Nmax Electric Yamaha E01 Rilis di Jepang dan Thailand… Indonesia Menyusul?

Warungasep.net – Dua tahun lalu sebenarnya motor ini sudah diperkenalkan dalam wujud motor konsep. Dan tahun ini, motor listrik Yamaha E01 atau yang disebut sebagai perwujudan Yamaha Nmax Electric ini sudah resmi dirlis untuk pasar Jepang dan kemudian di Thailand. Kira-kira, Indonesia bakal menyusul gak ya? Tapi sebelum kita punya motornya, terlebih dulu kita kenalan dengan si Nmax listrik ini.

Yamaha E01 yang merupakan singkatan dari Yamaha Electric Vehicle Zero One, dibacanya jadi Yamaha E-Zero One. Salah satu produk motor listrik Yamaha pertama yang rencananya akan dijual di beberapa negara. Setelah Eropa, Jepang dan Thailand. Menurut informasi dari media Jepang, motor ini juga akan dihadirkan di beberapa negara Asia lainnya seperti Taiwan, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

Tapi perlu kalian ketahui jika motor listrik Yamaha ini tidak untuk dijual atau dipindah tangankan seperti motor konvensional, tapi hanya sebatas di sewakan. Sangat disayangkan tentunya, tapi hal serupa juga diberlakukan oleh Honda lewat PCX Electric-nya yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia beberapa tahun lalu. Entah kenapa, motor-motor listrik Jepang ini hanya disewakan, entah karena memang fasilitasnya yang kurang menunjang, berbeda dengan Eropa dan Taiwan yang sudah masif, atau mungkin karena peraturan atau agreement yang harus dipatuhi, kita gak tahu, tidak ada informasi yang membahas hal ini, atau mungkin kalian punya jawabannya, silakan ditulis di kolom komentar…

Yang jelas sampai entah itu tahun 2024, atau mungkin 2025 motor listrik buatan Jepang seperti Yamaha Honda tentunya hanya sebatas disewakan saja. Seperti bocoran sebelumnya. Baca : Honda Siapkan 4 Motor Listrik di Tahun 2024 Untuk Konsumen

Nah, sekarang kita bahas secara detail motor listrik Yamaha E01 ini. Secara keseluruhan tidak jauh berbeda dengan versi konsep yang dipajang 3 tahun lalu di Tokyo Motorshow 2019. Tapi ada beberapa detail yang terungkap yang menjadi syarat untuk menjadi motor yang street legal.

Diantaranya lampu depan yang awalnya dikira posisinya dibagian depan dengan model single, ternyata motor listrik Yamaha ini memiliki model lampu mono focus LED yang posisi letaknya mirip seperti Superbike Yamaha R1. Yupz, dua buah projie LED berada dibagian bawah moncong, terlihat futuristik. Stang kemudi mirip Nmax, lengkap dengan adjustable windscreen yang lebih modern. Bagian kaki-kaki juga mirip dengan Nmax, termasuk desain velgnya. Sedangkan bagian depan yang awalnya dikira lampu depan, ternyata adalah posisi lubang charger dengan penutup untuk memudahkan ketika melakukan pengisian, mirip seperti mobil listrik.

Ada 3 metode pengisan listrik yang bisa pengemudinya nanti gunakan, diantaranya :

1. Pertama dengan system Fast Charger – Cocok dipasang oleh penyedia jasa rental mobil atau dealer, bisa charge dari 0% hingga 90% dalam waktu 1 jam.
2. Pengisi daya biasa – Cocok untuk pemasangan di rumah, dapat mengisi daya dari 0% hingga 100% dalam 5 jam pada 200V (kompatibel dengan outlet 200–240V di berbagai negara).
3. Pengisi Daya Portabel – Mudah dibawa karena muat di kompartemen penyimpanan di bawah jok pengemudi, cuma membutuhkan waktu selama 14 jam.

Dan perlu kalian ketahui, jika Nmax listrik ini sangat berbeda dengan PCX Electric yang pakai model baterai yang bisa plug n play dan bisa ditukar di tempat pertukaran baterai di stasiun khusus, Nmax listrik atau Yamaha E01 ini justru pakai model fixed baterai yang menyatu dengan rangka.

Bicara soal mesin listriknya, motor ini diposisikan setara dengan maxi skutik Yamaha NMax 125 yakni memiliki output power maksimum diangka 8,1kW atau setara 10,86 Hp pada 5.000 rpm dan torsi 30 Nm pada 2000 rpm, motor listrik Yamaha ini dapat dibawa sejauh 104 km dalam kondisi baterai penuh itupun didapat jika pada kecepatan konstan 60 km../jam, topspeednya bisa mencapai 100 km/jam dan bisa berakselerasi 0-50 km/jam dalam 3,9 detik. Mayan lah ya…

Yang menarik dari motor ini adalah dari segi fitur, lampu serba LED tentu saja wajib untuk motor di era modern saat ini, apalagi ini motor listrik yang merupakan kendaraan masa depan. Belum lagi, Yamaha E01 ini punya teknologi smartkey, dan juga panel speedometer digital yang terkoneksi dengan smartphoe lewat aplikasi Y-Connect. Gak sampai disitu, yang membedakan dengan motor konvensional, Nmax listrik ini punya satu lagi tambahan fitur yaitu eSIM 4GLTE untuk mengunggah data dan GPS yang sudah terintegrasi dengan motor.

Tak hanya itu, Yamah Zero one ini pun sudah dilengkapi 3 mode riding diantaranya :

  • PWR (Mode Daya): Untuk mengemudi yang mengeluarkan daya maksimum motor. Cocok untuk berkendara menanjak dan percepatan, dll.
  • STD (Mode Standar): Untuk mengemudi paling umum dalam rentang kecepatan 30 – 80 km/jam.
  • ECO (Mode Eco): Untuk berkendara jarak jauh. untuk membatasi konsumsi baterai dan membatasi kecepatan maksimum adalah sekitar 60 km/jam.

Ditambah lagi pengisian port USB yang berada di consol box dibagian depan. Oh ya, bicara desainnya motor ini memang terlihat futuristik. Terutama bagian belakangnya yang tanpa spakbor yang menggantung dan digantikan dengan model mud guard yang menyatu dengan ban belakang.

Yang menarik, berbeda dengan Yamaha NEOS yang dimana penggeraknya berada ditengah ban belakang, Yamaha E01 ini pakai penggeran drive belt seperti Yamaha TMAX. Oh ya, yang unik motor ini pakai swing arm yang gambot dengan dua suspensi belakang yang uniknya berada di bagian tengah sehingga terlihat seperti memiliki model monoshock, tinggi joknya cukup rendah yakni 754 mm, dan keunggulannya sudah pakai rem sudah pakai rem cakram depan belakang, ketimbang PCX Electric yang masih pakai rem teromol, hehe…

Terakhir, Yamaha E01 2022 ini pun rilis resmi di Thailand, namun dari beberapa media disana malah menyebut jika motor ini akan dijual dengan banderol harga 150ribu Baht, sedangkan di Jepang akan mulai disewakan pada bulan Juli mendatang. Terus Indonesia kapan? Ya kita tunggu saja… semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. IIMS 2022 Yamaha Indonesia Hadirkan Motor Listrik Yamaha E01 - WARUNGASEP ★★★☆☆
  2. NMAX Elektrik Sudah Rilis Gan, PCX Ketar Ketir Nih

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!