Yamaha R15M Monster Energy 2022 Rilis Duluan di Malaysia, Harga Rp. 50 Jutaan

Warungasep.net – Hong Leong Yamaha merilis produk baru yaitu Yamaha R15M untuk pasar Malaysia, yang menarik disana hadir varian special edition Monster Energy MotoGP 2022 yang memiliki kesamaan livery dengan dipakai sang juara dunia MotoGP, Fabio Quartararo.

Malaysia menjadi negara selanjutnya yang kebagian jatah motor sport bike R-Seriesnya Yamaha, setelah sebelumnya pesaing Honda CBR150R ini hadir di India lebih dulu, menyusul Indonesia, Taiwan dan juga Thailand.

Cuma khusus untuk pasar Malaysia, Yamaha R15 hanya tersedia varian M-series saja, tanpa adanya varian standar. Dan hanya dijual 2 varian warna saja yakni warna silver yang merupakan Signature-M series dan satu lagi adalah livery special Monster Energy.

Bicara soal livery Monster Energy memang gak semua negara menjual varian ini, bahkan di Indonesia yang memang merupakan basis produknya, varian special Motogp ini tidak tersedia, tapi sebagai gantinya pihak Yamaha Indonesia secara ekslusif menghadirkan varian special livery 60th Anniversary yang tidak dijual di Malaysia.

Baca : Yamaha R15M 2022 Livery 60th Anniversary Rilis di Indonesia

Jadi, sepertinya memang masing-masing negara punya varian tersendiri. Untuk desainnya sendiri, gak jauh beda dengan yang dijual di Indonesia mapun negara lainnya, Yamaha R15M ini memilik headlight yang kini menggunakan model single headlight projie LED yang berada ditengah air soop dan dipadukan dengan dual DRL LED yang membentuk alias di kedua sisinya, Yamaha namai model seperti ini sebagai Class D Bi Functional LED Headlight. Model ini juga ternyata sama dengan yang digunakan moge Yamaha R7.

Desain body fairing yang lebih sporty dan lebih aerodinamis terutama desain body belakang yang bolong menyerupai moge Yamaha R series lainnya. Sedangkan untuk area kaki-kaki masih sama, termasuk suspensi Upside down, swing arm alumunium banan arm, kaki-kaki dengan ban tapak lebar dan rangka jenis twinspar yang dinamai Deltabox sebagai keunggulannya.

Untuk fiturnya juga sama, Yamaha R15M yang dijual di Malaysia ini punya fitur yang gak dimiliki oleh pesaingnya yaitu Y-Connect, tapi untuk versi R15M terlihat semakin canggih dan eksklusif dengan tambahan fitur yang lebih lengkap diantaranya :

  • Traction Control System (TCS) yang berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di segala kondisi permukaan jalan.
  • Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS) yang membuat kontrol pengereman semakin optimal.
  • Quick Shifter yang memudahkan pengendara melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling.
  • Big Bike Engine Switch Off yaitu tombol starter yang terdiri dari tombol 3 in 1 cut off/on dan starter engine, memberikan sensasi berkendara terasa berbeda ala big bike.
  • Triple Clamp bergaya YZR-M1, fitur ini berfungsi memberikan keseimbangan kekuatan dan kekakuan sehingga meningkatkan handling pada motor.
  • Panel speedometer dengan dua pilihan tampilan yaitu Track Mode dan Street Mode .,
  • Jok dengan cover motif karbon membuat pengendara kian merasa spesial.
  • Dan juga 3D emblem logo R15M yang terletak di tangki dan fork caps biru berlogo R15M. Body motor pun dirancang memiliki fairing aerodinamis untuk menunjang posisi berkendara yang sporty racing.

Untuk spesifikasi, Yamaha R15M ini mengusung mesin 155cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan, power pesaing CBR150R juga GSX-R150 ini mencapai angka 14,2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8500 rpm yang diklaim sebagai motor sport fairing terkencang dikelasnya berkat fitur unggulan Variable Valve Actuation (VVA).

Terakhir, harga Yamaha R15M Monster Energy, pihak HLYM Malaysia menjualnya dengan banderol 14,998 Ringgit atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 50,5 jutaan, lebih mahal dibanding harga R15M disini yang hanya dibanderol Rp 44jutaan. Bahkan harganya ini lebih mahal dari harga CBR150R disana yang hanya dijual 12ribuan Ringgit saja. semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!