Bicose Yinwei Real 5T 2022, Skuter Listrik Dengan Kamera Depan!

Warungasep.net – Desain motor listrik kebanyakan bentuknya unik dan futuristik dan tentunya makin kompetitif karena kini banyak pabrikan unjuk gigi dengan menghadirkan inovasi, salah satunya adalah anak perusahaan Loncin yaitu Yinwei merilis motor listrik baru yang tak hanya menghadirkan teknologi, tapi juga estetika desain yang lebih terlihat aerodinamis dan juga futuristik. Salah satu fitur yang unik dari motor baru ini adalah punya fitur kamera depan. wuiih pengedaranya bisa riding sambil ngevlog nih, hehe…

Produk ini memiliki nama resmi Yinwei Real 5T, namun pada gambar yang dirilis tertulis emblem bertuliskan Bicose. Saya belum tau apa korelasinya terhadap nama tersebut, apakah mungkin produk ini akan direbadge oleh pabrikan lain dengan nama berbeda? Jadi kita sebut saja produk ini dengan nama Bicose Yinwei Real 5T.

Pertama kita bahas desainnya, Real 5T ini memiliki tampang yang bengis dan terlihat futuristik dengan dual headlight projie LED tanpa mika headlamp jadi terkesan terbuka. Bagian depannya tampak kaku dengan desain serba tajam, tapi dari bagian tengah kebelakangnya desainnya mengalir dan membulat. Dimensi motor ini tidak seperti motor listrik pada umumnya, tapi mengacu pada konsep motor maxi skutik yang gambot juga dengan ergonomi riding yang nyaman dan bisa dipakai untuk perjalanan jauh.

Untuk spek mesinnya, belum diumumkan karena motor ini belum dirilis secara resmi dan baru sebatas diperkenalkan untuk pasar Tiongkok. Menurut media Chunfhengxing.com motor ini diklaim bisa berakselerasi dari 0-50km per jam hanya butuh 3 detik saja, ini berarti torsinya seperti motor lisrik pada umumnya, jengat… Dan topspeednya bisa mencapai 100 km per jam, jadi kemungkinan tenaganya setara skutik 125cc.

Namun yang jelas motor ini menawarkan banyak keunggulan, selain ergonomi riding tentunya, motor ini punya mekanisme suspeni yang unik yaitu multi link yang posisinya horizontal dibagian samping. Dan untuk mengakomodasi kebutuhan touring, motor ini punya kapasitas bagasi yang luas 30 liter yang muat helm. Ini artinya motor ini sepertinya pakai baterai model fixed seperti Yamaha E01 yang kemarin rilis, gak seperti PCX Electric yang bisa swap baterai.

Dan yang unik dari motor ini adalah fitur kamera yang letaknya dibagian depan. Memang bukan Bicose atau Loncin yang pertama mengaplikasikan motor ini, karena sebelumnya fitur ini sudah digunakan oleh Dayang Vorei ADV150 di kelas skutik dan Zongshen RG3 di kelas motor sport, tapi Yinwei Real 5T ini sepertinya jadi yang pertama di segmen motor listrik.

Dengan hadirnya fitur tersebut bisa dikoneksikan dengan panel speedometer TFT warna yang mirip smartphone, posisinya bisa dilipat dengan tampilan dashbor bertema metal yang futuristik dan kokoh. Pada panel speedo ini lebih canggih karena bisa terkoneksi dengan bluetooth dan wifi, bahkan bisa melakukan navigasi secara online karena terhubung dengan jaringan 4G, seperti layaknya smartphone.

Jadi, makin banyak varian motor listrik ini membuktikan jika masa depan sudah dimulai. Kebanyakan pabrikan China/Taiwan yang justru selangkah lebih maju dari pabrikan Jepang. Hmm, jangan-jangan mereka akan menguasai dunia nih dengan motor listrik, layaknya pasar handphone saat ini, ngeri juga ya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!