Minerva Electron Rilis di Indonesia, Seharga Honda Beat dan Bisa Swap Baterai!

Warungasep.net – Minerva Electron, satu lagi skuter listrik yang resmi rilis di Indonesia, bertempat di GIIAS 2022 Kini makin banyak produk motor listrik yang dijual di tanah air. Skuter listrik ini cukup menarik, selain karena banderol harga yang murah, spek yang lumayan dan juga desain yang futuristik, motor ini juga bukan brand baru di tanah air, karena siapa yang gak kenal Minerva? Brand yang dulu sempat eksis dengan motor kloningannya, kini kembali menyapa konsumen dengan produk barunya yang kini lebih focus terhadap kendaraan listrik.

Tak tanggung-tanggung, bukan sekedar menjual produknya saja tapi PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) yang merupakan APM brand Minerva di Indonesia ini juga sudah mempersiapkan stasiun pengisian atau penggantian bateri saat ini sudah tersebar di banyak tempat. Walaupun baru dirilis, tapi Minerva sudah punya 412 titik “Swap Point”  seperti di Alfamart, Circle K, Pompa Bensin Shell dan BP dan Jaringan Planet Ban. Dalam tahun ini 2022 direncanakan mencapai 1200 titik penukaran bateri yang tersebar di seluruh Jawa dan Bali. Mantap.

Sebagai tambahan informasi jika Minerva Electron ini diproduksi secara lokal di Indonesia, lebih tepatnya di Gresik Jawa Timur. Belum diketahui, mengambil basic dari kendaraan apa motor ini, karena seperti biasa Minerva atau Viar selalu merebadge produk China, namun menurut info yang tersebar, pihak Minerva mengklaim jika kandungan lokal motor ini mencapai 32 persen, jadi gak full rebadge seperti motor mereka sebelumnya.

Selanjutnya kita bahas motornya, desain Minerva Electron ini cukup simple dan compact, bagian depan telihat futuristik dengan dual headlight LED sedangkan lampu DRL dan seinnya terpisah dibagian stang, ala-ala skutik Taiwan. Dek-nya rata seperti skutik komuter di Indonesia pada umumnya, dan motor ini menggunakan baterai yang bisa dilepas pasang seperti PCX Electric, sehingga lebih mudah untuk isi ulang baterai.

Tarif yang dikenakan dalam system penggunaan bateri swap ini adalah tarif hitungan jarak tempuh atau KM dengan sistem kuota, yaitu 100 km dengan tarif Rp 20.000, 250 km Rp 45.000, dan 500 km Rp 80.000 atau jika dirata-rata mungkin sekitar Rp. 160 per Km-nya, lumayan irit ya.

Sedangkan untuk mesinnya, Minerva Electron ini memiliki tenaga1,5 Kw dengan dukungan baterai lithium-ion berkapasitas 64V 22.5Ah. Motor listrik Minerva Electron sendiri didesain untuk daya angkut 150 kg. Untuk fiturnya sepertinya belum punya fitur coneected seperti Yamaha E01 atau ALVA One yang rilis barengan kemarin, tapi sudah punya panel speedometer full digital dengan tampilan meterai baterai juga seakan meledek Aerox, skutik mungil ini sudah pakai rem cakram depan belakang yang sudah pakai system CBS.

Terakhir, untuk harga Minerva Electron ini pun cukup mengejutkan karena dengan keunggulan tersebut diatas, motor ini hanya dibanderol Rp. 16.500.000 On The Road Jakarta, atau ya setara dengan skutik terlaris di Indonesia, seperti Honda Beat, atau bia juga dibilang lebih murah dari Honda Beat, hehe… Dan skutik ini dijual dalam 5 pilihan warna, diantaranya Tosca, Grey, Blue Silver, Baby Blue dan Red Silver. semoga kepengen…

Pict : Iwanbanaran

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!