Longjia XDV250 2022, Tikung Honda ADV250 Di Segmen Skutik Adventure!

Warungasep.net – Segmen skutik adventure 150cc sih udah bejibun banget, bagaimana dengan 250cc? Sepertinya baru Longjia XDV250 2022 ini nih yang menjadi salah satu pelopornya. Skutik ini hadir disaat netizen menginginkan Honda ADV250 dari Honda tapi belum muncul batang kanlpotnya, jadi ketikung lagi dan lagi deh sama Mocin, hehe…

Dari segi penampilan motor ini gak jauh beda dengan skutik adventure Longjia yang sudah rilis tahun lalu yaitu Longjia XDV250, versi ini bisa dibilang versi bore down-nya karena menggunakan spek mesin yang lebih kecil, tapi dari sektor desain body maupun fitur gak jauh beda.

Ya walaupun bisa dibilang desain motor yang punya nama resmi Longjia XDV250 Si ini gak original banget karena menjiplak, walaupun gak 100% tapi bisa kalian lihat konsepnya mirip banget dengan Honda ADV150 di Indonesia, dilihat dari kombinasi desain headlamp, windhsield yang bisadiatur ketinggiannya, stang telanjang, lampu serba LED hingga model dual suspensi belakang pakai subtank, semuanya mirip. Yang menarik mungkin desain headlampnya yang lebih agresif, lekukan yang lebih tajam dan sporty serta kaki-kaki yang lebih gambot.

Yang beda tentu motor ini unggul dari segi fitur, sebut saja panel speedometer yang jika di Honda ADV150 maupun ADV350 masih pakai model speedo digital konvensional, motor ini sudah dilengkapi panel meter TFT warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi, jelas ini fitur yang gak ada di skutik Jepang. Kemudian di bagian suspensi depan yang sudah pakai model Upside down, belum lagi di sektor pengereman yang sudah pakai kaliper rem Radial ala moge yang disempurnakan dengan rem Antilock Braking System atau ABS Dual Channel, meledek ADV aslinya nih,hehe…

Fitur unggulan lainnya, motor ini punya kapasitas tangki yang muat 13,5 liter BBM, bagasi luas dibawah jok, terdapat fog lamp uantuk medukung aktifitas touring, suspensi belakang subtank dari KYB dan kaki-kaki dengan ban semi dual purpose block tyre yang siap menjelajah dengan ukuran ban 110/70 dibagian depan dan 130/70 dibagian belakang yang keduanya pakai model velg 13 inch.

Untuk spek mesinnya, XDV250SI 2022 ini mengusung mesin Zongshen Nexsus 250cc 1 silinder berpendingin radiator, mesin yang sama digunakan oleh motor Italia Piaggio X7 dan juga Aprilia SR Max 250 yang punya power maksimum diangka 18kw/8750rpm, dan torsi maksimum adalah 22,5N m/6750rpm. Untuk lebih detailnya lihat dibawah ini :

Terakhir, untuk harga motor skutik Adventure 250cc dari Longjia ini dibanderol 22,980 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah yaa sekitar Rp. 51,7 jutaan, tapi itu untuk tipe standar yang menggunakan velg castwheel karena mereka juga jual varian motor ini yang menggunakan model velg spoke wheel alumunium yang dibanderol lebih mahal mencapai 24,980 Yuan, yang tentu saja kesemua itu hanya untuk pasar Tiongkok. Sedangkan untuk pilihan warnanya sangat variatif dan tentunya punya desain grafis stripe juga kombinasi warna yang unik dan sporty, seperti ini penampakannya :

Dan saya memprediksi jika desain mocin Longjia ini juga akan mengikuti jejak yang sama seperti Longjia VMax 300 yang banyak direbadge oleh beberapa pabrikan seperti Keeway Vieste untuk pasar Eropa dan tentu saja di beberapa negara di Asia tenggara, dan pastinya banyak yang dari kalian yang berharap jika motor ini juga akan hadir di Indonesia. Ya semoga saja sama seperti model Longjia VBob yang direbadge menjadi Benelli V250 , sangat bisa tentunya untuk Benelli atau Keeway untuk memasarkan motor ini di Indonesia, kita tunggu saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!