RR ini justru tenaganya turun jika dibanding versi sebelumnya. Yamaha R3 facelift versi 2022 ini masih mengusung mesin 321cc 2 silinder DOHC 8 klep berpendingin cairan.Powernya dari model sebelumnya yang mencapai 42 Ps, kini turun menjadi 41 Ps pada kitiran 10.750 Rpm sedangkan untuk torsinya 29,6 Nm pada 9000 rpm. Memiliki tinggi jok yang cukup rendah yakni 780 mm, serta dengan bobot 169 kg dan kapasitas tanki yang cukup besar hingga 14 liter dengan ukuran ban 110/70 dibagian depan dan 140/70 dibagian belakang, keduanya pakai velg 17 inch.

Selain lampu sein yang sudah pakai LED sehingga lebih modern dan gak ketinggalan oleh para rivalnya, Yamaha R3 versi 2022 ini pun masih punya banyak keunggulan lainnya, seperti suspensi Upside down berukuran 37 mm, lampu depan belakang sudah LED, panel speedometer yang sudah full digital, serta rem yang sudah Antilock Braking System atau ABS.

Terakhir, harga Yamaha YZFR3 2022 di Taiwan ini dibanderol 270.000 TWD atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 135jutaan… Wah, mahal juga ya, wajar saja karena disana skutik 125cc saja hargnya bisa tembus Rp 40jutaan, apalagi ini adalah motor impor.

Oh ya, Yamaha R3 versi 2022 di Taiwan ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna yang sama seperti versi global yakni warna Racing Blue dengan kombinasi warna biru hitam yang menjadi ciri khas Yamaha, kemudian ada warna midnight black yang minimalis dengan sedikit sentuhan warna tosca dan satu lagi warna yang unik yang sepertinya akan menjadi trend warna baru untuk motor sport Yamaha R series di tahun ini yakni warna Vivid Orange dengan kombinasi warna oranye cerah dengan coklat, eh coklat? matte grey atau silver sih ini ya? Pokonya unik deh, hehe… Kalian bisa lihat foto studionya dibawah ini :

Yamaha R3 2022 Racing Blue
Yamaha R3 2022 Midnight Black
Yamaha R3 2022 Vivid Orange

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!