Warungasep.net – Motogp Japan 2022 berhasil dimenangkan oleh pembalap Ducati, tapi bukan Pecco Bagnaia melainkan rekan setimnya, Jack Miller. Nasib kurang beruntung menimpa Pecco dimana pembalap Italia tersebut terjatuh di lap akhir saat mencoba menyalip rivalnya, Fabio Quartararo. Ini berarti, Pecco selalu jatuh dan DNF kalo gak podium!, hehe… Dari data statistik, selama 15 seri balapan, Pecco sudah 7 kali podium 1 dan 2, dan sisanya sebanyak 8 seri, Pecco selalu jatuh dan DNF, hehe…

Jack Miller berhasil menguasai balapan, ngacir sejak awal dan tak terkejar hingga akhir dan finish pertama disusul pembalap KTM asal Afrika Selatan Brad Binder finish kedua setelah kalahkan pembalap Spanyol, Jorge Martin yang harus puas finish ke-3. Bagaimana Marc Marquez?  Walauapun berhasil Pole Position, tapi Marc berhasil menuntaskan balapan dan finish di P4

Jalannya balapan, Walaupun Marc Marquez pole position tapi posisi terdepan diambil alih Brad Binder kemudian Jorge Martin, duo KTM berada di 4 besar, Aleix Espargaro start dari Pitlane. Lap kedua masih Martin mulai memimpin, Miller menyodok ke barisan depan hingga akhirnya berada di P2 setelah singkirkan Oliveira, Marquez dan Binder.

Lap ke-3, Miller bertarung dengan Martin memperebutkan posisi depan, dimana Fabio dan Pecco? Mereka berada di barisan tengah bersaing bersama Pol, Marini dan Bastainini. Lap 4 Miller memimpin, Martin P2, duo KTM kuasai posisi 3 dan 4 didepan Marc.

Lap 9, pembalap Wildcard HRC, Tetsuta Nagashima crash… Posisi belum berubah, Miller masih memimpin, Fabio P8, Pecco P11. Lap 12, Pecco mulai bangkit naik ke P10 setelah salip Pol Espargaro, tapi masih berada di belakang Enea dan Fabio. Motor Suzuki yang ditunggai Takuya Tsuda terbakar.

Takuya Tsuda

Lap 14, Marini nai ke P6 setelah salip Vinales. Aleix yang awalnya tertinggal kini berada di P18 didepan para rookie KTM. Lap berikutnya Aleix terus menyalip satu persatu pembalapnya yang tentu saja untuk mengejar poin, karena memang pembalap Aprilia ini masih menjadi salah satu kandidat jurdun tahun ini.

4 lap tersisa atau di lap ke-21, Pecco berhasil singkirkan Enea dari posisi 9. Selanjutnya Pecco mengejar Fabio yang berada tepat didepannya, sedangkan Miller makin ngacir didepan dan meninggalkan lawan-lawannya sekebon, hehe…

3 lap tersisa, Marc Marquez naik ke P4 setelah salip Oliveira. Dan drama terjadi di lap terakhir, dimana Pecco berusaha menyalip Fabio di tikungan namun gagal hingga tergelincir main pasir di gravel. Alhasil Pecco DNF dan memperlebar jarak poin dengan Fabio yang bertahan di P8.

Hingga akhirnya, Jack Miller pun berhasil menyentuh garis finish pertama, disusul Brad Binder yang membawa motor KTM finish kedua setelah menyalip Jorge Martin yang harus puas finish ke-tiga. Marc Marquez cari aman dengan finish ke-4, sedangkan Fabio Quartararo finish ke-8, lengkapnya lihat dibawah ini :

Hasil Race Motogp Motegi Japan 2022

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!