Jupiter MX Facelift Didaftarkan Patentnya di Indonesia, Tanda-tanda Mau Rilis?

Warungasep.net – Produk baru Yamaha yang akan rilis di Indonesia itu memang sangat mudah diprediksi, selain bocoran spyshots yang biasanya tertangkap kamera saat tes di jalanan umum, bocoran produk Yamaha juga bisa kita lihat di situs patent. Ingat dulu waktu sebelum Nmax facelift rilis, patentnya didaftarkan setahun sebelumnya (baca : Gambar Patent Nmax Facelift ), kemudian Yamaha Fazzio, saya sudah lebih dulu bahas tentang patentnya dan bahkan jauh sebelumnya, Yamaha sudah lebih dulu mendaftarkan nama produknya (Baca : Yamaha Mio Fazzio, Mio Apa Lagi Ini? ). Dan kali ini Yamaha kepergok mendaftarkan patent desain motor baru yang bergenre motor bebek. Dan motor ini diduga adalah Yamaha Jupiter MX Facelift, seperti ini penampakannya :

Pihak Yamaha Jepang, dalam hal ini Yamaha Hatsudoki Kabushiki Kaisha atau Yamaha Motor Co., Ltd. yang beralamat di Iwata-shi, Shizuoka, Jepang menjadi pemegang hak patent dari desain yang didaftarkan di Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Dan bahkan desain itu dimulai perlindungannya pada 30 September 2021 dan baru diketahui sekarang, hehe…

Dengan munculnya desain tersebut, muncul spekulasi jika Yamaha sepertinya ingin membangkitkan lagi motor bebek di Indonesia. Perlu kalian ketahui jika Yamaha hanya punya 3 line up motor bebek di Indonesia, Yamaha MX-King, Yamaha Jupiter Z1 dan satu lagi yang mengisi kelas entry yaitu Yamaha Vega Force 115. Dan apa mungkin mereka ingin menambah lagi, untuk memperkuat segmen motor bebek, atau mungkin ada salah satu yang didiscontinue?

Tapi bisa jadi jika gambar patent tersebut hanya didaftarkan patentnya untuk melindungi pembajakan desain, karena gak sedikit produk yang mereka daftarkan, terutama dari pabrikan Jepang gak pernah diproduksi masal, kebanyakan sih dari produk Honda. Tapi, melihat jejak Yamaha, setiap produk yang mereka daftarkan, selalu diproduksi dan dijual. Jadi cukup optimis sih.

Nah, buat yang penasaran dengan sosok gambar patent tersebut sebenarnya kita sudah ketahui jika motor tersebut adalah Yamaha Jupiter MX facelift yang rilis awal tahun ini di Malaysia dengan nama produk Yamaha 135LC. Buat yang belum tahu cekidot :

Baca : Yamaha 135LC 2022, Inilah Jupiter MX Facelift Yang Sudah Injeksi

Desainnya berubah dari Jupiter MX 135 yang pernah eksis satu dekade lalu, lampunya sudah pakai LED, panel speedo sudah full digital, lampu seinnya juga lebih agresif dan secara keseluruhan lebih sporty. Mesinnya masih 135cc, tapi sudah upgrade jadi berpengabut injeksi, bedanya yang dijual di Malaysia justru masih pakai kopling automatic kayak motor bebek konvensional, bakal sangat menarik jika yang dijual di Indonesia nanti punya 2 varian, kopling manual dan automatic seperti masa kejayaan Yamaha dulu, kita tunggu saja…

Sumber ; Aripitstop.com
Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Tanda Tanada Yamaha Akan Rilis Bebek 150 Baru, Gak Sabar Nih

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!