Suzuki Hayabusa Versi 2022 Punya 3 Warna Baru

Warungasep.net – Awal Juni kemarin Suzuki Japan mengumumkan model terbaru Suzuki Hayabusa versi 2022. Motor yang popular di dunia dengan julukan motor terkencang ini hadir dengan 3 tampilan kombinasi warna baru yang lebih fresh dan menjadi trendsetter Suzuki untuk semua model terbaru lainnya. Lalu apakah ada yang berubah dari Hyperbike yang punya nama lain Suzuki GSX-R1300 ini?

Tidak ada yang berubah dari moge GSX series terbesar di dunia ini, baik desain, spek dan fiturnya masih sama seperti yang mereka hadirkan tahun lalu. Suzuki Jepang menghadirkan 3 varian warna baru untuk model tahun 2022 diantaranya warna hitam yang kini tampil minimalis tanpa kombinasi warna, kemudian warna grey dengan perpaduan warna merah dan mereka masih mempertahankan varian warna putih, namun dengan perpaduan warna biru sehingga tampil lebih fresh dan masih memiliki aura khas Hayabusa dengan tulisan kanji Jepang yang sporty juga classic. Berikut foto studionya :

Suzuki Hayabusa 2022 Glass Sparkle Black / Matte Black Metallic
Suzuki Hayabusa 2022 Thunder Grey Metallic / Candy Darling Red
Suzuki Hayabusa 2022 Brilliant White / Pearl Bigger Blue

FYI, Hayabusa terbaru ini adalah generasi ketiga. Hayabusa gen pertama hadir di tahun 1999 dengan kubikasi hanya 1299cc, saat itu motor ini hadir ditengah persaingan di kelas Hyperbike dengan Honda CBR1100XX Blackbird juga Kawasaki ZX12R. Lalu gen kedua hadir satu dekade kemudian dengan peningkatan menjadi 1340cc, sayangnya peraturan yang semakin ketat, satu dekade kemudian Busa akhirnya dihentikan penjualannya.

Dan barulah di tahun 2021 kemarin, Suzuki menghadirkan kembali motor iconic mereka ini dengan desain baru, fitur baru dan juga mesin yang disesuaikan dengan regulasi Euro-5 terbaru, yang bertujuan supaya bisa dijual secara global terutama di benua Eropa yang semakin ketat.

Sebelumnya, Suzuki sempat mempertimbangkan mesin baru dengan kapasitas yang lebih besar, mesin 6 silinder sempat juga ada bocoran mengenai penggunaan turbocharger, tapi ternyata Suzuki memutuskan untuk tetap mempertahankan mesin yang sama dengan gen-2 yakni 1340cc berkonfigurasi 4 silinder. Sayangnya karena sudah Euro-5 alih-alih meningkatkan power, justru malah sebaliknya. Power motor ini justru turun dibandingkan versi sebelumnya.

Jika Hayabusa gen-4 yang masih Euro-3 powernya mampu mencapai 195 Hp, dicekik menjadi hanya 188 Hp pada puturan 9700 rpm dan torsi 150 Nm pada 7000rpm. Motor ini juga masih menggunakan model frame yang sama dan bobotnya berat banget mencapai 264 kg, turun sedikit dibanding versi sebelumnya yang sampai 268 kg. Lengkapnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi Suzuki Hayabusa 2022 :

Spesifikasi Suzuki GSX-R1300 2021
Kapasitas 1,340cc
Diameter x Langkah 81 x 65mm
Tata letak mesin Empat silinder segaris
Detail mesin Empat langkah, berpendingin cairan, DOHC
Kekuasaan 188 Hp (140kW) @ 9,700rpm
Torsi 110.6lb-ft (150Nm) @ 7.000rpm
Kecepatan tertinggi 186mph (terbatas)
Penularan Jaring konstan enam kecepatan
Konsumsi bahan bakar rata-rata 42.1mpg
Ukuran tangki 20 liter
Rentang maksimum untuk dikosongkan (teoritis) 190 mil
Rangka Rangka aluminium spar ganda dan lengan ayun
Suspensi depan KYB teleskopik terbalik, pegas koil, teredam oli
Penyesuaian suspensi depan Dapat disesuaikan sepenuhnya
Suspensi belakang Jenis tautan KYB, pegas koil, teredam oli
Penyesuaian suspensi belakang Dapat disesuaikan sepenuhnya
Rem depan Brembo Stylema®, 4-piston, cakram 320mm kembar
Rem belakang Nissin, 1 piston, cakram tunggal
Ban depan Bridgestone S22 120 / 70ZR17M / C (58W), tanpa tabung
Ban belakang Bridgestone S22 190 / 50ZR17M / C (73W), tanpa pipa
Rake / Trail 23 ° / 90mm
Ukuran 2.180mm x 735mm x 1.165mm (LxWxH)
Jarak roda 1,480 mm
Jarak bebas ke tanah 125 mm
Tinggi kursi 800mm
Batasi berat badan 264kg (basah)

Walaupun dari segi performa jelas gak bisa menjual dan bisa dibilang powernya dibawah spek Superbike. Suzuki memberikan value motor ini dari sektor lain, yaitu dari sektor desain. Hayabusa facelift masih mempertahankan desain khas dengan model serba gambot, membulat, dual muffler kiri kanan dan juga single headlamp khas GSX series. Bedanya shape desainnya menyesuaikan menjadi lebih modern dengan dibenamkan fitur-fitur baru.

Fitur-fitur baru Hayabusa diantaranya :

  • Lampu serba LED
  • Quickshifter naik/turun
  • Suzuki Drive Mode Selector Alpha (SDMS-α) menampilkan pilihan tiga mode pengaturan awal pabrik dan tiga mode yang dapat ditentukan pengguna.
  • Sistem Kontrol Traksi Trek Gerak (10 mode + MATI), Pemilih Mode Daya (tiga mode), Sistem Pemindahan Gigi Cepat dua arah (dua mode + MATI),
  • Sistem Kontrol Anti-wheelie (10 mode + MATI)
  • Sistem Kontrol Engine Brake ( tiga mode + OFF),
  • Pembatas Kecepatan Aktif,
  • Sistem Launch Control (tiga mode)
  • Sinyal Berhenti Darurat
  • Sistem Suzuki Easy Start
  • Bantuan RPM Rendah
  • Sistem Cruise Control,
  • Sistem Hill Assist
  • IMU enam axis
  • ABS cornering
  • Panel speedometer kombinasi 4 analog dan satu layar TFT digital berwarna.

Terakhir, harga Suzuki Hayabusa 2022 ini negara Jepang dibanderol 2.156.000 Yen atau jika dikonversikan kedalam rupiah setara dengan Rp. 240jutaan, itupun masih berupa off the road belum termasuk pajak dll. Sayangnya Suzuki Indonesia masih enggan atau belum memasukan moge Hyperbike iconic Suzuki ini ke Indonesia. Padahal cukup menarik dan marketnya pasti ada terutama cukup banyaknya konsumen loyalnya, walaupun sebagian memang masih suka beli 2nd juga sih, hehe… Monggo komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!