Skuter Listrik Yamaha E-Vino Versi 2023 Dapat Upgrade Baterai

Warungasep.net – Yamaha Jepang merilis Yamaha E-Vino versi 2023. Skuter listrik kecil yang sempat hadir di Indonesia ini mendapat upgrade beberapa fitur, salah satunya baterai yang sedikit lebih besar sehingga bisa dibawa dengan jangkauan sedikit lebih jauh, lalu bagaimana dengan fitur dan desainnya?

Sebelumnya, perlu kalian ketahui jika Yamaha E-Vino ini memiliki basic desain yang sama dengan skutik kelas entrylevel bermesin 50cc di Jepang yakni Yamaha Vino, bedanya dibagian mesin saja dimana skutik menggunakan penggerak mesin listrik di roda belakang dan juga baterai dibagian tengahnya yang bisa diisi ulang, bahkan dengan bagasi yang cukup luas, pengendaranya bisa menyimpan baterai cadangan.

Desain yang diusung skuter listrik ini pun sangat identik dengan Yamaha Vino yang serba membulat dan bergaya retro, diantaranya lampu depan bulat dibagian tebeng depan, lampu sein dibagian sampingnya yang juga membulat yang classic banget, dan yang unik skutik ini punya dimensi yang kecil sehingga hanya diperuntukan untuk satu pengendara saja.

Lanjut ke bagian fiturnya, Yamaha E-Vino walaupun tampil jadul tapi sudah dilengkapi fitur modern seperti salah satunya panel speedometer digital dan juga 2 riding moder (standar dan run). Sayangnya bagian lainnya tampak biasa-biasa saja, seperti rem yang keduanya masih pakai model teromol, ban dengan ukuran kecil dengan velg 10 inch.

Untuk versi 2023 Yamaha E-Vino mendapat upgrade baterai Lithium Ion baru dengan kode ESB6 menggantikan baterai ESB4 di versi sebelumnya, dimana memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar menjadi 50v,12,2 Ah yang mampu menjangkau sedikit jauh mencapai 32 km dengan waktu pengisian baterai sampai penuh sekitar 3 jam. Tenaganya terbilang kecil hanya 1,2 Kw tapi torsinya lumayan, sekitar 7,8 Nm pada putaran 330 rpm. Bobot skutik listrik Yamaha ini juga cukup ringan hanya 68 kg dan ukuran ban 90/90-10 inch dibagian depan maupun belakang.

Terakhir, harga Yamaha E-Vino 2023 ini pihak Yamaha Jepang membanderolnya dengan harga 286.000 Yen atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 31jutaan. Dan yang menarik pemerintah Jepang disana memberikan subsidi bagi para konsumen, dan motor skutik listrik Yamaha ini dijual dalam 2 pilihan warna baru untuk model tahun 2023 yakni warna putih dan juga warna hijau tosca yang lebih retro.

Oh ya, buat kalian yang belum tahu, skutik ini juga sempat diperkenalkan di Indonesia untuk study pasar, tapi tidak dijual. Infonya baca : Yamaha E-Vino diperkenalkan di Indonesia

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!