Yamaha Jupiter Finn 2022, Motor Bebek Dengan Rem UBS Di Vietnam

Warungasep.net – Yamaha Vietnam merilis produk baru yang diberi nama Yamaha Jupiter Finn 2022. Motor bergenre cub atau bebek ini masuk kedalam kategori motor keluarga, hadir untuk menemani line up produk bebek lainnya yang dijual disana seperti Yamaha Jupiter FI (kembaran Jupiter Z1) dan juga Yamaha Sirius FI yang merupakan Vega Force versi Vietnam. Lalu apa keunggulan motor ini?

Awalnya saya kira jika motor ini facelift daripada Yamaha Sirius FI, tapi ternyata hadir sebagai tambahan line up produk motor bebek yang memang masih cukup banyak peminatnya disana. Dari segi desain, motor ini tampil lebih terlihat modern daripada Sirius FI yang sudah lama gak mendapat update, ya sebagaimana layaknya Vega Force di Indonesia yang sudah hampir satu dekade masih gitu-gitu saja, hehe…

Beberapa bagian memang masih memiliki kemiripan dengan sodaranya, seperti tebeng depan, body samping dan juga kaki-kaki, yang berbeda terlihat dari desain headlamp dan juga posisi lampu sein yang lebih terlihat futuristik dan dipermanis dengan grill dibagian moncong depannya.

Sebagai pembeda dari sodaranya, motor ini memiliki fitur unggulan seperti bagasi yang luas hingga muat helm half face, terdapat kompartemen atau lubang botol dibagian depan seperti motor skutik, panel speedometer yang lebih modern dan juga rem Unified Braking System atau UBS yang merupakan fitur yang mirip dengan CBS-nya Honda.

Sayangnya walaupun terlihat modern, tapi motor bebek yang menjadi pesaing Honda Wave 110 , Suzuki Smash FI juga Honda RSX110 ini masih pakai lampu bohlam halogen biasa, speedometer yang masih full analog dan juga kunci kontak mekanis biasa. Tapi yang menarik, motor-motor di segmen bebek disana masih pakai pelindung rantai seperti motor jadul yang pernah eksis di Indonesia di tahun 90an lalu.

Lanjut ke bagian spesifikasi mesin, Jupiter FINN di Vietnam ini mengusung mesin yang identik dengan Yamaha Jupiter Z1, yakni 113,7cc 1 silinder berpendingin udara, yang memiliki power sebesar 6,6 kW (9,0 PS)/7000 rpm dan torsi maks diangka 9,2 Nm pada 5500 rpm. dimensi motor ini cukup compact yakni dengan p x l x t 710 mm x 1,940 mm x 1,095 mm dan tinggi jok pendek sekitar 775mm, berat 100 kg, sedangkan ukuran ban 70/90 – 17MC dan depan 80/90 – 17MC, sedangkan kapasitas tanki BBM-nya cukup kecil hanya sebesar 4 liter saja.

Terakhir, harga Yamaha Jupiter Finn 115 versi 2022 ini pihak Yamaha Vietnam menjualnya dalam dua tipe, diantaranya tipe standar termurah yang dibanderol 27,5 juta VND atau jika dikonversikan kedalam rupiah, dan tipe termahal dengan tampilan premium dengan fitur UBS dibanderol sedikit lebih mahal mencapi 28,5jutaan… Nah, kira-kira cocok gak ya jika motor ini dijadikan facelift daripada Yamaha Vega Force 115 di Indonesia? Silakan share komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

10 Comments

  1. dari depan sekilas mirip revo, liat ke tebeng mirip matic apa gitu gw lupa, liat kebelakang mirip supra 125.
    ni motor yamaha citarasa honda

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!