FB Mondial PIEGA 125 2022, Motor Keren Rancangan Desainer Suzuki ?!

Warungasep.net – Entah apa yang ada di dalam benak pikiran para desainer Suzuki ketika merancang produk baru mereka, sehingga kita tahu sendiri lah bentuknya kayak gimana, hehe… Tapi, ketika mereka merancang produk baru selain merk Suzuki, lha da lah kok malah keren? Seperti yang satu ini, FB Mondial PIEGA 125 2022 yang hadir di Italia. Tak hanya ganteng, motor ini juga punya spek mesin dan fitur yang gak kalah kerennya… penasaran? Yuk kita kupas…

Ah yang bener ini buatan desainer Suzuki? Menurut informasi dari Gaadiwaadi (sumber : https://gaadiwaadi.com/2022-fb-mondial-piega-125-ktm-125-duke-rival-breaks-cover/ ), FB Mondial Piega 125 ini dirancang oleh Rodolfo Frascoli, yang merupakan orang dibalik lahirnya Suzuki Katana 1000 reborn, maka jangan heran jika ada beberapa detail yang memiliki kemiripan dengan motor sport Suzuki, diantaranya model headlamp projie bertumpuk, mirip dengan yang ada pada headlamp Suzuki GSX-S1000 versi terbaru.

Bagian lainnya tak kalah unik dan bisa dibilang sporty dan futuristik banget, yang paling menarik dari Piega 125 ini adalah bagian body belakang yang tipis tanpa spakbor gantung dan digantikan dengan mud guard, secara keseluruhan motor ini mengusung konsep motor street fighter, dengan stang lebar dan headlamp nunduk, swing arm model banana, knalpot underbelly dan area body juga terlihat padat dengan shroud kekar, walaupun motor ini cuma 125cc.

Yupz, motor ini mesinnya cuma 125cc sesuai regulasi di Eropa sana yang dikhususkan untuk para pemula atau yang berlisensi A2. Melihat crankcase-nya sih sepertinya pakai platform mesin Zongshen, karena FB-Mondial juga sebelumnya melakukan rebadge beberapa produk Zongshen dan sesama pabrikan Italia, Aprilia Pagani, dan juga FB Mondial Imola 125 .

Mengusung mesin 125cc 1 silinder DOHC berpendingin cairan, memiliki power maksimum diangka 10,0 kW atau setara 14,8 Hp pada 9750 rpm dan torsi 10,5 Nm pada 8000 rpm. Motor ini memiliki bobot yang cukup ringan hanya 135 kg saja, kapasitas tangkinya muat 9,5 liter BBM dan walaupun punya dimensi yang kecil tapi ukuran bannya cukup gambot dengan ukuran 110/70-17 inch dibagian depan dan 140/70-17 inch di belakang, keliatan banget dibuat untuk pasar Eropa, karena tinggi jok-nya mencapai 820 mm, tinggi banget!

Dari segi fitur elektronik Mondial Piega 125 ini jelas lebih unggul dibanding rival di kelasnya, sebut saja selain lampu yang serba LED baik lampu depan, DRL dan bahkan lampu seinnya sudah LED, moto ini juga sudah pakai panel speedo TFT warna yang futuristik, dilengkapi juga dengan suspensi Upside down berukuran 40mm dan kaliper rem radial dengan Antilock Braking System (ABS).

Terakhir, harga FB Mondial Peiga 125 ini dibanderol 4400 Euro atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 69jutaan, gile mahal banget ya motor rancangan desainer Suzuki ini, hehe… Oh ya, motor di segmen sport naked 125cc ini cukup banyak pesaingnya, diantaranya mungkin ada Honda CB125R, Yamaha MT-125, Suzuki GSX-S125 dan KTM Duke 125, pokonya banyak deh, nanti akan saya bahas di artikel terpisah, semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!