QJMotor Sai 250R 2022 Kini Pakai Mesin 250cc 2 Silinder, Tapi Powernya Lebih Kecil?

Warungasep.net – Biasanya facelift motor baru ini berupa perubahan minor, tapi beda dengan QJMotor, mereka mengupdate motor baru dengan menambah silinder mesin. Ya, inilah QJMotor Sai 250R versi 2022 yang rilis bulan Maret lalu, tak hanya ganti model body dan rangka saja tapi juga upgrade mesin menggunakan mesin 2 silinder.

Gimana? Ganteng banget bukan untuk ukuran motor China? Nah, perlu pemirsa ketahui jika QJMotor ini mengikuti jejak Kawasaki atau juga Honda yang punya 2 model platform di kelas 250cc yang berkonfigurasi 1 dan 2 silinder(Kawasaki sebenarnya punya 3 sih dengan versi 4 silinder).

Di tahun sebelumnya, QJMotor masuk ke segmen pasar sport fairing di kelas 250cc dengan menghadirkan produk yang diberi nama QJMotor Sai R250. Namun, motor tersebut menggunakan mesin 250cc 1 silinder, belum cukup kuat untuk memikat konsumen, tapi punya keunggulan dari segi kaki-kaki yang sudah menggunakan model single arm.

Baca : QJMOTOR R250 2021, Sport Fairing 250cc Single Arm Harganya Cuma Rp. 44 Jutaan!

Nah, untuk itulah Qiang Jiang Motor yang juga merupakan induk perusahaan Benelli ini menambah line up produk di segmen 250cc dengan menghadirkan motor sport fairing berkonfigurasi mesin 250cc 2 silinder, yang punya keunggulan dari suara mesin yang lebih stero dibanding yang satu silinder yang sudah main stream banget disana.

Tapi, QJMotor Sai R250 ini juga sebenarnya bukan produk facelift, karena sebenarnya QJMotor menghadirkan 2 line up produk di segmen 250cc secara bersamaan, yakni Sai 250R 1 silinder dan Sai 250R 2 silinder. Mengusung nama yang sama tapi dengan konfigurasi mesin yang berbeda.

Untuk lebih detailnya kalian bisa lihat dibawah ini :

QJMotor Sai 250R 2022 Youth Edition

Modelnya masih sama dnegan versi sebelumnya, namun dengan perbedaan dari model swing arm belakang dimana jika versi sebelumnya menggunakan model pro arm atau single arm kini berubah menjadi model arm konvensional biasa.

Fitur unggulan juga masih dipertahankan seperti suspensi depan upside down, assist sleeper clutch, rem ABS dual channel juga lampu serba LED dengan dual lampu yang agresif dengan eksterior lubang udara dibagian tengah yang memperkuat kesan estetika desain sportnya.

Tipe ini mengusung mesin 249cc 1 silinder DOHC 4 klep berpendingin cairan. Powernya mencapai 20.5kW atau setara 27 Hp pada putaran  9500 rpm, torsi maksimum 22,5Nm pada 7250 rpm. Keunggulan lainnya tangki bahan bakar 12,5L, ketinggian kursi 780mm, Beratnya 159kg dengan ukuran ban 110/70 didepan dan 140/60 dibagian belakang dengan ukuran velg 17 inch. namun sayangnya panel speedometernya masih pakai LCD biasa.

Untuk harganya motor QJMotor 250cc 1 silinder ini dibanderol 17,999 Yuan atau setara Rp. 40,4 jutaan dan masih off the road, ya tidak jauh beda dengan harga Kawasaki Z250SL atau yang kemarin rilis di Indonesia, Suzuki Gixxer 250SF yang sama sama mesinnya satu piston.

QJMotor Sai 250R 2022 2 silinder

Namanya sama, tapi mesinnya berbeda… Varian ini mesinnya yang ini 249cc 2 silinder 8 klep berpendingin cairan. Powernya 19.2kW atau setara 26 Hp pada putaran 8500 rpm dan torsi maksimum di angka 24,1Nm pada 6500 rpm. Lah, kok powernya malah lebih rendah ya?

Alasannya, karena bobot yang versi ini ternyata lebih berat mencapai 175 kg, dan ternyata struktur rangkanya pun berbeda. Yang ini katanya walaupun lebih berat dan lebih kokoh tapi justru lebih stabil dan juga lebih minim getaran. Ya walaupun memang dari segi performa memang lebih rendah, tapi konsumen domestik di negeri Tiongkok sendiri katanya kebanyakan lebih menginginkan suara yang merdu daripada performanya. Ya, mirip-mirip konsumen di negeri +62 sih kayaknya, hehe…

Untuk fiturnya, punya tangki bahan bakar 14 liter, tinggi jok yang rendah 790mm, dan juga  rem ABS dual-channel, serta assist slip clutch sebagai standar.motor ini sama-sama menggunakan suspensi depan Upside down dan swing arm belakang melengkung sehingga terlihat moge look. Lampunya sudah serba LED dengan dual headlamp yang sporty. Oh ya walaupun model lampunya terlihat mirip dengan versi 1 silinder tapi ada perbedaan dari sktor body samping dan juga body belakang yang lebih racy.

Terakhir, untuk harganya dibanderol mencapai 25,999 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 58,4 Jutaan. Terbilang lebih mahal karena selain mesinnya yang 2 silinder juga versi ini sudah pakai model speedometer TFT warna yang sudah terkoneksi dengan smartphone… wuiih canggih ya, tapi lemot… Mayan lah, semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!