Warungasep.net – Seakan meledek pabrikan Jepang yang belum satupun menjual motor listrik, pabrikan asal Jerman BMW hari ini resmi merilis motor listrik BMW CE-04 2022 di Indonesia. Dengan desain yang futuristik bak kendaraan di masa depan juga dengan fitur-fitur modern serta brand premium Eropa yang punya prestige tinggi wajar saja jika motor listrik pertama BMW ini dijual fantastis, Yupz, harganya setara dengan 10 kali ADV160! Penarasan? Yuk kita intip detailnya…

BMW CE-04

BMW menjadi salah satu pabrikan asal Eropa yang menjual produk Moge, baik skutik, motor sport, motor adventure dan motor listrik ini menjadi pelengkap line up produk mereka yang dijual resmi di Indonesia. Sebelumnya mereka telah menjual BMW C400GT dan C400X yang merupakan segmen skutik yang juga punya banderol yang khusus dibeli para sultan, hehe (Baca : BMW C400X Rilis di Indonesia, Maxi Skutik Jerman Harganya Setara 10 Unit Yamaha Nmax ).

BMW CE-04

Nah, bicara soal CE-04 ini menjadi satu-satunya produk motor listrik buatan BMW yang diproduksi masal dijual secara global. Bentuk desainnya ternyata gak jauh beda dengan prototype yang sempat mereka pajang 4 tahun sebelumnya. Mengusung konsep desain futursitik dengan inovasi dan teknologi yang ditujukan kepada kaum urban. Dan motor ini menjadi awal mula era motor listrik terutama menjadi salah satu pelopor produk motor listrik pabrikan sepeda motor raksasa asal  Jerman.

Desainnya unik banget, bagian depan terlihat seperti desain maxi skutik pada umunya, namun jika dilihat ke bagain belakang, skuter ini punya desain kursi datar longboard dan body  serba kotak termpat menyimpan baterai dan juga bagasi yang muat helm yang dibuka dari samping, suspensi belakangnya berada disamping kiri dan punya jarak sumbu roda yang panjang, secara keseluruhan desain motor ini seperti mempresentasikan kendaraan masa depan yang biasanya muncul di film-film fiksi sci-fi.

Inovasi teknologi ditunjukan pada beragam fitur modern, selain lampu serba LED, termasuk lampu rem belakang yang menyatu dengan lampu sein ala BMW S1000RR, juga punya keunggulan panel speedometer full TFT digital 10 inch yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Tersedia juga sistem Automatic Stability Control (ASC), Dynamic dan Traction Control (DTC).Belum lagi ada tambahan smartkey atau keyless, mode riding Eco, Rain dan Road sebagai standar; Dinamis sebagai opsi dan untuk versi teratasnya terdapat grip pemanans adaptif Headlight Pro atau layar atau windscreen yang lebih tinggi. Detail lainnya, skuter listrik BMW ini memiliki ukuran ban dengan ring velg 15 inch dengan ukuran 120/70 dibagian depan dan 160/60 dibagian belakang sehingga tampak gambot dan sporty.

Lanjut ke bagian mesin, BMW CE-04 31 Kw atau setara 42 Hp 62 Nm pada 1500 rpm. Kapsitas baterai 8,9 Kwh yang mampu mencapai jarak 130 Km dalam sekali pengecasan yang membutuhkan waktu 1 jam 40 menit sampai baterai penuh dalam metode fast charging. Mampu berakselerasi dari 0 hingga 50 km per jam dalam 2,5 detik. Bobot motor ini mencapai 230 Kg dan kedua varian diatas menggunakan transmisi drive-belt juga socket pengisian yang sudah yang terstandar motor listrik.

Dengan segala keunggulan tersebut dan juga inovasi yang menjadi awal masa transisi dari mesin bensin menuju kendaraan yang zero emisi, tak heran jika hara BMW CE-04 ini terbilang cukup mahal, dibanerol Rp. 380jutaan dan dalam kondisi off the road, jadi kalau kalian ingin aman gak ditilang polisi harus nambah kocek lagi biar bisa legal dijalan hehe…  Dan motor listrik BMW ini dijual dalam Light White untuk versi standar, sementara versi Avantgarde Style tersedia warna Magellan Grey dengan kombinasi warna hitam dan jingga atau orange.

Nah, setelah produk China, kemudian Jerman dan beberapa produk lokal sudah mengisi pasar motor listrik di Indonesia? Kira-kira pabrikan Jepang yang mana yang duluan akan memulai produksi dan menjual motor listrik di Tanah AIr? Monggo tebakannya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!