QJMotor 600RR 2022, Moge 4 Silinder Yang Punya Wajah Baru

Warungasep.net – Coba sebutkan Moge 600cc bermesin 4 silinder? Gak terlalu banyak bukan? Yang kita tahu mungkin hanya CBR600RR, Yamaha R6 dan juga GSX-R600, padahal ada satu lagi moge di kelas Supersport 600cc yang bermesin 4 piston. Ini dia QJMotor 600RR 2022 yang mendapat beberapa facelift salah satunya di sektor tampilan dan juga fitur baru. Penasaran apa saja? Yuk kita kupas…

QJMotor merupakan pabrikan otomotif asal China yang perkembangannya meroket dalam waktu singkat. Bayangkan saja baru berumur kurang lebih dari 2 tahun tapi sudah bisa melahirkan 15 produk baru dan didominasi produk di segmen bigbike. Kenapa bisa sesukses ini? Alasannya karena QJMotor merupakan satu dari anak perusahaan QianJiang yang juga induk dari Benelli, sehingga beberapa produk QJMotor mengambil platform mesin yang sudah ada dari Benelli.

Salah satunya ya motor yang kita bahas di artikel ini, Moge Supersport QJMotor ini mengambil basic mesin dan rangka dari moge naked Benelli TNT600, Dikarenakan Benelli tidak lagi memproduksi moge sport fairing bike, maka memudahkan jalan bagi QJMotor ini untuk masuk ke segmen ini. Tapi dari beberapa sumber, seperti media Inggris Bennets.co.uk mengungkapkan jika di masa depan, ada kemungkinan model QJMotor 600RR akan menjadi produk Supersport Benelli, karena untuk saat ini QJMotor hanya memasarkan produknya di pasar domestik China saja, sedangkan untuk pasar global, tak sedikit produk mereka direbadge pabrikan lain. Bahkan diantaranya melakukan joint venture dengan pabrikan raksasa seperti MV Agusta Lucky Explorer yang berhasil menghadirkan moge adventure dan juga dengan Harley Davidson yang tengah mempersiapkan motor classic cruisser di kelas menengah.

Kembali lagi kita bahas QJMotor 600RR. Motor ini sebenarnya di pasar domestik China punya nama lain QJMotor SRG600 ada juga yang menyebutnya sebagai QJMotor GS600. Yang jelas motor ini melakukan debutnya pada tahun 2020 lalu, dan hanya butuh 2 tahun saja, motor ini melakukan life cycle produk dengan merubah beberapa bagian.

Perubahaan signifikan pada sosok 600RR ini antara lain di sektor headlamp, dimana desain headlampnya kini berubah lebih agresif, lebih tajam dan lebih terlihat futuristik, kalo boleh saya bilang sih desainnya ini mengadopsi desain adiknya yaitu QJMotor R350, dengan ciri khas dual headlight projie LED dengan air scoop dibagian tengah yang punya kemiripan dengan BMW S1000RR.

Dan untuk mengikuti trend motor ini diberi tambahan winglet, dan ternyata bukan cuma menambah estetika saja, winglet pada motor ini juga diklaim membuat motornya lebih efektif secara aerodinamis, menambahkan 5 hingga 6kg downforce pada 93mph (150km/jam) dan meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Perubahaan lainnya juga terdapat pada desain body samping yang lebih menyiku dan terlihat padat, serta bagian body belakang yang dibuat 50mm lebih tinggi dari sebelumnya sementara jok pengemudinya dibuat lebih rendah 10mm, dan bodywork baru telah memotong 2kg dari berat motor, yang walaupun masih terbilang berat untuk motor supersport karena memiliki bobot hingga 213 kg dan kapasitas tangki yang muat 18 liter BBM. Dan yang paling keliatan adalah desain knalpot yang bukan lagi menganut model underbelly seperti sebelumnya.

Dari segi fitur elektroik, motor ini punya fitur unggulan panel speedometer TFT warna yang bisa connect smartphone, kemudian lampu serba LED, baik lampu depan, rem, DRL hingga lampu seinnya, terdapat juga USB Type-C socket charger. Dan tentunya fitur-fitur lainnya yang membuatnya terlihat lebih moge banget, diantaranya double front disck brake dengan kaliper rem Radial dari Brembo, suspensi depan Upside down dari KYB dan juga sudah pakai ABS dual channel.

Untuk segi performa, jelas motor ini diberi peningkatan dimana jika sebelumnya memiliki power maks diangka 60 Kw kini meningkat hingga 65 Kw atau setara 87,1 Hp pada putaran 11500 rpm dan torsi diangka 56 Nm pada 10600 rpm. Platform mesinnya sama seperti TNT600 yakni bermesin 600cc 4 silinder DOHC berpendingin cairan. Motor ini punya tinggi jok yang cukup rendah yakni 790 mm dan ukuran ban 120/70 dibagian depan dan 18,/55 dibagian belakang dengan ukuran velg 17 inch.

Terakhir, untuk harga Benelli ehhh QJMotor RR600 2022 ini dibanderol 49,999 Yuan atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 110.000.000 ya, masih lebih murah dari harga ZX-25R 2022 lah ya, hehe… Dan apakah benar motor ini akan direbadge jadi Benelli Tornado 600 di masa depan? Kita tunggu saja…

Sumber foto : Baidu.com (maaf, saya kasih watermark biar gak dicolong oknum tukang copas artikel 😀 )
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!