Hasil dan Klasemen FIM JuniorGP Valencia 2022, Arbi Aditama Dapat Poin Pertamanya

Warungasep.net – Jika Mario Aji sudah naik kelas menjadi pembalap Moto3, naah tempatnya di balapan JuniorGP (Sebelumnya CEV Repsol Moto3) kini digantikan oleh pembalap asuhan AHM yaitu Fadilah Arbi Aditama. Dan sama seperti Mario, Arbi juga menampilkan talentanya yang lumayan. Ya walaupun belum mempersembahkan podium, tapi pembalap muda asal Jawa Tengah ini menampilkan peningkatan. Bahkan di balapan FIM JuniorGP Valencia 2022 yang merupakan seri kedua di musim ini, Arbi berhasil mendapatkan poin pertamanya.

Arbi yang tergabung di team AHRT ( Astra Honda Racing Team ) tersebut finish di posisi ke-15 pada balapan kedua putaran 2 kejuaraan dunia junior Moto3 itu, yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (22/5).

Start dari posisi ke-20, Arbi melesat beberapa posisi. Pada awal balapan, pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut terlibat insiden dengan pebalap lain yang membuatnya melebar di tikungan 11. Namun, pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) kebanggaan Indonesia tersebut mampu melakukan recovery dengan cepat, berjibaku, mempertahankan posisi, dan berhasil meraih 1 poin penting.

”Pada balapan kedua, start saya juga tidak terlalu buruk. Saya berusaha bertahan di grup kedua, tetapi pebalap lain menabrak dan saya kembali melebar. Saya berusaha bangkit dan akhirnya berhasil meraih poin perdana musim ini. Saya merasa semakin nyaman dengan motor dan harapannya pada balapan berikutnya bisa mencatat kemajuan lagi,” ujar Arbi.

Balapannya sendiri dimenangkan oleh pembalap asal Spanyol, Jose Rueda yang berhasil menyentuh garis finish pertama bersama Filippo Farioli dan David Salvador. Berikut hasil lengkapnya :

Hasil Race 2 FIM JuniorGP Valencia 2022

Sebelumnya, pada balapan pertama, Arbi hampir saja meraih poin, finish ke-16 dengan hanya terpaut kurang dari sepersepuluh detik dari posisi ke-15. Start dari posisi ke-18 (terdapat dua pebalap terkena penalti), Arbi sempat bersenggolan dengan pebalap lain dan tidak bisa mempertahankan posisi. Meskipun berhasil kembali naik pada lap-lap terakhir, namun dirinya belum berhasil meraih poin.

Hasil tersebut menjadikan motivasi tersendiri untuk Arbi, terlebih, tahun ini adalah musim perdananya beranjak ke Eropa, mewakili Bangsa Indonesia bersaing di kejuaraan dunia level junior. Perjalanan masih panjang,, karena kejuaraan masih menyisakan enam seri dengan total sembilan balapan.

Andy Wijaya, GM Marketing Planning & Analysis AHM, mengapresiasi semangat juang Arbi yang berhasil merebut poin perdana musim balap tahun ini. Meski minim pengalaman lomba di sirkuit ternama bersama pebalap hebat lain dari seluruh dunia, perjuangan Arbi menunjukkan perkembangan positif.

”Dalam membina pebalap agar mendapatkan performa terbaik dan dapat bersaing di kancah dunia, kami di PT Astra Honda Motor percaya pada proses. Arbi menunjukkan hal tersebut dan kami berharap dirinya terus konsisten memperbaiki performa dan membanggakan nama Bangsa indonesia,” ucap Andy.

Dengan hasil tersebut membuat nama Arbi tampil di jajaran pembalap yang berhasil mendapat poin di 3 race perdana dan 2 seri di musim 2022 ini. Arbi mengoleksi 1 poin dan berada di urutan ke-22. Pemimpin klasemen di kelas ini adalah  Jose Rueda yang berhasil mengoleksi 58 poin, bersaing ketat dengan David Salvador dan Alonso. Oh ya, dibalapan ini juga ada pembalap asal Asia lainnya yang ikut berlaga, diantaranya ada pembalap Thailand Tatchakorn Buasri dan juga Syarifudin Azman asal Malaysia.

Hasil Klasemen JuniorGP 2022

Putaran FIM JuniorGP berikutnya akan berlangsung pada 12 Juni 2022 di Circuit de Catalunya-Barcelona, dengan dua balapan yang dijadwalkan. Tentunya, doa dari seluruh elemen bangsa, dukungan penuh AHM, dan kerja keras Arbi, diharapkan mampu mengantarkan pebalap muda tersebut meraih hasil maksimal. Mantap…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!