Akhirnya, Aprilia Tuareg 660 Rilis di Indonesia… Harganya Rp. 600jutaan!

Warungasep.net – Piaggio Indonesia kemarin resmi merilis Aprilia Tuareg 660, Kini makin banyak motor-motor eksotik asal Eropa di tanah air, dan motor ini masuk kedalam jajaran motor adventure di kelas moge menengah yang sebelumnya sudah banyak yang lebih dulu hadir seperti BMW, KTM dan juga Triumph. Lalu apa kelebihan dari motor asal Italia ini?

Aprilia Tuareg merupakan diversifikasi daripada motor sport Aprilia yang sudah hadir sebelumnya di Indonesia yakni versi adventure dari Aprilia RS660 yang merupakan versi sport fairing dan juga versi nakednya Aprilia Tuono 660.

Nama Tuareg sendiri diambil dari nama orang-orang tangguh dari gurun Sahara sehingga memiliki arti kebebasan. Karakter tersebut kuat terasa pada Aprilia Tuareg yang tentunya diperuntukan untuk riding di alam bebas, bukan hanya di jalan aspal tapi juga untuk menjelajah ke berbagai medan termasuk jalanan rusak.

Motor hasil rancangan Miguel Galluzzi ini memiliki desain ala-ala motor rally, dengan konsep desain yang mirip motor trail, ban dual purpose dengan velg jari-jari, postur motor yang jangkung dan ergonomis dan tentu saja dengan sentuhan desain khas Aprilia yang sporty dan selalu aerodinamis memiliki keunikan tersendiri di setiap produknya.

Walaupun mengusung mesin yang sama dengan RS660, tapi Tuareg 660 ini tidak menggunakan frame Twin Spar seperti 2 saudaranya yang lain, melainkan pakai model teralis yang kokoh untuk kerja berat di berbagai medan. Untuk spesifikasi mesinnya memiliki konfigurasi mesin 659cc 2 silinder. Powernya lebih rendah dari RS660 yakni hanya mencapai 80hp pada 9,250rpm tapi torsi maksimum justru lebih jengat di angka 70Nm @ 6,500rpm.

Detail lainnya, motor ini memiliki bobot yang cukup ringan hanya 187kg, suspensi depan Upside down berukuran 43mm juga suspensi belakang progressive linkage monoshock. joknya lumayan tinggi mencapai 860mm sehingga buat bikers pendek pastinya bakalan kesusahan, groud clearance 240mm dan kapasitas tangki yang cukup besar mencapai 18 liter BBM.

Walaupun cuma motor buat blusukan, tapi soal fitur tentunya gak ketinggalan, karena Aprilia Tuareg 660 ini dijejali beragam fitur elektronik canggih, diantaranya lampu depan LED, panel speedometer TFT warna 5 inch, dengan menggunakan system Throttle By Wire, motor pesaing Yamaha Tenere 700 ini punya 4 riding mode, ada juga beragam macam kontrol seperti Traction Control, Cruise Control, Engine Map dan Engine Brake rem ABS dan AQS atau Aprilia Quick Shift.

Terakhir, harga Aprilia Tuareg 660 versi 2022 ini pihak Piaggio Indonesia membanderolnya dengan harga Rp. 656.000.000 on the road Jakarta, sedikit lebih mahal dari harga Aprilia RS660 di Indonesia yang dibanderol Rp. 630jutaan. Dan untuk pasar Indonesia hanya dijual dalam 2 varian warna saja, diantaranya berikut foto studionya :

Aprilia Tuareg 660 Acid Gold

Aprilia Tuareg 660 Indaco Tagelmust

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!