2 Silinder 60 HP, QJMotor GS550R Mukanya Panigale Banget!

Warungasep.net – Awal September kemarin, QJMotor merilis sport fairing baru yang diberi nama QJMotor GS550R 2023, Melihat konfigurasinya yang bermesin 2 silinder di kelas 500cc, sepertinya motor ini hadir sebagai pesaing Honda CBR500R, Tapi tentunya dengan keunggulan performa yang lebih tinggi juga fitur yang lebih lengkap dan modern, khas motor China pastinya, hehe…

QJMotor menjadi pabrikan asal China yang terus melahirkan produk baru, seakan punya sumber daya yang gak terbatas, dalam 2 tahun terakhir saja, Mereka sudah merilis banyak motor baru. Di segmen motor sport fairing misalnya, line up produk mereka cukup lengkap dari mulai yang 150cc, 250cc baik itu 1 atau 2 silinder hingga yang 600cc 4 silinder, mereka punya. Beberapa diantaranya sudah saya bahas, cekidot :

Nah, motor baru ini punya kode produksi QJMotor GS550R, Nama lokal di negeri Tiongkok sana sih QJMotor Sai 250, nama yang sama dengan produk motor sport fairing mereka lainnya. Nah, motor diposisikan di kelas menengah yang hadir diantara QJMotor 600RR yang merupakan versi tertinggi dan diatas QJMotor 400RR 2 silinder yang berada di bawahnya.

QJMotor memiliki team development sendiri, jadi masing-masing punya desain yang berbeda satu sama lain. Tapi untuk yang versi 550cc ini menurut saya malah cenderung mengacu pada model Ducati Panigale, terutama desain front cowl-nya alias moncongnya. Bedanya, jika Panigale asli dua lubangnya benaran air scoop, sedangkan untuk Mocin QJMotor ini posisinya sebagai dual reflektor headlamp, hasilnya memiliki tampilan desain yang agresif dan mogelook.

Begitu juga dengan body belakangnya dengan dua lubang yang aerodinamis dan sporty. Tapi sayangnya area body tengah justru terlihat acak-acakan dengan banyak lekukan yang mocin look banget, hehe., malah lebih baik desain QJMotor 250r yang lebih terlihat racy dan lebih proporsional.

Tapi yang diunggulkan dari motor ini adalah dari segi performanya, mengusung mesin yang sama digunakan oleh MV-AGusta dengan kubikasi mesin 549cc 2 silinder DOHC berpendingin cairan, power maksimum motor ini mencapai 45kw atau setara 60 Hp pada putaran 8500rpm, dan maksimum torsi di angka 55N.m pada 6000rpm, hasil pengetesan media disana bahkan mencatatkan pencapai akselerasi yang mencengangkan, karena mampu mencapai akselerasi dari 0 sampai 100 km per jam cuma 3,6 detik saja.

Jika kita bandingkan dengan rivalnya dari motor Jepang, sebut saja CBR500R, powernya hanya 47 Hp dan torsi 43 Nm. Lengkapnya pemirsa bisa lihat di : Honda CBR500R 2022 Gak Akan Dibully Lagi… Sudah UpSide Down dan Double Disc Brake

Ini didukung dengan bobot yang cukup ringan hanya 186 kg, body yang ramping dan aerodinamis juga knalpot model underbelly yang kaya torsi. Dari segi fitur juga gak ketinggalan, motor ini pakai suspensi depan Upside down, suspensi belakang KYM yang bisa disetting, swing arm tunggal alias pro arm ala moge, double fornt dic brake dengan rem dual channel ABS juga kaliper rem radial dari Brembo.

Fitur elektroniknya pun cukup lengkap, sebut saja lampu serba LED, panel speedometer full TFT warna yang bisa dikendalikan dengan tombol di setang kemudi dan tentu saja sama seperti mocin pada umumnya seakan menjadi fitur standar, mereka sudah punya fitur connected dengan smartphone.

Terakhir, harga QJMotor Sai 550 aka QJMotor 550R ini dibanderol 35,999 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp.76,7 jutaan, ya setara dengan harga CBR250RR yang kemarin rilis di Indonesia, hehe… Dan rencananya motor ini akan mulai dirilis dan dijual bulan depan…

Sumber : I-motor.com

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!