Warungasep.net – Fabio Quartararo berhasil memenangkan balapan Motogp Portugal 2022 yang digelar di sirkuit Portimao. Fabio finish pertama setelah memimpin balapan dan tak terkejar oleh lawan-lawannya. tak hanya Fabio, pembalap Prancis lainnya yaitu Johann Zarco berhasil finish ke-2 setelah gak berhasil dikejar Aleix Espargaro yang sebelumnya mendapat hibah P3 pasca drama yang terjadi di lap 18 ketika Miller dan Joan Mir tabrakan. Yamaha Juara, duo Prancis Podium dan tentunya 6 pabrikan berbeda mengisi 10 besar finisher GP Portugal.

Johan Zarco vs Aleix Espargaro

Jalannya balapan, Johann Zarco yang start paling depan langsung disalip Joan Mir. Suzuki memimpin sejak lepas tikungan pertama, Fabio langsung merangsek ke P2, dibelakangnya ada  Jack Miller di P3 yang bersaing dengan Alex Marquez. Wuiih adinya Marc ini pakai kombinasi ban belakang Med dan belakang Hard dan bertarung di P4 didepan Zarco yang turun ke P5.

Lap berikutnya, Zarco naik ke P3. Dan di lap ke3 Fabio memimpin setelah salip Joan Mir. Fabio, Mir, Zarco dan Miller memimpin barisan depan, sedangkan Aleix berusaha mempertahankan P5 dari Rins, Alex Makes, pembalap Akamsi, Miguel Oliverira dan duo Repsol mengintai dibelakang mereka.

Lap 10, Enea Bastianini crash dan DNF, posisi klasemen berubah jika Fabio berhasil memenangkan balapan.Lap 11 Nakagami San terjatuh saat bersentuhan dengan Binder.

11 Lap tersisa, performa Joan Mir menurun hingg gap dengan Fabio yang memimpin balapan mencapai 4 detik, momentum tersebut dimanfaatkan oleh Zarco untuk merebut posisi 2 dan berhasil. Namun Mir kembali ambil alih P2 dari Zarco di lap ke 16.

Lap 17, memnafaatkan power Desmocedici Zarco berhasil salip Mir Suzuki GSX-RR di lintasan lurus. Fabio memimpin, Zarco, Mir, Miller dan Aleix dibelakangnya. Alex Rins memimpin grup kedua di P6 didepan Oliveira,duo Marquez dan Pol.

Dan drama pun terjadi di lap ke18, dimana Miller mencoba mengambil alih P3 dari Mir namun terjatuh di tikungan hingga membawa serta Mir ke Gravel. Alhasil kedua pembalap DNF dan P3 diambil alih Aleix Espargaro. Team pabrikan Ducati mengalami kekecewaan karena Bagnaia cukup kesulitan dan berada di P9.

Fabio masih memimpin, Zarco kedua, Aleix ke-3. Dan Rins memimpin barisan kedua di P4 didepan Oliveira, Alex Marquez dan Duo Repsol. 3 lap tersisa dimanfaatkan Aleix untuk mengejar Zarco.

Dan di last lap menjadi ajang pertarungan antara Aleix dan Zarco, hingga akhirnya walaupun gak ada aksis saling salip menyalip, tapi Zarco berhasil finish ke-2 dan tak terkejar oleh Aleix, Fabio Quartararo tentu saja jadi pembalap juara di seri ini.

Yang seru adalah pertarungan antara Pecco Bagnaia yang mengincar posisi 8 dari Pol, sempat menyalip hingga akhirnya Pecco naik posisi dan Marc Marquez pun berhasil salip adiknya di tikungan terkahir menjelang garis finish.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!