Akhirnya… Kawasaki W175 2023 Kini Pakai Rem ABS dan Fuel Injection

Warungasep.net – Dikenal dengan motor retro yang mempertahankan citarasa classic bukan cuma tampilan saja tapi juga sampai ke fitur-fiturnya yang jadul, tapi kini Kawasaki W175 2023 sudah mulai dijejali fitur-fitur modern yang canggih dan kekinian, salah satunya adalah tambahan fitur rem ABS juga pengabut bahan bakar yang semula pakai karburator ala motor-motor lawas, kini berubah pakai fuel injection. Jadi gak authentic retro lagi dong ya? Hehe…

Tapi sayangnya, Kawasaki W175 versi ABS ini bukan dijual di Indonesia, melainkan di negara Vrindavan India. Wajar sudah seharusnya Kawasaki ikutan jual motor ini disana, alasannya karena trend motor classic begitu ngehype disana, jadi gak lagi tertinggal dengan pabrikan Jepang lainnya yang sudah lebih dulu.

Sebut saja, Yamaha sudah duluan mengeluarkan Yamaha FZX 150, kemudian Honda dengan CB350 H’ness-nya, dan begitu banyaknya persaingan produk lokal disana di segmen motor classic. Dan bukan hal sulit tentunya bagi Kawasaki karena W175 sudah duluan hadir di Asia Tenggara. Tapi, kabar dari India sih motor ini dirakit sendiri oleh Kawasaki India, makanya ada beberapa detail bagian yang beda dengan W175 versi Indonesia.

Jika W175 versi Indonesia masih pakai karburator, maka W175 versi India sudah pakai FI, makanya ada jika dilihat dari bagian mesinnya akan pangling, terutama model knalpotnya yang menggembung besar karena ada catalitic converternya untuk menyesuiakan regulasi gas buang BS6 yang semakin ketat disana.

Perubahan juga terdapat pada panel speedometer dengan tambahan beberapa indicator tapi masih mempertahan model speedo analog dan juga lampu depan bulat, spion bulat, lampu sein dan rem-nya juga serba bulat dengan lampu bohlam yang jadul.

Untuk memperkuat citarasa klasiknya, W175 India juga pakai velg jari-jari, ban tube type, suspensi belakang ganda, suspensi depan teleskopik pakai pelindung. Dan ada juga perbedaan dari model rear grip yang lebih panjang, ada juga tambahan sari guard dan yang menarik ada tambahan fitur rem Antilock Braking System atau ABS dbagian depan saja, karena rem belakang masih teromol, hehe…

Bagaimana dengan mesinnya? Walaupun pakai Fuel injection tapi ternyata pwerformanya gak terlalu beda signifikan, masih mengusung mesin 177cc 1 silinder SOHC 5 speed berpendingin udara, power maksimumnya hanya didapat di angka9.6 kW {13 PS} / 7,500 rpm dan Torsi Maksimum 13.2 N•m {1.3 kgƒ•m} / 6,000 rpm.

Terakhir, harga Kawasaki W175 2023 pihak Kawasaki India menjualnya dalam 2 tipe, diantaranya tipe standar yang berwarna hitam dibanderol 147.000 Rupee atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 30jutaan, dan untuk yang warna merah atau versi Special Edition dibanderol 149.000 Rupee. Terbilang lebih murah jika dibandingkan harga Kawasaki W175 2023 di Indonesia, tapi tentu saja karena harga yang tertera masih dalam kondisi off the road. Berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!