Motor Listrik TVS iQube 2022 Punya Fitur Touchscreen Speedometer

Warungasep.net – Selain China dan Taiwan, motor listrik juga berkembang pesat di negara India. Pokonya sudah selangkah lebih maju dari Jepang maupun Eropa. Dan untuk semakin membuatnya kompetitif TVS Motor Company merilis skuter listrii baru yaitu TVS iQube 2022 yang kini makin banyak varian dan juga dijejali fitur baru yang lebih canggih.

Kini TVS menjual 3 tipe iQube versi 2022 yang diantaranya tipe teratas yang diberi nama TVS iQube ST, kemdian TVS iQube tipe S, dan satu lagi tipe standar. Total ada 11 pilihan warna menarik dengan fitur dan spek mesin yang berbeda.

TVS iQube ST

Untuk tipe tertinggi atau tipe ST, skutik ini punya jangkauan hingga 145 km dalam sekali ngecas yang butuh waktu selama 4 jam saja untuk bisa sampai terisi penuh, dan topspeednya bisa mencapai 82 km per jam. Untuk tipe ini harganya belum diumumkan, dan warnanya pun serba matte dengan perbedaan desain velg yang lebih sporty.

Kemudian tipe S, tipe penengah punya jangkauan hingga 100 km per jam jika dalam kondisi baterai peniuh, tipe ini dibanderol 108,690 Rupee atau sekitar Rp. 20,5 jutaan. Sedangkan untuk tipe termurah dibanderol 98,654 Rupee atau sekitar Rp. 16jutaan untuk harga on the road Delhi. Untuk tipoe ini disebut tipe standar, dengan spek yang lebih rendah yakni jangkauan 110 km per jam dan topspeed cuma 78 km per jam saja.

Yang menarik, semua varian TVS Iqube diberikan fitur canggih seperti lampu serba LED, termasuk lampu depan LED, DRL led dibagian stang, USB charger dan kesemuanya sudah dilengkapi fitur panel speedometer TFT warna, bedanya untuk tipe standar layar TFTnya berukuran 5 inch, untuk tipe S 7 inch, dan yang jadi perbedaan untuk tipe teratas diberi layar TFT 7 inch yang bisa disentuh alias touchscreen.

Semua varian bisa terkoneksi dengan smartphone lewat fitur SmartXonnect, fitur yang dikembangkan sendiri oleh TVS yang punya keunggulan yang memudahkan pengguna mengetahui lokasi skuter mereka lewat geofencing. Bisa juga mengetahu status pengisian daya jarak jauh dan peringatan panggilan masuk. Pengguna juga dapat mengakses berbagai statistik menarik tentang perjalanan mereka seperti kecepatan tertinggi, kecepatan rata-rata, perjalanan jarak jauh, dll. wah lebih canggih dari Y-connect Yamaha dong ya, hehe…

Bicara sodal desain, TVS iqube ini begitu special dan unik. Kini sepertinya model skutik India mulai berubah, dari semula bentuknya kayak “Odong-odong” yang memang menjadi trend model yang menjadi selera bikers sana, sekarang lebih terlihat menarik dari segi visual. Walapun desain fisiknya masih agak terlihat gemuk, tapi kombinasi antara desain body dan ukuran ban-nya mulai terlihat proporsional dan memiliki garis desain yang tegas dan lebih berkarakter.

TVS iQube 2022

Desain yang futuristik tentu menjadi syarat akan model yang sesuai trend sepeda motor kekinian, apalagi untuk skuter listrik yang notabene-nya merupakan calon kendaraan masa depan, dan tentu hal tersebut tertuang dari skuter listrik TVS ini. Pemirsa bisa lihat, dekorasi desain headlamp, lampu sein, DRL juga stoplampya benar-benar memvisualisasikan motor masa depan. Berbeda dengan motor skutik India yang memang selalu terlihat aneh, apalagi menurut pandangan selera bikers di tanah air, hehe…

Lanjut kita bahas mesin listriknya, tentu sebuah kemajuan bagi pabrikan India yang sudah melakukan transisi dari mesin bensin konvensional ke mesin ramah lingkungan. Yupz, mesin TVS iQube ini memiliki mesin listrik berdaya 4,4 KW, Yang menarik memiliki 2 buah baterai dengan kapasitas daya 2,25 kilo Watt yang dapat di isi ulang menggunakan Charger dengan Arus 5A sehingga bisa dicas di rumah atau di tempat umum lainnya.

Oh ya, di India sana motor listrik sudah semakin banyak dan kompetitif, selain dengan produk lokal seperti Bajaj dan Hero, mereka juga harus menghadapi persaingan dari pabrikan China. Beberapa rival TVS iqube ini sudah saya bahas diantaraanya :

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!