Suzuki “Alamat” Kini Bermesin 125cc di Eropa, Tapi Kok Jadi Gini ?!

Warungasep.net – Suzuki Address yang eksis di Indonesia sempat memiliki prestasi karena diekspor ke berbagai negara termasuk ke Eropa. Dan di awal Oktober tahun ini, Suzuki Eropa merilis Suzuki “Alamat” aka Suzuki Address versi 2023. Tapi jika sebelumnya Address disana bermesin 110cc sama seperti disini, sekarang Address baru bermesin 125cc. Mantap dong upgrade mesin ya, tapi… Kok bentuknya jadi aneh gini? Lihat gambar lengkapnya :

Lho, kenapa Suzuki Address jadi aneh begini? Desain yang sebelumnya sporty kini berubah menjadi bergaya skuter classic Eropa. Dan style-nya kayak ala-ala motor India? Apa mungkin ini motor India? Yupz, benar… Suzuki Eropa merilis 3 produk skutik sekaligus, pertama Suzuki Burgman Street(akan saya bahas di artikel terpisah0, kemudian skutik yang gosipnya akan rilis di Indonesia yakni Suzuki Avenis, dan satu lagi adalah Suzuki Address 125.

Nah, Suzuki Address 125 ini bukan merupakan facelift daripada Address 110 yang kita kenal, melainkan produk rebranding Suzuki India yakni Suzuki Access 125, Kemungkinan alasan Suzuki Eropa merubah nama Access menjadi Address karena nama yang sudah ada sebelumnya disana.

Baik desain maupun spek mesinnya mirip dengan Access India, sebut saja konsep desain classic ala-ala Vespa namun dengan sentuhan kearifan lokal India, seperti kaki-kaki kecil asimetris dengan velg 10 inch dibelakang dan 12 inch dibagain depan, body gambot dengan lubang tanki dibelakang yang menjadi ciri khas skutik Vrindavan.

Begitu juga dengan mesinya, 125cc air cooled dengan teknologi SEP, bertanaga 8,7 PS dan torsi puncak diangka 10 Nm. Skutik ini memiliki bobot yang ringan hanya 105 kg, kapasitas tangki yang muat 5,5 liter  BBM dan jok yang cukup rencah hanya 770 mm saja.

Tapi ada yang beda antara Access atau Addres 125 Eropa dengan Acces 125 versi India yakni dari segi fitur. Seperti yang kita tahu jika skutik Suzuki di India sudah terbilang canggih, ya walaupun bentuknya begitu tapi soal teknologi memang Suzuki India terbilang kompetitif. Yupz, jika Suzuki Access di India sudah punya fitur panel speedometer digital yang bisa terkoneksi dengan smartphone, sedangkan kembarannya di Eropa ini masih pakai panel speedometer kombinasi analog dan digital.

Tapi untuk membuatnya tampak lebih kekinian, Suzuki Eropa membenamkan beberapa fitur modern seperti socket charger USB yang tinggal colok, bagasi luas sehingga bisa muat helm, lampu depan full LED dan juga rem Combi Brake atau CBS.

Terakhir, harga Suzuki Alamat 125cc ehhh Suzuki Address 125 versi 2023 ini belum diumumkan, jadi sesuai labelnya motor ini akan mulai dijual di tahun 2023 nanti, Dan Suzuki Eropa menjual skutik pesaing Honda SH125i dan Yamaha D’eLight 125 ini dalam 3 pilihan warna, selain warna biru diatas, hadir juga varian warna putih dan merah.

Nah, setelah Address lama didiscontinue yang tak hanya di Eropa, tapi juga termasuk Jepang dan Taiwan, apakah di Indonesia juga Address akan ikut disuntik mati? Jangan-jangan Address 125 ini akan dimasukan ke Indonesia nih sama seperti Eropa? Menurut kalian gimana? Silakan komentarnya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

  1. Mang, menurut mang Kalau motor ini dijual disini buat ngelawan Fazzio cocok enggak? Daripada nungguin Saluto asa hare-hare wae 😁

1 Trackback / Pingback

  1. Jangan Kaget! Suzuki Eropa Rilis Maxi Skutik Pesaing Nmax dan PCX... Indonesia Menyusul? - WARUNGASEP ★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!