TVS Ronin 225 2022, Classic Srambler Berfitur Modern

Warungasep.net – TVS Company India merilis produk baru yang diberi nama TVS Ronin 225 2022. Motor classic scrambler yang bergaya retro tapi dipadukan dengan fitur-fitur modern dan canggih. Tak hanya itu, motor ini juga diberikan performa yang lumayan karena menggunakan basic mesin TVS Apache RTR, Detailnya yuk kita ulas lebih lengkap.

Motor motor sport classic menjadi trend baru di negara India, melihat rival kompatriatnya Royal Enfield yang mendunia dengan motor classic, tentu TVS yang sama-sama pabrikan lokal India ingin ikut bagian mengisi segmen motor bergaya retro.

TVS Ronin sebenarnya belum memiliki lawan yang sepadan di kelas ini, karena pesaingnya berada di kelas 300cc keatas, sebut saja contohnya Honda yang tahun kemarin merilis Honda CB350 dan Benelli Imperiale 400 untuk menghadapi dominasi Royal Enfield yang sudah duluan hadir di segmen ini. Adapun di kelas 150cc, sudah diisi oleh Yamaha FZX dan juga mungkin Suzuki Intruder 150. CMIIW.

Nah, bicara soal desain yang ditawarkan oleh TVS memang gak terlalu mengejutkan, Bahkan mungkin diluar ekspektasi, karena sebelum rilis, justru yang santer terdengar jika TVS akan memproduksi motor baru dari motor konsep yang diberi nama TVS Zeppelin yang sempat dipajang di pameran otomotif beberapa tahun lalu, namun ternyata yang rilis bukannya Cruiser classic seperti Zepplin melainkan bergaya Scrambler.

Yupz, katanya sih motor ini bergaya Scrambler, bisa dilihat dari tangki tear drop yang membulat, jok tebal dengan tekstur bergelombang, suspensi belakang monosok serta ban semi dul purpose tyre. Sayangnya, entah kenapa model body belakangnya seperti kurang proporsional, ya seperti motor India lainnya, memang mereka punya trend, selera bikers dan ciri khas tersendiri yang mungkin gak akan sesuai dengan selera bikers di negara lainnya.

Dari lampu depan bulat yang menjadi ciri khas motor bergaya classic pada umumnya namun memiliki sentuhan modern dengan shape lampu DRL berbentuk hurup “T” dibagian tengahnya yang menjadi signature pabrikan TVS, suspensi depannya pun kekinian banget dengan model Upside down berwarna emas, tak hanya lampu depannya saja yang sudah LED, tapi lampu sein dan lampu remnya pun sudah LED.

Yang menarik, motor ini punya fitur canggih yaitu panel speedometer asimetris berbentuk bulat dengan layar full digital yang bahkan bisa terkoneksi dengan aplikasi di smartphone yaitu SmartXConnect yang sama seperti TVS Ntorq series. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya bisa menerima notifikasi SMS /telepon, melakukan panduan navigasi dengan voice assist, telemetri balapan, dan yang menarik punya riding mode. Tak ketinggalan rem ABS yang menjadi fitur standar dan velg castwheel bergaya classic dan tutup rantai.

Lanjut ke bagian spesifikasi mesin, TVS Ronin mengusung mesin yang kurang lebih sama digunakan pada TVS Apache RTR 200 4V namun dengan peningkatan kubikasi mesin menjadi 225cc 1 silinder 4 klep berpendingin udara, power puncak motor ini berada diangka 15 Kw atau setara 20,4 PS pada 7750rpm dan torsi puncak diangka 20 Nm pada rpm rendah 3750rpm, memiliki 5 percepatan dengan assist and slipper clutch. Detail lainnya dari motor ini antara lain memiliki bobot 160kg, kapasitas tangki 14 liter, tinggi jok 795mm dan ukuran ban 110/70 dibagian depan dan 130/70 dibagian belakang dengan rim velg 17 inch dikedua rodanya.

Terakhir,pihak TVS Company India menjual TVS Ronin versi 2022 ini dalam 3 varian diantaranya tipe SS atau varian termurah dengan harga 149.000 Rupee atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 28jutaan dengan ciri khas warna yang monotone, ada juga tipe DS dengan dual tone warna dan tritone warna menjadi varian tertinggi yakni Ronin 225 TD yang dibanderol paling mahal 171ribu Rupee atau sekitar Rp. 32jutaan. Berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!