Gambar Patent CB1000R Baru Yang Bukan Neo Sport Cafe, Jadi Mirip KTM Duke?

Warungasep.net – Calon motor baru Honda kembali terkuat lewat gambar patent yang mereka daftarkan, motor bergenre naked bike ini diduga kuat adalah Honda CB1000R baru, itu terlihat dari salah satu ciri khasnya yang menggunakan model single swing arm, tapi berbeda dengan versi current yang mengusung konsep retro aka Neo Sport Cafe, dari gambar patent tersebut terlihat memiliki konsep berbeda yang lebih bengis, lebih gahar, dari depan malah desain headlampnya bukan lagi bulat seperti ala motor jadul melainkan menjadi nunduk ala motor street fighter, malah sekilas jadi mirip model lampu depan KTM Duke.

Mungkinkah, Honda mau bikin dua varian CB1000R? Yang satu bergaya retro modern yang stylish satu lagi konsepnya streetfighter seperti karakternya CB series yang merupakan versi naked dari CBR series yang menonjolkan performa dan karakter sporty yang kuat?

Entahlah, namanya juga gambar patent bisa jadi cuma sekedar didaftarkan saja modelnya biar gak ditiru sama oknum tukang jiplak atau bisa jadi ini merupakan calon motor baru dari Honda. Yang jadi penasaran, benarkah ini gambar patent calon CB1000R facelift?

Agak meragukan karena baru beberapa hari lalu, Honda mengupdate tampilan baru CB1000R versi 2023 (Baca : Warna Biru Jeans, Honda CB1000R Versi 2023 Makin Sangar! ), ehh mosok mau sudah muncul versi anyarnya yang berubah signifikan? Untuk mengetahui detailnya sekalian saja kita bandingkan foto versi patent dan versi current modelnya berikut ini ;

Patent New product Honda

Honda CB1000R 2023 side view

23YM HONDA CB1000R

Patent New Product Honda

Honda CB1000R 2023 side view

23YM HONDA CB1000R

Beberapa point kemiripan yang menjadikannya indikasi adalah CB1000R baru diantaranya model single arm-nya mirip, tapi beberapa detail lainnya beda, pertama dari desain frame-nya yang menggunakan model monokok alumunium seperti Ducati Monster gen baru, sektor mesin sepertinya pakai mesin CBR1000RR(yang double R bukan triple R) yang pastinya akan punya potensi power yang lebih besar dari versi current, kemudian model velgnya beda pakai model Suriken dengan 6 palang yang unik.

Tapi memang desain pipa knalpotnya kok lebih mirip dengan punyanya CB650R ya?, coba perhatikan :

Baca ; Harganya Turun!? Honda CB650R 2022 Rilis di IIMS 2022

2022 HONDA CB650R

Atau jangan-jangan ini model baru dari CB650R? Ya tentunya bikin penasaran… Bisa jadi Honda mau bikin 2 varian CB1000 entah itu versi Neo Sport Cafe atau versi streetfight-nya ya sebut saja ada label Hornet dibelakangnya seperti Honda CB750 Hornet yang baru dirilis kemarin. Atau bisa jadi ini akan menjadi model baru CB650R? Kita tunggu saja kejutannya.

Tapi ada beberapa detail yang menarik pada gambar patent, selain desain headlampnya yang mirip KTM Duke series, ada beberapa bagian yang unik dari motor tersebut, pertama ada semacam winglet dibagian samping, ini sepertinya meniru model Ducati StreetFighter V4, walaupun motor naked tapi sangat memprioritaskan tingkat performa dan aerodinamisnya. Yang menarik adalah desian knalpotnya yang unik dan anti mainstream, mirip apa ya?

Kemudian model body belakangnya sangat aneh, kok kayak motor sport jadul era tahun 80an ya? Jadi mirip body belakang Yamaha XSR900, hehe… Kemungkinan gambar tersebut cuma kamuflase, dan satu lagi bagian unik ada pada model mudguardnya :

Gak sembarangan mudgurad tapi Honda mendaftarkan patent model spakbor menempel diban belakang lengkap dengan lampu seinnya. Jadi posisi lampu sein tidak menempel pada body atau spakbor yang menggantung diatas dekat lampu rem maliankan terpasang di mud guard., wuuih keren nih inovasinya, hehe… Ya pokonya kita buktikan saja, apakah gambar patent ini akan diwujudkan atau sekedar gambar saja? Kita lihat saja nanti, yang penting kalian sudah tahu infonya lebih dulu, hehe…

Sumber foto : Kojintekibikematome Japan.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!