Aprilia GPR250S 2022, Inilah Tuono 250cc Buatan Zongshen

Warungasep.net – Bagaikan dua sejoli, setiap pabrikan selalu punya 2 diversifikasi model sepeda motor. Kawasaki punya Ninja untuk varian sport fairing dan Z series untuk naked streetbike-nya, Yamaha punya R series dan MT-series, dan Honda punya CB dan CBR series. Bagaimana dengan Aprilia? Pabrikan Eropa yang satu ini juga punya dua varian setip produk motor sportnya, seperti Aprilia RS660 dan juga Tuono 660. Tapi ada ada pengecualian untuk salah satu produknya yang kita bahas di artikel ini, khususnya untuk segmen sport 250cc, mereka Aprilia tidak menggunakan nama RS dan Tuono, melainkan nama GPR series. Aprilia punya produk motor sport fairing 250cc yang diberi nama Aprilia GPR250R, tapi untuk nakednya bukan nama Tuono yang diusungnya, tapi nama lain. Inilah Aprilia GPR250S 2022, Aprilia Tuono 250cc Buatan Zongshen yang dijual dipasar domestik Tiongkok.

Bentar, Aprilia ini pabrikan Italia atau China sih sebenarnya? Nah, buat yang belum tahu, Aprilia yang merupakan anak perusahaan Piaggio yang asli Italia melakukan joint venture atau kerjasama bisnis dengan pabrikan China, Zongshen. Kolaborasi mereka telah menghasilkan beragam macam produk, khususnya menyasar segmen motor kelas kecil dan juga skutik, beberapa diantaranya sudah saya bahas diantaranya Aprilia SR-Max 250 atau Aprilia Terra 150 dan Aprilia GPR150 .

Nah, untuk Aprilia GPR250R sendiri bisa dibilang Aprilia RS250 yang punya nama domestik. Kenapa tidak mengusung nama RS, kemungkinan karena motor ini tidak pure produk Italia, dan ada campur tangan China, dan toh motor ini juga gak dijual di Eropa, hanya dipasar Asia saja, sekitaran China, Bangladesh dan sekitarnya. Sepertinya itu juga alasan kenapa tidak mengusung nama Tuono, melainkan GPR250S.

Tapi untuk desainnya tentunya kental banget aura Aprilia-nya, terutama bagian moncong depan dengan desain triple headlight yang khas, frame-nya Deltabox aka twin spar yang membuatnya tampil kekar dan mogelook. Tak hanya itu, bagian kaki-kaki juga gambot banget dipadukan dengan swing arm alumunium dan suspensi depan Upside down.

Berbeda dengan motor bergenre street naked pada umumnya yang menggunakan headlamp terpisah, dan body telanjang. Aprilia GPR250S ini justru tidak jauh berbeda dengan motor sport fairing, bedanya cuma fairingnya yang cuma setengah alias model half fairing juga pada bagian stang kemudi yang lebih tinggi sehingga lebih ergonomis dan juga jok model tandem yang bisa dipakai untuk boncengan. Perbedaan lainnya terdapat pada spion yang letaknya di setang, bukan di depan fairing.

Untuk spek mesinnya, Aprilia GPRS 250cc ini mengusung mesin 249,2 cc DOHC 4 klep 1 silinder dan pakai system injeksi dari Bosch EFI, powernya mencapai 20.5kw (setara dengan 28Ps Hp) pada 9000 rpm dan Torsi maksimum di angka 21,5N·m pada 7500 rpm. Walaupun 250cc, tapi material rangka dan yang lainnya, membuat bobotnya cukup ringan yakni cuma 145kg saja.

Lanjut ke bagian fitur, selain suspeni depan Upside down 41mm, motor ini juga sudah dilengkapi floating disc brake dengan rem ABS, sayangnya kalipernya bukan tipe radial. Untuk system elektronik motor pesaing Suzuki Gixxer 250 dan juga Yamaha FZS 25 ini sudah dilengkapi lampu serba LED dan juga panel speedometer full digital.

Terakhir, harga Aprilia Tuono 250 aka GPR250S ini dibanderol 24,800 Yuan atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 55,7 Jutaan dan dijual dalam 2 pilihan warna antara lain hitam dan juga merah… wah lebih mahal dari harga Gixxer 250SF di Indonesia dong ya, hehe… semoga kepengen.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Aprilia Buatan China, Modelnya Keren Sih Gan

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!