Zongshen RC401 2022, Sport Fairing Ganteng Bermesin 2 Silinder Bertenaga 45 Hp

Warungasep.net – Sebenarnya motor ini sudah diperkenalkan sejak tahun lalu, tapi baru tanggal 31 Maret kemarin dirilis secara resmi. Inilah Zongshen RC401 2022, sport fairing bermesin 2 silinder asal negeri Tiongkok. Tapi jangan dulu skeptis sama pabrikan ini, karena selain menawarkan model yang estetis dan ganteng tapi juga punya performa lumayan dan bisa kompetitif di segmen motor sport fairing kelas menengah. Penasaran? Yuk kita ulas…

Motor sport yang bernama resmi Zonshen Cyclone RC401 ini bisa dibilang sebagai diversifikasi daripada motor sport yang sebelumnya rilis yakni Zongsehn RG3 dan juga RX3S, bedanya jika RG3 mengusung konsep sport touring sebagai rival CFmoto NK400, naah RC401 ini konsepnya motor sport bergaya replika balap.

Desainnya bisa kalian lihat begitu sporty dan racy, serba tajam seperti motor sport modern. Tampang depannya mirip seperti Honda CBR400R yang memang menjadi rivalnya di kelas 400cc, tapi tentu tidak 100% menjiplaknya, bagian fascia depan motor ini lebih aerodinamis dengan winglet dan juga lubang udara dibagian samping. Area body tengah juga terlihat padat dan terlihat sporty dengan lekukan seperti sirip hiu. Ditambah lagi bagian belakangnya juga terlihat racy, dengan jok terpisah. Sayangnya walaupun mengusung sport fairing racing tapi ergonominya cenderung santai bak motor touring.

Motor yang ditujukan sebagai pesaing Kawasaki Ninja 400, kemudian Colove 321RR dan juga yang kemarin rilis yaitu CFMoto 450SR ini punya keunggulan fitur suspensi depan Upside down yang membuat tampilan kaki-kakinya lebih mogelook karena pakai dual front discbrake dengan kaliper rem radial, Knalpot model underbelly, swing arm belakangnya pun model gemuk bukan baja kotak biasa dan frame-nya menganut model truss frame atau teralis saling silang.

Fitur elektronik menjadi poin yang diunggulkan pada motor ini karena sudah dilengkapi lampu serba LED baik lampu depan, belakang hingga lampu seinnya, riding mode, rem ABS dari Bosch dan yang menarik sudah pakai panel meter full TFT warna berukuran 6,75 inch yang tak hanya bisa terkoneksi dengan smartphone tapi juga bisa lakukan proyeksi layar, dan informasi lebih lengkap termasuk indikator tekanan ban. Sayangnya masih kalaih dari RG3 karena motor ini belum dilengkapi kamera.

Untuk spesifikasi Cyclone RC401 versi 2022 ini mengusung mesin TC401 401cc 2 silinder DOHC berpendingin udara, dengan bobot hanya 178 kg, ternyata punya powernya lebih besar dari RG3 yakni mencapai 33 Kw atau setara 45 Hp/9500 rpm dan torsinya 37 Nm/8000 rpm, ya lebih dikit dari power CBR250RR yang tembus sekitar 41 Hp, hehe…

Motor yang sudah dilengkapi assist and slipper clutch sebagai fitur standar ini diklaim mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km per jam hanya dengan 5,8 detik dan diklaim mampu mencapai topspeed 150 km per jam, waah masih kalah sampai Supermoped Suzuki Satria FU dong ya, hehe…. Kapasitas tangki motor ini mencapai 15 liter BBM, joknya cukup rendah hanya 785 mm yang tentu sangat ramah untuk rider Asia, dan ukuran ban 110/70-17 inch dibagian depan dan 150/60-17 inch dibagian belakang.

Terakhir, harga Zongshen Cyclone 401RC 2022 ini dibanderol 28,800 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah ya sekitar Rp. 65 Jutaan, cukup murah untuk sekelas motor 400cc 2 silinder, tapi tentunya masih dalam kondisi off the road. Dan motor ini dijual dalam 4 pilihan kombinasi warna dan stripe grafis yang menarik dan sporty abiiss…!!, diantaranya bisa kalian lihat foto studionya berikut ini :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!