DNA Motors UHR125 2022, Si Maxi Skutik Suzuki 125cc Yang Rilis di Korea Selatan

Warungasep.net – Awal kemunculannya, Haojue UHR150 begitu populer karena digadang-gadang sebagai calon maxi skutik Suzuki yang akan dijual secara global. Dan ternyata benar, selain di China motor ini juga kini hadir di negara Korea Selatan. Cuma, gak seperti yang diprediksi sebelumnya, karena motor ini pun di-rebadge dan diganti nama. Bukanlagi Haojue melainkan DNA Motors UHR125 2022. Bentar, kok mesinnya 125cc?

Bener banget, jika di negara asalnya Tiongkok, maxi skutik Suzuki eh Haojue ini pakai mesin 150cc naah untuk pasar Korsel, skutik pesaing Nmax 125 dan juga Forza 125 ini hadir dengan kubikasi yang lebih kecil hanya 125cc. Tapi untuk sektor desain dan juga fiturnya dipastikan sama.

FYI, DNA Motors adalah brand baru dari negeri Oppa Korea, perusahaan ini adalah gabungan antara pabrikan Daelims Motor yang memang sudah cukup terkenal menjadi produsen lokal sepeda motor disana yang melakukan joint venture dengan perusahaan A Rental and Service. Dan mereka banyak mengimpor produk asal China, kebanyakan sih dari produk Zongshen dan Haojue. Yupz, pabrikan yang juga memproduksi motor Suzuki, makanya jangan heran jika maxi skutik Haojue ini begitu populer di seluruh dunia karena mengira motor ini akan juga diberi label Suzuki, hehe…

Dan benar saja, maxi skutik Haojue pun akhirnya menjadi produk global. Walaupun jika saya baca postingan media Tiongkok, jika pengiriman produk Haojue ini terkendala dan banyak konsumen mengantri karena selain terkendala masalah chip semikonduktor seperti yang terjadi secara masif di Indonesia juga karena memproduksinya tak hanya untuk pasar domestik, juga untuk pasar ekspor. Yang menarik, untuk pasar Korea, motor ini tidak lagi membawa brand Haojue, tapi sudah ganti merk, alias rebadge.

Alasannya, karena pihak Daelim atau yang kini punya nama baru DNA Motors mendatangkan motor ini secara Completely Knock Down atau CKD, sehingga proses perakitan dilakukan di pabrik sendiri. Apakah dengan proses tersebut membuatnya lebih murah? Ternyata enggak juga…

Harga DNA Motors UHR125 di Korea Selatan dibanderol 4,2 Juta Won, atau jika dirupiahkan sekitar Rp.49jutaan… Tentu sedikit lebih mahal dari harga Haojue UHR150 di China yang dibanderol 22ribuan Yuan, atau ya setara Rp. 47jutaan. Bedanya ya itu tadi, kubikasi mesin yang punya spek lebih kecil.

Spesifikasi mesin DNA Motors UHR125 ini mengusung mesin 125cc 1 silinder 2 klep berpendingin cairan. Punya power maksimum diangka 12,24 Ps dan torsi 12 Nm (lebih kecil dari UHR150 yang mencapai 14,41 hp dan 14,2 Nm ) Dan bisa mencapai topspeed 95 km per jam juga diklaim bisa diajk irit hingga 52,6 km per liter..

Motor ini memiliki keunggulan kapasitas bagasi yang lebih luas hingga muat helm, kapasitas tangkinya pun bisa muat 8 liter BBM. Joknya pun cukup ramah buat rider Asia, cuma 765 mm, beratnya juga ringan hanya 146 kg dan ukuran kaki-kaki yang standar maxi skutik yakni 110/80-14 inch dibagian depan dan 130/70-14< inch dibagian belakang.

Membahas soal desain, banyak yang bilang UHR150 maupun UHR125 ini memiliki kemiripan dengan maxi skutik Honda, apalagi kalo bukan Honda PCX. Ya, walaupun beberapa bagian tampak sama, sebut saja desain headlamp, desain body samping, windscreen, model cover knalpot dan model stang yang semi naked, tapi jika dilihat lebih detail memiliki perbedaan. Diantarnya lampu sein depan dan belakang terpisah, desain velg juga area floorboard yang lebih luas dan bisa selonjoran.

Dari segi fitur juga gak terlalu special, masih kalah dari pesaingnya seperti Lifan KPT150 yang pakai upside down atau Dayang Vorei 150 yang sudah pakai kamera, skutik Haojue ini fitur unggulannya cuma pakai keyless, panel speedo digital, USB Charger, lampu serba LED, dan juga rem depan dan belakang cakram ABS yang menjadi standar.

Terakhir, pihak DNA Motors menjual UHR125 versi 2022 ini dengan 5 pilihan warna menarik, diantaranya warna biru doff atau matte blue, merah, putih, silver dan juga hitam.

Nah, kira-kira motor ini didatangkan juga gak ya ke Indonesia? Harganya 50jutaan? emang mau ada yang beli? pasti ada lah ya, hehe…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!