Zongshen RT2 2022, Skutik Adventure 250cc Berparuh Bebek

Warungasep.net – Setelah ADV150 yang menjadi pelopor, kini bermunculan skutik bergaya adventure salah satunya adalah Zonshen RT2 2022 yang rilis baru-baru ini di negeri Tiongkok. Dan melihat sejarahnya seperti produk lainnya seperti Zongshen RT3, maka tak menutup kemungkinan jika motor ini juga akan dipasarkan hingga Asia Tenggara seperti Indonesia.

Pertama kita bahas desainnya. Zongshen Cyclone sendiri menyebut motor ini memiliki konsep skutik adventure. Itu terlihat dari bagian front cowl atau moncong depannya yang memiliki paruh bebek atau yang disebut duck fender yang menjadi ciri khas motor-motor adventure.

Tapi jika melihat konsepnya secara keseluruhan, Zongshen RT2 ini cenderung bergaya maxi skuter pada umumnya yang gambot, lebar dan bernuansa elegan, dari groud clearance-nya saja terlihat sepertinya akn gasruk jika ketemu Poldur jika dijual disini, hehehe…

Tapi harus diakui memang sekarang Mocin kini gak hanya bisa meng-copy paste pabrikan lain tapi mereka juga bisa membuat desain yang lebih original, salah satunya Zongshen Cyclone yang memang menjadi pabrikan lokal China dengan kapasitas produksinya paling banyak disana, produknya pun sudah banyak dijual di berbagai negara dan direbadge jadi banyak nama produk, salah satunya di Indonesia.

Untuk spek mesinnya, motor ini mengusung mesin 250cc 1 silinder 4 klep berpendingin radiator, power maksimum pesaing skutik Honda ADV350 dan juga Kymco S250 ini mencapai angka 17kw, dan torsi maksimum 22,5nm. Motor ini pun punya keunggulan kapasitas tangki yang muat 12,5 liter BBM yang mampu ajak touring sejauh 400 km jika terisi penuh, ukuran ban-nya pun asimetris seperti skutik adventure pada umumnya yakni belakang pakai velg 13 inch dan didepan 14 inch dan juga pakai ban model patern dual purpose. Tinggi joknya pun cukup ramah buat rider Asia, cuma 780mm saja.

Oh ya, yang menjadi poin selling dari Zongshen RT2 ini ada pada fiturnya, diantaranya lampu serba LED, panel speedometer TFT warna yang tentunya sudah bisa terkoneksi dengan smartphone, socket charger, smart key atau keyless sudah pasti sudah tersedia. Untuk membuatnya tampil bergaya sebagai skutik adventure, motor ini sudah dilengkapi suspensi belakang ganda dengan subtank, rem cakram depan dan belakang yang sudah dilengkapi ABS dual channel dan juga adsjustable windscreen. Yang unik dari motor ini ada semacam sandaran dibelakang jok untuk membuat nyaman pemboceng. yang hadir sebagai aksesories tambahan.

Terakhir. harga Zongshen Cyclone RT2 MY 2022 ini dibanderol 20,800 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 46,4 jutaan. Terbilang murah untuk ukuran skutik 250cc, tapi tentunya harga tersebut masih dalam kondisi off the road di negeri Tiongkok. Dan motor yang hadir guna menghadang eksistensi Longjia XDV250 ini dijual dalam 5 pilihan warna. Semoga kepengen…

Sumber : Baidu.com
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!