Warungasep.net – Kebanyakan motor listrik yang diproduksi masal itu bergenre skutik, tak sedikit juga bergaya motor sport. Dan Energica menggebrak dunia dengan menghadirkan motor lisrik yang bergaya motor sport adventure touring. Inilah Energica Experia, yang bisa dibawa touring dengan jarak lebih dari 400 Km, atau setara dengan jarak Jakarta – Semarang dalam sekali ngecas…

Buat yang belum tahu, Energica adalah produsen motor listrik asal Italia yang menjadi salah satu brand pelopor sepeda motor gede bermesin listrik. Dan Energica juga namanya semakin mendunia karena menjadi pemasok tunggal sepeda motor listrik yang digunakan dikejuaraan balap Moto-E World Championship.

Saat ini Energica punya 2 produk global, dan diantaranya juga dijual resmi di Indonesia. Energica Ego yang bergenre sport fairing, motor inilah yang dipakai oleh Matteo Ferrari menjadi juara dunia Moto-E, dan satu lagi versi nakednya yakni Energica Eva.

Dan untuk melebarkan sayapnya, Energica menambah line up produk mereka dengan menghadirkan diversifikasi produk di segmen motor Grand Touring atau GT. Desainnya bisa kalian lihat, moge banget! Ya, karena sama-sama dari pabrikan Italia, Motor listrik ini sekilas mirip dengan Ducati Multistrada atau Mv-Agusta Veloce. Moge dengan moncong depan atau duck fender, rangka teralis, postur jangkung dan dilengkapi beragam aksesosies untuk akomodasi touring.

Bedanya, Energica punya dual headlamp projie fish eye yang memang menjadi ciri khas disemua produknya. Juga bagian mesin yang gak punya knalpot, karena ini motor yang tanpa ngisi bensin dan pakai baterai, hehe… Menurut situs berita Moto.it , Energica Experia ini mengusung motor listrik bertenaga 102 Hp dan 7.500 rpm dan Torsi 115 Nm pada 900 rpm, top speednya bisa mencapai 180 km per jam dan akselerasinya bisa mencapai 0-100 km per jam hanya dalam 3,5 detik.

Dibandingkan keduanya sodaranya, motor ini punya peningkatan dengan system PMASynRM (Permanent Magnet Assisted Synchronous Reluctance) Energica yang membuatnya lebih lincah dengan pengembangan rangka alumunium teralis yang lebih ringan. Tapi tetap saja, bobotnya yang mencapai 260 kg tentu lebih berat dari motor bensin konvensional. Energica Experia ini menggunakan baterai Polimer Lithium dengan kapasitas 22,5 kWh yang bisa dicas 0 hingga 80% dalam 40 menit dengan pengisi daya cepat level tiga dan beban maksimum 24 kW. Namun, dengan pengisi daya internal maksimal 3 kW, dibutuhkan sekitar enam setengah jam untuk pengisian penuh.

Yang menarik adalah jangkauannya, dimana Energica Experia ini dalam pengetesan WMTC bisa menjelajah sejauh 222 km dalam sekali ngecas. Bahkan untuk daerah perkotaan, motor ini bisa menjangkau lebih jauh lagi mencapai 420 km atau dengan kondisi luar dan dalam kota bisa mencapai rata-rata 256 km per jam.

Karena masuk kategori motor canggih, fiturnya pun tentu lebih lengkap terutama fitur elektroniknya. Motor ini memiliki keunggulan diantaranya :

  • eABS Cornering dari Bosch 9.3
  • Smart key system
  • 6 Riding Mode (Eco, Urban, Rain, Sport, dan dua yang dapat disesuaikan) dan hingga 4 mode regeneratif untuk mengisi daya baterai saat bepergian.
  • Punya gigi mundur untuk memfasilitasi manuver dari macet
  • Layar TFT warna lima inci lengkap dari mana kita akan mengontrol semua fungsi.
  • 2 soket USB empat output (dua di dekat speedometer dan dua di bawah jok).
  • Suspensi depan Upside down ZF Sach 43mm
  • Rem cakram dengan kaliper Brembo 330mm depan dan 240mm di bagian belakang
  • Ban Pirelli Scorpion Trial II dengan ukuran 120/70 17 depan dan belakang 180/55 17 inh.

Sayangnya, untuk banderol harga Energica Experia ini belum diumumkan, baru sebatas di rilis pada saat MotoGP Mugello Italia kemarin, rencananya motor ini akan mulai diumumkan dan mulai menerima pesanan pada bulan Juni ini. Dan siap-siap saja para sultan di tanah air nih, motor Touring bergaya adventure bermesin listrik sudah hadir… semoga kepengen!

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!