Tampilan Baru Kawasaki ZX-6R 2023, Eksklusif Hanya di Amerika Saja?

Warungasep.net – Ada kabar jika motor yang kita bahas ini akan didiscontinue, bahkan di Eropa motor ini sudah tidak tersedia lagi di website resminya. Tapi, inilah Kawasaki ZX-6R 2023 yang ternyata secara eksklusif hadir di negeri Paman Sam, Amerika. Lalu apa saja yang berubah pada sosok Supersport Kawasaki ini?

Tidak ada perubahan, dari segi desain, spek dan fiturnya. Moge 600cc 4 silinder Kawasaki ini masih sama seperti sebelumnya. Yang baru hanya sebatas varian warna baru saja, dimana untuk versi 2023 Kawasaki ZX6R terbaru ini punya varian warna baru yang bernama Metallic Matte Twilight Blue / Metallic Diablo Black yaitu kombinasi warna teal atau biru tua yang dipadukan dengan warna hitam dengan striping minimalis berwarna kuning. Ini menjadi trend warna tahun 2023 untuk Kawasaki, karena sebelumnya ada Kawasaki Z400 dan juga Ninja 650 sudah mengaplikasinanya.

Warna terbaru ini untuk melengkapi varian warna versi 2022 yang sudah ada sebelumnya yakni Metallic Matte Graphenesteel Gray / Metallic Diablo Black yakni warna abu. Sedangkan untuk livery KRT versi 2020 seperti yang ada di Indonesia sepertinya sudah gak dijual lagi.

Perlu kalian ketahui jika ZX-6R menjadi salah satu dari 4 Kawasaki ZX series yang dijual global, selain ZX-14R, lalu ZX-10RR yang langganan juara di ajang WSBK, ZX-6R yang kita bahas kali ini masuk ke dalam kelas Supersport dan ZX25R yang kemarin bikin heboh menjadi ZX series terkecil yang sepertinya hanya dijual di daerah Asia Pasific saja.

Desain dari motor ini memiliki wajah yang sama satu sama lain, dengan dual headlamp LED, dan ditengahnya terdapat air scoop. Moge Kawasaki ini mengalami perobakan desain sejak 3 tahun lalu, berubah bagian side fairing menjadi lebih ramping dan aerodinamis juga desain buritan yang lebih sporty dan tajam.

Untuk spesifikasi, pesaing Yamaha R6 , Suzuki GSX-R600 dan CBR600RR ini mengusung mesin 636cc 4 silinder inline DOHC berpendingn cairan, powernya mencapai power puncak diangka 130 PS pada 13,500 rpm bahkan bisa meningkat hingga 136 PS ketika mengoptimalkan Ram Airnya dan torsi diangka 70.8 Nm pada 11,000 rpm.

Sedangkan untuk fitur moge yang punya nama lain Ninja ZX 636 ini lebih lengkap dan lebih canggih dari pendahulunya, sebut saja KQS (Kawasaki Quick Shifter), Rem ABS KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System), KTRC (Kawasaki TRaction Control), Suspensi depan Upside down dari SHOwa dengan SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston), LED Hedlight dan Tailight, Speedometer kombinasi Analog dan Digital, Assist & Slipper Clutch, Ban Bridgestone Battlax Hypersport S22 dan ada aksesories tambahan berupa Öhlins steering damper juga Frame Slider…

Terakhir, harga Kawasaki ZX-6R MY 2023 ini dijual di Amerika dengan banderol $ 10,999 atau jika dikonversikan kedalam rupiah ya sekitar Rp. 160jutaan. Lebih murah dari harga ZX6R di Indonesia yang mencapai 2 kali lipatnya yakni Rp. 327 jutaan, karena pajak tentunya, hehe… Nah, kira-kira warna baru Supersport Kawasaki ini akan juga dibawa ke Indonesia? Atau cuma ekslusif di Amerika saja? Karena melihat website resmi Kawasaki Jepang dan Thailand saja mereka masih menjual versi lawas. Kita tunggu saja…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!