Warungasep.net – Masih ingat Honda Supra Fit yang bintang iklannya Mat Solar? Gak nyangka jika motor bebek Honda ini masih eksis di jual di Vietnam, bahkan pihak Honda Vietnam merilis versi terbarunya yang punya nama lain Honda Wave Alpha 110 2023. seperti ini penampakannya :

Mirip banget bukan? Di Indonesia, motor ini sempat hadir di tahun 2005 lalu, jadi kebayang dong sudah hampir dua dekade motor ini masih eksis di negara tetangga, bahkan gak cuma Honda saja, pesaingnya dari kubu Yamaha masih menjual bebek serupa yakni kembaran dari Yamaha Vega R karbu yang punya nama tersendiri yakni Yamaha Sirius.

Wajar saja karena negara-negara di Asia Tenggara memang menjadi endemik motor cub atau bebek, gak hanya di Vietnam saja, di Kamboja, motor yang lebih jadul lagi yakni kembaran Honda Kirana 125 masih eksis dijual dengan nama Honda Dream 125 , Bahkan di negara tetangga kita Malaysia saja, kembaran Honda Astrea Prima punya varian terbarunya yang diberi nama Honda EX5. Bagaimana dengan Indonesia? Waduh, kalau disebut punah sih belum, tapi mungkin karena motor skutik terlalu mendominasi, hehe…

Kembali lagi bahas Honda Wave Alpha, kalian bisa lihat desainnya identik banget dengan New Honda Supra Fit edisi tahun 2005 lalu, desain headlamp yang menyatu dengan lampu sein, body depan membulat dan juga velg jari-jari yang menjadi ciri khas motor bebek jadul dengan rem teromol, masih dipertahankan.

Tapi jika dilihat lebih detail lagi ternyata ada beberapa perbedaan, diantaranya footpeg pembonceng yang kini menggunakan model gantung, knalpot pakai cover chrome yang lebih jengat(versi Supra Fit cenderung datar), dan tentu saja ada beberapa tambahan fitur yang diimprove, diantaranya panel speedometer yang lebih terlihat futuristik walaupun masih tetap analog dan juga kunci kontak berpengaman magnet.

Oh ya, mesinnya juga gak 100cc seperti Supra Fit, melainkan sudah upgrade menjadi 110cc seperti Honda Revo Koperasi, lebih tepatnya 109cc 1 silinder berpendingin udara, powernya kecil banget hanya 6,12 Kw pada 7500 rpm dan tosri maksimum diangka 8,4 Nm pada 5500 rpm.

Karena masuk kedalam jajaran motor kelas entry, harga Honda Wave Alpha ini terbilang murah, pihak Honda Vietnam membanderolnya dengan harga VND. 17.859.273 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 11,4 jutaan, dan motor kembaran Supra Fit Mat Solar ini dijual dalam 3 pilihan warna standar diantaranya warna merah, putih dan biru ditambah satu lagi varian special warna hitam doff yang dijual sedikit lebih mahal… wah, berasa nostalgia ya liatnya, hehe…

Baca juga ; Suzuki Smash FI 2022 Facelift Rilis di Thailand, Apa Yang Berubah?

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!