Penting! Inilah 5 Tips Aman Bepergian Jauh Menggunakan Sepeda Motor

Warungasep.net – Saat musim liburan telah datang, kebanyakan orang akan memilih untuk mengunjungi keluarga yang berada di luar kota. Menghabiskan waktu bersama keluarga jauh memang menyenangkan meskipun harus menempuh perjalanan yang melelahkan. Beberapa orang bahkan rela untuk mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk menyewa mobil atau membeli tiket pesawat demi bertemu sanak saudara.

Sumber: Anh Tuan – canva.com

Meskipun begitu, ada banyak alternatif murah untuk bepergian jauh, salah satunya adalah menggunakan sepeda motor. Bukanlah hal yang asing di Indonesia untuk melihat banyak orang yang berkendara jauh dengan menggunakan motor. Selain murah, motor juga relatif cepat dan jadi pilihan tepat untuk menghindari macet.

Akan tetapi, berkendara dalam waktu yang lama menggunakan motor harus ekstra hati-hati. Hal ini dikarenakan tak jarang terdapat kecelakaan lalu lintas akibat pengendara motor yang mengantuk. Ada beberapa hal yang harus diikuti dan dipastikan sebelum berkendara, terlebih jika Anda membawa penumpang dan barang bawaan. Berikut ini adalah tips untuk tetap aman saat berkendara jarak jauh dengan motor.

1. Pastikan Tidak Mengantuk

Kebanyakan kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh mengantuknya pengemudi. Hal ini harus menjadi poin penting bagi Anda yang ingin berkendara jauh menggunakan motor dan kendaraan apapun. Kurangnya istirahat sering kali terjadi di kalangan pengemudi yang kemudian berakibat fatal terhadap diri sendiri dan orang lain.

Sebelum bepergian, pastikan bahwa Anda mendapatkan istirahat yang cukup sehingga tidak mengantuk saat mengemudi. Selain itu, pastikan bahwa Anda tidak merasa terlalu kenyang untuk mengemudi karena perut yang penuh bisa membuat Anda mengantuk lebih cepat. Untuk itu, makanlah dalam porsi yang cukup dan tidak berlebihan sehingga Anda dapat melindungi diri dari kejadian yang tidak diinginkan.

2. Periksa Kondisi Motor


Sumber: Mick Haupt – canva.com

Langkah penting kedua yang harus Anda perhatikan adalah dengan memeriksa kondisi motor. Kendaraan ini memang dapat berkendara sampai jauh untuk mudik dan dapat menempuh laju yang tinggi. Akan tetapi, hal seperti pemeriksaan tidak boleh disepelekan dan diabaikan hanya karena Anda berpikir motor Anda berfungsi dan baik-baik saja.

Memeriksa kondisi motor juga akan menghindari Anda dari mogok yang akan membuat perjalanan jadi jauh melelahkan. Periksalah terlebih dahulu apakah motor Anda mampu untuk berjalan dalam waktu yang lama. Direkomendasikan juga untuk cek ke bengkel untuk pemeriksaan menyeluruh, apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memeriksanya.

3. Tidak Mengebut

Kita memang cenderung tidak sabar saat ingin bertemu dengan keluarga jauh. Rasa rindu yang membuncah terkadang membuat kita menjadi tidak sadar menaikkan kecepatan agar cepat sampai. Hal ini tentu saja akan menjadi masalah yang serius jika kita tidak mematuhi aturan laju yang telah ditetapkan. Mengebut bukan hanya akan membahayakan diri Anda, tapi juga orang lain.
Untuk itu, pastikanlah untuk selalu mengecek spidometer dan terus dalam tempo sedang. Jangan terburu-buru dan selalu pada titik aman di jalan. Selain itu, hindarilah menyalip dengan kecepatan tinggi terutama saat berada di dekat truk atau mobil besar lainnya. Mengebut juga hanya akan membuat rusak mesin motor Anda. Hindari mengebut dan tetap tenang saat berkendara, ya.

4. Membawa Perlengkapan

Salah satu hal yang paling penting saat berkendara jauh menggunakan motor adalah dengan membawa perlengkapan secukupnya. Berbeda saat berkendara dengan mobil, kapasitas motor sangat terbatas. Untuk itu, Anda harus memastikan tidak membawa perlengkapan yang berlebihan dan fokus dengan kelengkapan barang-barang penting.

Bawalah obat-obatan yang Anda konsumsi dan jangan lupa untuk membawa dokumen penting, seperti SIM dan STNK. Pastikan Anda tidak membawa terlalu banyak barang yang akan menambah berat sisi pundak dan punggung. Hal itu untuk mencegah Anda agar tidak terlalu lelah sehingga dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

5. Jangan Membawa Balita

Membawa balita dengan motor memang tidak masalah dan aman-aman saja jika masih berada dalam pegangan orang dewasa. Namun hal ini tidak berlaku saat Anda ingin melakukan perjalanan jauh. Balita bisa mengalami masuk angin dan tidak baik membiarkan mereka duduk dalam posisi yang sama terlalu lama.

Untuk itu, pastikan tidak membawa balita apalagi bayi yang masih membutuhkan kehangatan dan terlindung dari angin malam. Selain itu, balita juga memerlukan banyak perhatian, seperti mengganti popok dan minum susu yang tentunya tidak bisa diikutsertakan dalam perjalanan jarak jauh menggunakan motor.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan para pengendara motor yang ingin berkendara jauh. Salah satunya adalah kondisi rute dan lalu lintas. Anda dapat mengecek terlebih dahulu rute aman dengan lebih efisien menggunakan ponsel OPPO Reno. Itulah lima tips yang telah kami rangkum untuk tetap aman saat berkendara jauh menggunakan motor. Semoga bermanfaat!

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!