Suzuki Rilis V-Strom 1050 2023 DE (Desert Express) Moge V-Twin Yang Lebih Adventure!

Warungasep.net – Tiga tahun setelah rilis, akhirnya moge adventure Suzuki V-STROM 1050 2023 mendapat update signifikan, tak hanya ada tambahan beberapa fitur, pesaing BMW R1250GS ini pun punya varian baru yang diberi nama DE series. Lalu apakah ada perubahan konfigurasi mesin atau masih mempertahankan karakter mesin V-twin-nya yang khas? Yuk kita lihat lebih detail…

Suzuki V-Strom 1050 DE 2023 ini merupakan pengganti varian V-strom XT. Tidak ada perubahan signifikan dari segi desain, namun Suzuki memberikan beberapa update pada fitur dan juga beberapa control elektronik yang lebih canggih.

Kode DE pada V-strom terbaru ini merupakan kepanjangan dari Desert Express, ini artinya Suzuki lebih serius mengembangkan motor adventure mereka, jadi jika versi XT hanya sekedar motor V-strom dengan sekedar tampilan velg jari-jari, sedangkan versi DE ini bisa dibilang sebagai motor adventure beneran dengan beberapa detail yang siap diajak blusukan di jalan rusak ataupun di padang gurun, sesuai namanya.

Perubahan pada V-Strom DE ini diantaranya ukuran ban depan dengan lingkar yang lebih besar, jika pada varian XT hanya menggunakan ban depan 19 inch, sedangkan versi terbaru ini menggunakan velg berukuran 21 inch, ban-nya pun sudah pakai patern dual purpose dari merk Dunlop Trailmax menggantikan Bridgestone Battlax A41. Sayangnya, entah kenapa kok model velg jari-jarinya ini berbeda antara velg depan dan belakang, hehe… Dimana jari-jari belakang berada di tepian velg, sedangkan yang depan berada di tengah. Ada-ada Suzuki mah, selalu unik.

Kemudian engine guard-nya bukan plastik tapi menggunakan pelindung plat logam. spakbor depan yang lebih sporty dan juga perubahan beberapa detail spesifikasi seperti jok 880 mm yang lebih tinggi sari versi sebelumnya, dimensi yang lebih panjang dan juga lebih berat mencapai 252 kg, dan juga revisi pada sistem ABS dari Bosch yang lebih ringan.

Tak hanya itu, fitur-fitur baru juga dibenamkan pada V-strom DE 1050 versi 2023 ini diantaranya layar TFT warna yang disempurnakan, throttle by wire yang direvisi hingga terdapat 4 mode riding baru, traction control baru, rem ABS belakang yang bisa dinonaktifkan, terdapat hill assist dan juga quickshifter 2 arah.

Untuk spek mesinnya, sepertinya tidak ada perubahan masih mengusung mesin V-Twin 1037cc berpendingin caiaran, dengan menggunakan Natrium Valve yang unik, motor ini diklaim mampu mencapai power puncak diangka 79.0kw atau setara 107.4PS pada putaran 8500rpm dan torsi diangka 100 Nm pada 6500 rpm. Frame-nya masih pakai versi lawas, begitu juga dengan kaki-kaki yang menggunakan ukuran 90/900 21 inch untuk depan dan 150/70 17 inch untuk belakang, suspensi depa KYB upside down, juga kapasitas tangki yang muat 20 liter BBM, dan diklaim bisa dibawa irit hingga 24,5 km per liter…

Terakhir, untuk harga Suzuki V-Strom 1050 versi 2023 ini belum diumumkan, namun melihat dari situs web resmi Suzuki Japan, motor ini punya 2 varian sehingga selain varian DE, Suzuki juga masih menjual varian standar dengan pilihan warna baru. Untuk foto studionya kalian bisa lihat dibawah ini :

Suzuki V-strom 1050 DE 2023

Suzuki V-Strom 1050 2023 std

Di segmen moge adventure, tentunya masing-masing punya produk tersendiri dengan keunikan masing-masing yang berbeda satu sama lain, ada yang 2 silinder seperti punya Honda, ada yang 3 silinder punya-nya Yamaha dan Triumph, ada yang 4 silinder ala Kawasaki atau V4 ala Ducati dan BMW punya varian sendiri dengan mesin Boxernya yang unik. Dan berikut diantaranya lawan daripada Suzuki V-Strom yang memiliki keunikan mesin V-twin, cekidot :

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!