Warungasep.net – Tak hanya mobilnya, BMW juga punya varian motor dengan label M series sejak 2 tahun lalu. Dan baru-baru ini BMW Motorrad Jerman merilis 2 varian BMW M series baru yakni motor homologasi balapan WorldSuperbike, BMW M1000RR 2023 dan versi nakednya, BMW M1000R 2023. Ada beberapa perubahan dari pesaing Yamaha R1M dan juga ZX-10RR ini, salah satunya adalah wajah baru yang berbeda dengan versi basicnya, ditambah dengan peningkatan performa dan juga fitur. Lengkapnya kalian bisa lihat detailnya.

BMW M1000RR 2023

Beberapa waktu lalu sempat muncul spyshots motor misterius yang diduga produk baru dari BMW, Dan ternyata motor yang lagi dites tersebut adalah motor ini. Moge yang dipakai di ajang balap WSBK ini punya desain yang berubah signifikan, terutama bagian depannya.

Yupz, bagian moncongnya ini sangat berbeda dengan versi basic-nya yakni BMW S1000RR aka BMW S1KRR, jika S1KRR punya moncong depan yang lebih tajam dengan air scoop membentuk segitiga dan cover headlight yang memiliki tepian taja, naah M1000RR ini justru lebih mengutamakan fungsi daripada estetika sepertinya.

Pertama bagian air scoop yang bentuknya semi bulat atau oval, kemudian cover headlamp yang lebih minimalis dan yang paling signifikan adalah perubahan winglet yang diklaim meningkatkan downforce dari 16,3kg pada generasi sebelumnya menjadi 22,6kg, efeknya dari versi sebelumnya hanya 305,9 km/jam menjadi 314 km/jam.

Tak hanya itu, desain body samping pun banyak berubah, menjadi lebih simple dan aerodinamis, yang menarik adalah bagian rem depan yang pakai penutup, sehingga terasa banget aura motor balapnya. Ya intinya sih desain M1000RR ini jadi lebih ekslusif dan lebih Racy dari versi S1KRR, jadi kalian dan tentunya netizen bisa membedakan mana S1KRR dan mana Superbike M series-nya BMW.

Untuk spesifikasi BMW M 1000 RR mengusung mesin 1 liter 4 silinder berpendingin cairan. dipadukan dengan teknologi BMW ShiftCam dan berbobot kotor hanya 192 kg. Hasilnya, output power maksimumnya bisa mencapai 212 hp pada 14.500 rpm dengan torsi puncak diangka 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm.

Pistonnya baru dengan 2-ring baru lansiran Mahle, ruang bakar kompresinya ditingkatkan menjadi 13,5, dan connecting rods berbahan titanium yang lebih panjang dan ringan. Rocker arm lebih ramping dan ringan, port intake yang sepenuhnya dirancang dengan geometri saluran baru, serta optimalisasi pada camshaft dan area intake. Sistem knalpot yang ringan juga terbuat dari titanium.

Beberapa poin keunggulan dari BMW M1000RR ini adalah sebagai berikut :

• Kecepatan maksimum 500 rpm lebih tinggi dari RR.
• 156 kW (212HP) output pada 14.500 rpm dan dengan demikian 4 kW (5.36hp) lebih banyak dari RR. Torsi maksimum 113 Nm pada 11.000 rpm.
• Teknologi BMW ShiftCam untuk memvariasikan waktu kontrol katup dan pengangkatan katup.
• Katup titanium, rocker arm yang lebih ramping dan 6% lebih ringan, serta camshaft yang dioptimalkan.
• Blok engine yang sangat ringan dan ringkas dengan batang penghubung titanium yang lebih panjang dan 85 g lebih ringan dari Pankl untuk mengurangi daya gesekan dan mengurangi bobot.
• Kopling anti-hopping
• Sistem knalpot baru yang lebih ringan 3.657 g dengan manifold buang, peredam suara depan, dan peredam suara belakang yang terbuat dari titanium.
• M winglet dan high windscreen: Pengereman lebih lambat dan akselerasi lebih awal serta stabilitas lebih saat menikung berkat downforce aerodinamis tanpa pengurangan kecepatan maksimum.
• Rem M untuk pertama kalinya di BMW Motorrad: M RR dengan performa pengereman maksimal untuk trek balap.
• Roda karbon M: Komponen berteknologi tinggi berkelas untuk performa maksimum di trek balap dan jalan raya.
• Desain M dan bahasa bentuk dinamis menunjukkan performa trek balap terbaik.
• Paket M kompetisi dengan M GPS laptrigger dan kode aktivasi, paket suku cadang Milled, paket karbon M, perak, lengan ayun pemantik 220 g, rantai ketahanan M berlapis DLC, dan paket penumpang termasuk penutup tail-hump.
• Aksesori dan perlengkapan opsional yang komprehensif

Dan BMW M1000RR versi 2023 ini akan mulai dijual mulai tahun depan dan punya 2 varian, diantaranya BMW M1000RR versi standar dengan balutan warna putih dan M Competition yang dibalut warna hitam dengan kombinasi trico RWB khas BMW, berikut foto studionya :

Nah, untuk versi sebelumnya motor BMW M series sudah dijual di Indonesia, penasaran harganya? Silakan baca di artikel : Harganya Setara 100 Unit Honda Beat, BMW M1000RR Rilis di Indonesia

BMW M1000R 2023

Nah, untuk versi nakednya ini tak ketinggalan punya performa yang kompetitif di segmen supernaked 1000cc. Hadir sebagai penantang Ducati StreetFighter V4 dan juga Yamaha MT-10 SP, BMW M1000R(R-nya cuma satu) ini mengusung mesin 999cc 4 silinder, power maksimum motor naked M series BMW ini mencapai 210 Hp dan torsi 113 Nm.

Desain motor ini mengambil basic dari BMW S1000R namun dengan perbedaan desain body samping atau shroud yang lebih tajam dan aerodinamis dan sama seperti M1000RR, faktor aerodinamis motor ini juga menjadi prioritas. Fitur-fiturnya pun gak kalah canggih, sebut saja BMW’s Shift Assistant Pro alias QS-nya BMW, punya 4 riding mode diantaranya mode Rain, Road, Dynamic dan Race dan mode berkendara berorientasi trek tambahan dari Race Pro 1, Race Pro 2, dan Race Pro 3. Dynamic Traction Control (DTC) dengan cluster sensor enam sumbu dan lean angle sensor hadir sebagai fitur standar. DTC menyertakan fungsi limiter untuk gejala wheelie, jika diinginkan oleh pengendara. Ada juga limiter pit-lane, Launch Control, dan Hill-Start Control (HSC) dan makin canggih pakai panel speedometer full TFT warna 6 inch.

Sama seperti versi fairingnya, M1000R versi 2023 ini akan dijual tahun depan dan punya 2 varian warna yakni warna hitam dan juga putih, semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!