Yamaha Tricity 125 2022 Rilis di Eropa, Skutik Roda Tiga Yang Punya Mesin Baru

Warungasep.net – Awal Mei ini ada motor baru yang rilis di Eropa, inilah Yamaha Tricity 125 2022. Skutik unik yang punya roda tiga yang ternyata kini sudah upgrade dengan mesin dan juga rangka baru. Bagaimana dengan desain dan fiturnya, apakah ada yang baru? Yuk kita simak, apa saja perubahan pada sosok kembaran Yamaha Tricity 155 untuk pasar Eropa ini.

Butuh lebih dari 7 tahun sepertinya untuk Yamaha mengupdate skutik ini. Yamaha Tricity menjadi motor skutik roda tiga pertama yang diproduksi masal. Motor ini memiliki system 2 roda depan dengan suspensi independent atau yang punya nama patent LMW atau Leaning Multi Wheel yang juga digunakan oleh Moge Yamaha Niken.

Bicara soal desain, sepertinya tidak banyak perubahan yang ditawarkan oleh Yamaha untuk Tricity versi 2022 ini. Secara keseluruhan gak ada yang beda dengan versi sebelumnya, namun ada beberapa detail yang dirubah, seperti windshield yang dibuat lebih lebar, kemudian walaupun model lampunya masih sama tapi punya reflektor baru yang diklaim lebih terang dengan jangkauan yang lebih luas. Sedangkan untuk desain body, baik model body depan, body belakang termasuk desain stoplampnya masih sama.

Yang baru pada sosok Tricity 125cc versi 2022 ini menggunakan model frame baru sehingga berimbas pada beberapa bagian diantaranya area floorboard yang lebih luas, motor ini juga menjadi lebih panjang dari semula 1980 mm menjadi 1995 mm, begitu juga dengan sumbu rodanya yang lebih panjang 60mm, tinggi jok juga berubah dari 780 menjadi 785mm berkat suspensi belakang yang sedikit lebih tinggi dan diklaim lebih nyaman, dan bahkan menjadi lebih berat 4 kg dari versi sebelumnya, perubahan rangka tersebut membuatnya mengalami peningkatan kekakuan dan lebih stabil ketika dipakai boncengan.

Dari segi fitur juga ada beberapa yang baru, diantaranya panel speedometer yang kini bisa terkoneksi dengan aplikasi di smartphone juga kunci kontaknya pakai model smartkey alias pakai remote. Sayangnya motor ini belum tersedia socket charger, fitur yang menjadi standar banget di matic kekinian, Spionnya malah lebih futuristik yang versi lawas. dan juga tanpa rem ABS, digantikan dengan rem Unified Braking System atau UBS, CBS versi Yamaha.

Lanjut ke bagian mesin, walaupun bisa dibilang Tricity ini adalah diversifikasi daripada Yamaha Nmax 125, tapi mesinnya gak sama plek dengan Nmax, ada beberapa perbedaan dintaranya tanpa adanya Traction Control. Tapi jelas mesinnya benar-benar baru termasuk penggunaan Start Generator Control Unit yang kini punya fitur Stop-Start System atau SSS. Mesinnya masih 125cc 4 klep berpendingin cairan yang mampu mencapai power maksimum diangka  9 Kw pada 8000 rpm dan torsi 11,2 Nm pada 6500 rpm. Punya kapasitas tanki yang muat 7,2 liter dan kaki-kakinya menggunakan 2 buah ban depan dengan ukuran 90/80-14 inch dan 130/70-13 inch dibelakang yang kesemuanya rodanya masing-masing punya rem cakram.

Terakhir, untuk harga Yamaha Tricity 125 versi 2022 ini belum diumumkan, dan sepertinya model baru ini juga akan menjadi rujukan bagi Yamaha Tricity 155 yang sempat dijual di Indonesia. Dan motor ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna abu-abu gurun atau Sand Grey, kemudian warna biru dan satu lagi warna matte grey, berikut foto studionya :

Oh ya, motor roda tiga bukanlah patent Yamaha, banyak pabrikan lainnya yang juga produk serupa, penasaran apa saja? Berikut info lengkapnya :

Baca : Bukan Becak, Inilah 9 Motor Roda Tiga… Dua Didepan Satu Dibelakang

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!