Hasil Motogp Catalunya 2022, Quartararo Juara! Aleix Blunder dan Gagal Podium

Warungasep.net – Motogp Catalunya 2022 berhasil dimenangkan oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartararo. Fabio berhasil finish pertama tak terkejar dari lap hingga akhir. Namun yang menarik adalah aksi bluder Aleix Espargaro, berhasil mempertahankan posisi 2, namun disisa 1 lap lagi malah melakukan selebrasi lebih awal karena mengira balapan telah berakhir. Alhasil, Jorge Martin yang menempati urutan ke-3 berhasil finish di P2 dan rekan setimnya Johann Zarco pun naik podium 3. Aleix pun nangis dipojokan gara-gara aksinya tersebut, namun mendapat banyak apresiasi, jika berhasil podium Aleix pun menjadi pembalap yang bisa podium berturut-turut. Tapi Aleix masih lebih beruntung dari Pecco, karena Pecco justru terjatuh di lap awal.

Aleix Espargaro blunder melakukan selebrasi saat balapan masih berlangsung

Jalannya balapan, Aleix yang merupakan pole siter langsung ngacir selepas start, namun ditikungan pertama disalip Fabio Q. Dan tragedi pun terjadi di tikungan tersebut dimana, Nakagami tergelincir dan membawa serta Alex Rins dan Pecco Bagnaia. Sangat disayangkan karena Pecco digadang-gadang bisa juara di sirkuit ini dan berupaya untuk mengejar perebutan poin.

Lap ke-2, Fabio Q masih memimpin, Aleix turun ke P3 setelah disalip Martin. Zarco 4, Mir 6 Pol 6. Lap ke-5 masih Fabio yang memimpin. Joan Mir dan Luca Marini berebut P5, dan Enea Bastianini menguntit dibelakang mereka.

Lap ke-8, Vinales mengincar posisi 7 dari Enea, sayangnya pembalap Gresini Racing asal Italia ini terjatuh. bahkan  di lap berikutnya rekan setimnya Fabio Digia menyusul main pasir gravel. Balapan yang kurang beruntung bagi para pembalap “Antangin” di sirkuit Barcelona ini.

Lap 10, Aleix Espargaro berhasil merebut P2 dari Martin. Fabio Q yang telah memperpanjang kontraknya dengan Yamaha hingga 2024 makin ngacir paling depan dengan gap 3,2 detik. Aleix mempertahankan P2 sampai ke lap 16, sedangkan di lap berikutnya Martin kembali ambil alih P2 dari Aleix. Zarco P4, Mir 5, Marini 6, Vinales di P7 didepan duo RedBull KTM. Eh ada Daryn Binder di P12 dibelakang Alex Marquez dan Miller.

4 lap tersisa, Aleix berhasil salip Martin lagi. Fabio berhasil membawa Yamaha semakin di depan dengan gap mencapai 5,7 detik dari Aleix yang menempati urutan ke-2. Dan drama terjadi di last lap, Aleix yang menempati urutan kedua mengira jika balapan telah berakhir, melakukan selebrasi. Alhasil, Jorge Martin dan Zarco menyalipnya. Aleix pun akhirnya nyadar jika balapan belum selesai dan langsung memacu motornya.

Aleix tertinggal hingga ke P6 dibelakang Marini, Aleix pun langsung memacu Aprilia RSGP miliknya, berhasil menyalip Desmosedici Luca Marini di depannya, namun sayang Aleix hanya finish di P5. Fabio Q pun finish pertama disusul duo Pramac, Martin kedua Zarco ketiga. Joan Mir pun berhasil menuntaskan balapan di P4. Lengkapnya kalian bisa lihat dibawah ini :

Hasil Race Motogp Catalunya 2022

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!