Warungasep.net – Sejarah tercipta, Aleix Espargaro berhasil menjuarai gelaran Motogp Argentina 2022.Ini pertama kalinya dari 200 kali start Aleix bawa Aprilia juara seri di kelas premier Motogp. Menjadi pole siter, tentu bukan hal mudah bagi Aleix yang menggunakan helm asli Indonesia KYT ini untuk bertarung, apalagi ada Jorge Martin yang menjadi lawan yang kuat di sepanjang balapan. Aleix akhirnya berhasil finish pertama, disusul Jorge Martin kedua dan ke-3 ada Alex Rins 3 pabrikan berbeda naik podium, Aprilia, Ducati dan juga Suzuki.

Jalannya balapan, Aleix Espargaro yang start paling depan langsung disalip Jorge Martin yang memimpin di lap pertama, Aleix berada di P2 didepan Marini, Rins, Pol dan Vinales. Memasuki lap ke-2 posisi depan masih sama, tapi Vinales turun ke P8 setelah disalip Nakagami dan Mir.

Lap ke-3, Aleix tempel Martin. Pol dan Marini berebut posisi 3 dan dibelakangnya ada duo Suzuki. Dimana Quartararo? Sang juara dunia berada diposisi 13, sedangkan Pecco masih berjuang di P9. Lap ke-5, Aleix masih mencoba mengejar Martin, sedangkan Fabio Q secara perlahan mulai naik ke P11 setelah salip Zarco dan Nakagami, namun masuk ke lap 6 kembali lagi ke P13, sayangnya Zarco crash dam Fabio Q naik ke P12.

Marini turun ke P6 setelah berhasil disalip duo Suzuki. Dan di lap ke-8, P3 Pol Espargaro diambil alih Alex Rins… Vinales naik ke P6 setelah salip Marini yang makin kedodoran.  Lap 11, Pecco coba incar P7 dari Marini.

Hingga lap ke-13 tidak ada perubahan, dan barulah di lap 15 Pol Espargaro yang berada di P4 terjatuh dan DNF. Duo Suzuki berada di P3 dan 4, Vinales Pecco, Binder, Marini dan Bastianini berada dibelakangnya.  Lap 16, Fabio Q mengincar P9 dari Bastianini. Dan berhasil, itupun gara-gara Enea melebar sehingga turun ke P 13, hingga posisi klasemen semenatara yang awalnya ia pimpin pun otomatis berubah.

Lap 18, Aprilia RSGP yang dibawa Aleix berhasil kalahkan Desmosedici GP22 Jorge Martin, namun diujung tikungan satu, Martin kembali ambil alih posisi depan. Begitu ambisinya Aleix untuk mengejar gelar juara, padahal dirinya berada diposisi aman di puncak klasemen, kalau sampai terjatuh waah hilang deh, hehe…

Lap berikutnya, Aleix kembali salip Martin namun selalu melebar ditikungan dan Martin lagi dan lagi ambil alih P1. Lap berikutnya lagi, upaya Aleix berhasil dan memimpin balapan di sisa 5 lap dari 25 putaran Motogp seri ke-4 musim 2022 ini. Yang mengejutkan adalah sang Rookie Marco Bezzecchi, start di P17, sempat berada di barisan belakang dan disisa 4 lap berada di P9 dibelakang Fabio Q.

Dan inilah balapan yang paling seru di musim ini, setidaknya di 3 seri balapan pembuka Motogp 2022. Balapan yang paling bikin deg-degan dimana di 3 lap tersisa, Aleix bertarung ketat dengan Jorge Martin, hingga akhirnya dengan penuh perjuangan berhasil kalahkan Martin dan finish pertama sehingga sejarah pun tercipta… Balapan yang penuh emosional dimana Aleix untuk pertama kalinya podium di kelas Motogp, juga untuk pertama kalinya setelah penantian panjang Aprilia yang merupakan tim pabrikan asal Italia ini bisa menjadi juara di kelas Motogp.

Untuk hasil race Motogp Argentina 2022 kalian bisa lihat dibawah ini :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!