Beratnya Setara CBR, Aprilia RSV4 Xtrenta 2023, Superbike Yang Pakai Teknologi Motogp

Warungasep.net – Sukses di ajang balap Motogp, Pabrikan motor asal Noale Italia, Aprilia merilis produk baru yang diberi nama Aprilia RSV4 Xtrenta 2023. Motor Superbike ini diproduksi dan dijual hanya 100 unit saja, dan hanya diperuntukan untuk di lintasan balap sirkuit saja alias gak street legal, yang unik dari motor ini selain menghadirkan performa yang ganas juga dibenamkan beberapa part yang mirip seperti motor mereka di ajang Motogp. Apa saja itu? Yuk kita intip…

Aprilia XTrenta ini merupakan produk special yang dihadirkan Aprilia untuk memperingati 30 tahun kemenangan pertama mereka di kancah balap Grand Prix. Memiliki stripe grafis yang klasik dengan kombinasi warna biru doff, silver dan merah. Livery seperti ini sempat dipakai oleh Lorenzo Savadori yang tampil sebagai pembalap Wild Card di balapan GP Austria bulan kemarin.

Bicara soal desain, basic motor ini adalah tentu saja Superbike Aprilia RSV4 yang bisa dibilang edisi special untuk balapan di trek sirkuit saja, jadi gak bisa dibawa di jalanan umum, karena gak ada STNK-nya, gak ada lampu depan, gak ada lampu rem apalagi lampu sein dan juga spion, jadi kalo dipake di jalan, bakal auto kena tilang nantinya, hehe…

Semua part body motor ini dibuat dari serat carbon buatan PAN Compositi menggunakan proses yang sama yang digunakan di MotoGP dan menggabungkan kedua winglet depan yang dirancang baru, yang mampu menjamin lebih banyak beban dan pada saat yang sama lebih sedikit drag. Bahkan, yang unik dari motor ini ternyata menjadi yang pertama menggunakan model Underwing pada swing arm-nya, jadi kayak Motor Motogp dong ya!

Gak cuma aksesories tempelan saja yang mirip Motogp, beberapa tambahan fitur elektronik pun dibuat sama dengan Motogp, diantaranya unit kontrol Magneti Marelli yang dikalibrasi secara khusus, sedangkan transmisinya dilengkapi sproket titanium bermerek PBR (eksklusif XTrenta lainnya). Rangkaian elektronik RSV4 XTrenta dikendalikan oleh panel balap JetPrime, sementara aksesori termasuk footpeg, tuas stang, dan tutup bahan bakar CNC oleh Spider.

Gak hanya itu, bagian kaki-kakinya pun pakai part eksotis menggunakan velg dari Marchesini M7R GENESI yang ditempa cocok dengan ban slick Pirelli Diablo SBK dalam ukuran 120/70-17 dan 200/65-17 inch, dengan kompon SC-1 di depan dan kompon SC-X di belakang.

Ditambah lagi knalpotnya yang terbuat dari Titanium dari SC Project, suspensinya dari Ohlins yang dimodifikasi oleh Andreani bekerja sama dengan para insinyur Aprilia MotoGP. Pelat kemudi billet eksklusif untuk Aprilia Racing. Sistem pengereman adalah yang teratas yang tersedia di pasaran, bermerek Brembo, yang terdiri dari kaliper monoblok billet GP4-MS di bagian depan dan cakram T-drive 330mm.

Nah, karena buat balapan jadinya wajib punya performa gak malu-maluin dong ya, RSV4 Xtrenta ini pun dijejali mesin yang juga special, mengusung mesin DOHC 1099 4 silinder berkonfigurasi V4, ditambah dengan bobot yang hanya 166 kg (setara atau lebih ringan dari Honda CBR250RR yang mencapai 168kg ), power maksimum motor ini mencapai 230 Hp, lebih tinggi dari RSV4 standar yang hanya 217 Hp saja.

Terakhir, karena merupakan varian limited edition harga Aprilia RSV4 Xtrenta ini dibanderol sekitar 50ribuan Euro atau setara Rp. 740jutaan rupiah. Dan pembeli yang beruntuk mendapat kesempatan ekslusif untuk berkunjung ke departemen balap Noale pada saat yang bersamaan, dan tidak hanya akan menerima RSV4 versi terbatas dan bernomor tetapi juga cover dan mat sepeda motor khusus. Mantap… semoga kepengen!

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!