Ducati Panigale V4R 2023, Moge 1000cc V4 Bertenaga 240,5 Hp

Warungasep.net – Pabrikan asal Borgo Panigale Italia, merilis moge baru Ducati Panigale V4R 2023, Moge 1000cc berkonfigurasi V engine 4 silinder homologasi WSBK ini mendapat peningkatan performa berkat perubahan beberapa bagian mesin dan bisa dibilang menjadi motor jalan raya produksi masal terkencang saat ini di kelas Superbike.

Desain motor ini sama sekali gak berubah, masih sama begitu juga dengan wingletnya, yang berubah hanya warna kombinasi merah putih yang semakin sporty juga angka satu dibagian moncong depan seoerti motor balap. Hmmm, apakah angka satu ini untuk menyambut calon juara dunia baru mereka ya? Itu juga kalau Alvaro Bautista jadi juara dunia, hehe…

Yang menarik dari motor ini adalah dari spek mesin yang ditawarkan, menjadi motor versi jalan raya yang semakin mirip dengan spek motor balap, bayangkan saja potensi mesin baru Panigale V4 ini bisa tembus 240,5 Hp dan pastinya menjadi salah satu motor terkencang di dunia di kelas moge satu liter.

Tapi, performa 240,5 Hp yang gokil tersebut hanya ditawarkan untuk Panigale V4R versi special performance yang menggunakan knalpot  special dari Akrapovic dan ditambah oli khusus dari Shell. Yup, pihak Ducati Corse menjual 2 tipe Panigale V4R yakni versi standar dan versi special performance, berikut perbandingannya :

Panigale V4R Standar
Panigale V4R versi knalpot Akrapovic

Sedangkan untuk versi standar yang masih pakai knalpot bawaan yang mengusung regulasi Euro 5 juga gak kalah kencang, yakni mengusung mesin 998cc V4 engine yang mampu mencapai power 218 Hp pada putaran 15500 rpm(bisa ditingkatkan menjadi 16500 rpm di gigi 6) dan torsi 111,3 Nm pada 12000 rpm. Wuiih, walaupun cc-nya lebih kecil dari V4 standar tapi powernya jelas lebih gede ya, wajar saja karena dikhususkan untuk balap.

Oh ya, improvment yang dilakukan Ducati pada motor barunya ini berkat perubahan pada  setang piston dikasih jalur oli di tengahnya untuk melumasi pin piston, bahkan Ducati juga menggunakan teknologi Motogp yakni menggunakan piston yang dilapisi DLC (Diamond Like Carbon), Kopling tipe kering menjadi lebih kecil dan lebih ringan 800 gr. Di sektor gigi transmisi juga ada ubahan di gigi 1, 2 dan 6. Juga perubahan dari sektor camshaftnya.

Tak hanya itu, fitur-fitur canggih pun disematkan pada pesaing BMW M1000RR dan juga Yamaha R1M ini, diantaranya panel speedometer TFT, Riding Modes, Power Modes, Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DSC), Engine Brake Control (EBC) EVO, Auto tyre calibration. Ducati Power Launch (DPL), Ducati Quick Shift (DQS) up/down EVO, Sachs steering damper, quick control selection dan peningkatan evolusi Mode Daya serta tampilan ‘Track Evo’ baru di dasbor.

Fitur lainnya, motor ini menggunakan suspensi  Öhlins NPX 25/30 yang lebih empuk dan bisa dikontrol secara elektronik dibagian depan dan TTX36  Ohlins dibagian belakang yang dibuat lebih panjang. Hmm, apakah motor ini akan dijual di Indonesia? Pastinya menjadi salah satu incaran para sultan nih, kita mah cukup menikmati fotonya saja, hehe… semoga kepengen…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!