Yamaha FAZER FZ15 2023, Byson Berwajah “Alien” Rilis di Brazil…

Warungasep.net – Hari ini Yamaha Brazil merilis produk baru yang diberi nama Yamaha FAZER FZ15 2023, motor street naked bike kekar di kelas 150cc yang tentunya kalian pastinya akan familiar dengan motor ini. Yupz, inilah kembaran Yamaha Byson yang punya tampang baru yang unik yang terlihat sangar bak Alien, tapi masih mempertahankan karakternya yang kekar dan juga ciri khas Yamaha di era modern yakni headlight projie.

Jika di Indonesia, Yamaha Byson mentok di model FI generasi kedua, sedangkan di negara asalnya yakni India motor punya nama lain Yamaha FZS ini sudah beberapa kali mendapat perombakan, terutama dari segi desain dan fitur yang bahkan bisa connect smartphone. Tapi, sepertinya Yamaha Brasil tidak lagi mengambil basic desain yang sama plek dengan Yamaha FZS India, melainkan menghadirkan model tersendiri.

 

Bahkan Yamaha Brazil punya nama yang berbeda menjadi Yamaha Fazer FZ15 sekaligus menggantikan model sebelumnya yang disana punya nama sendiri Yamaha Fazer 150. Salah satu yang paling terlihat dari model baru ini ada pada bagian headlamp. Sangat berbeda dengan FZS yang punya headlight yang agak membulat dan bengkak, Fazer FZ15 ini mengadopsi desain Yamaha MT series, yakni single headlight projie LED.

Model yang sama juga digunakan oleh Yamaha MT-15 dan MT25, bedanya Fazer FZ15 di Brasil ini memiliki desain DRL yang lebih lebar menyatu dari samping kanan ke kiri, ditambah dengan visor yang juga lebar dan tinggi, sehingga jika dilihat dari depan malah terlihat seperti wajah predator, atau Alien, hehe…

Tapi, jika kita lihat bagian lainnya sama plek dengan Yamaha Byson India aka FZ15, baik oitu desain shroud yang kekar dengan air inlet khas MT series, tangki yang gambot dan juga body belakang yang minimalis yang dilengkapi behel tanduk.

Selain pakai lampu depan LED, keunggulan lainnya motor ini memiliki panel speedometer full digital yang sepertinya common part dengan Yamaha FZ25, suspensi belakang monoshock dan juga kaki-kaki dengan ban tapak lebar berukuran 100/80-17 di depan dan 140/60-17 inch dibagian belakang yang sudah dilengkapi dengan rem Antilock Braking System (ABS). Sayangnya suspensi belakang masih pakai teleskopik biasa tapi dengan ukuran yang cukup besar berdiameter 41 mm.

Untuk spek mesinnya, Yamaha Fazer FZ15 ini mengusung mesin 149cc 1 silinder SOHC berpendingin Avatar Aang, powernya jangan dibully karena hanya 12,4 hp (dengan Etanol) pada 7.500 rpm, dan torsi 1,3 kgfm di putaran 5.500 rpm. Motor ini sudah punya 5 percepatan, walaupun terlihat moge look tapi beratnya cukup ringan hanya 125,9 kg dan kapasitas tangki 11,9 liter BBM.

Terakhir, harga Yamaha Fazer FZ15 versi 2022 ini dibanderol R$ 16.990 atau jika dikonversikan kedalam Rupiah sekitar Rp. 49,3 jutaan dalam kondisi off the road. Dan motor baru Yamaha yang hadir sebagai pesaing Honda CG160 dan Suzuki Gixxer ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna hitam, biru dan juga merah.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!