Warungasep.net – Yamaha Jepang merilis skutik baru yang diberi nama Yamaha X-Force 2022. Masuk kedalam kategori maxi skutik yang hadir sebagai pengganti produk yang sudah eksis sebelumnya yaitu Yamaha Majesti S yang kini mengusung konsep baru yang lebih sporty, lebih modern dan juga dijejali fitur-fitur canggih kekinian. Sayangnya jika versi lawasnya menggunakan model monoshock horizontal yang menjadi ciri khas, kini berubah menjadi model dual shock.

Yamaha sepertinya demen banget pakai nama “Force” di beberapa produknya yang tersebar di seluruh dunia. Sebut saja di Indonesia sempat hadir motor 2 tak Yamaha Force 1 aka F1ZR, yang versi modern bermesin 4 taknya yang diberi nama Yamaha Vega Force 115, jika kalian tengok ke website Yamah Filipina mereka punya produk Yamaha Force 115 juga yang mirip Jupiter Z1. di negeri Tirai Bambu ada skutik adventure bernama Yamaha Force-X 125, sedangkan di Taiwan ada facelift daripada Yamaha Smax yang diberi nama Yamaha Force 2.0 , Dan bisa dibilang yang hadir di Jepang ini adalah sama yang ada di Taiwan tapi dengan nama yang sedikit berbeda.

Bicara soal desain, konsepnya jelas sangat berubah jika Yamaha Majesty-S mengusung konsep yang lebih elegan dan futuristik, Yamaha X-Force justru lebih sporty dengan dual headlight, sekilas mirip dengan model Yamaha Tracer 900, punya windshield seperti maxi skutik Yamaha pada umumnya, body yang tajam dan minimalis tanpa spakbor yang digantikan mudguard ala-ala moge. Sayangnya suspensi belakangnya, jika Majesty-S mirip seperti SMax yang menggunakan model suspensi tunggal dibagian tengah, kini dirubah menjadi dual shock.

Entah kenapa Yamaha menggunakan model ini, apa mungkin karena cost reduction karena kabarnya basic mesin dan rangka motor ini kini sama dengan Yamaha Nmax 155 yang ada di Indonesia, atau mungkin juga karena durabilitynya, entahlah… Yang jelas motor ini kini tampil lebih sporty dan styling.

Bicara soal fitur, skutik yang jadi pesaing SYM DRG BT dan juga Kymco KRV180 ini terbilang cukup lengkap, diantaranya USB socket charger dan rem ABS dual Channel dengan kaki-kaki gambot berukuran 120/70 untuk depan dan 130/70 dibagian belakang yang keduanya pakai velg 13 inch serta Traction control. Dan yang menarik panel speedomter dengan layar LCD 5,1 inch yang terlihat lebih lebar dan mudah terbaca yang tentunya sudah sama-sama punya fitur connected yang bisa terhubung dengan aplikasi Y-connect di smartphone. Sayangnya motor ini belum pakai keyless dan lampu depannya masih bohlam halogen biasa.

Lanjut ke bagian mesin, sama seperti Nmax motor ini mengusung mesin 155cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan. Memiliki fitur unggulan Variable Valve Actuation aka VVA, motor ini mampu mencapai power maksimum diangka 11kW (15PS) / 8,000 rpm dan torsi 14 Nm / 6500 rpm. Dan diklaim bisa diajak irit hingga 48,1 km per liter. Detail lainnya, motor ini memiliki kapasitas tangki yang muat 6,1 liter BBM, beratnya 130 kg dan walaupun tampak mungil tapi punya tinggi jok 815 mm, agak jinjit pastinya, hehe…

Terakhir, harga Yamaha XForce 155 2022 ini dibanderol 396,000 Yen atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 43,1 jutaan. Pilihan warnanya pun berbeda dengan yang dijual di Taiwan, XForce versi Jepang dijual dalam 4 pilihan warna dengan kombinasi warna yang lebih simple dan minimalis, diantaranya warna putih, hitam, matte blue dengan velg orange dan warna matte green yang mereka sebut Matt Dark Greyish Leaf Green Metallic yang sepertinya menjadi trend warna baru disana.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!