Honda Elite 125 2023, Saudara Jauh Vario Dari Negeri Brasil

Warungasep.net – Jika di India ada Honda Grazia 125, di China ada Honda NX125 maka di Brasil ada Honda Elite 125 yang untuk model tahun 2023 saudara jauh Honda Vario ini mendapat update fitur sehingga tampilannya makin mewah dan lebih canggih. Yang penasaran dengan motor ini, yuk kita intip lebih detail.

Kenapa disebut saudara jauh Vario? Karena skutik di kelas entrylevel Honda ini memiliki ciri-ciri yang khas dengan Vario, pertama sama-sama bermesin 125cc, kemudian konsep desainnya bergaya sporty yang serba tajam dan juga funya model headlight dual keen eyes yang moge look, skutik ini juga sama-sama memiliki dek rata yang fungsional dan tentunya dengan fitur-fitur yang kekinian dan canggih.

Salah satunya adalah lampu depan, lampu sein di samping kiri dan kanan baik depan dan belakangnya sudah LED sehingga terlihat lebih ramping dan compact. Ini membuktikan jika pabrikan Honda secara global telah menstandarisasi penggunaan lampu LED di setiap produknya, walaupun itu dikelas low entry.

Yang  menarik, berbeda dengan Vario yang punya dek sempit, dek pijakan kaki Honda Elite 125 ini lebih luas dan bisa nyantai selonjoran. Fitur unggulan dari motor ini masih dipertahankan diantaranya panel speedometer inverted digital, USB socket charger, gantungan barang yang unik, bagasi dibawah jok yang muat helm dan juga rem Combi Brake System aka CBS.

Untuk spek mesinnya, motor yang punya kode Honda NSC125 ini mengusung mesin 125cc 1 silinder berpendingin Avatar Aang alias pengendali udara, Yupz, masih jadul, hehe… powernya cuma 9,34 Hp dan torsi 10,3 Nm. Detail lainnya, Honda Elite ini memiliki tinggi jok 772 mm, beratnya cukup ringan hanya 104 kg dan kapasitas tangki bahan bakar 6,4 liter. Dan jangan kaget jika bagian kaki-kaki memang mirip skutik endemik India, yakni menggunakan ban dengan ukuran 90/90-12 di depan dan 100/90-10 di bagian belakang.

FYI, Sebenarnya pihak Honda Brasil mendatangkan motor ini secara impor dan merebadge produk Honda China, yakni Honda RX125. Baik desain, fitur dan lainnya sangat identik, yang beda hanya dari segi penamaan dan beberapa fitur diantaranya Honda Elite ini masih pakai kunci mekanis, sedangkan Honda RX sudah pakai smartkey atau keyless. Dari varian warna-nya juga beda. Honda RX lebih sporty, Coba bandingkan.

Baca : Honda RX125 2022 Facelift, Ini Perubahannya…

Honda RX125 (Honda China)

Sedangkan pihak Honda Brasil memberikan varian warna yang cenderung elegan dan mewah dengan warna monotone dan minim grafis, hanya menampilkan emblem 3D yang membuatnya tampil premium. Honda Brasil menjual Honda Elite 125 versi 2023 ini dengan harga R$ 11,740.00 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 34,6 jutaan dalam kondisi off the road dan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya Metallic Silver, Metallic Grey, dan Pearl Red.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!